Info Sehat

Manfaat Habbatussauda: Rempah yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

June 6, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Habbatussauda konon telah digunakan sejak ribuan tahun silam untuk mengatasi berbagai penyakit. Berbagai penelitian pun telah banyak membahas mengenai manfaat habbatussauda bagi kesehatan.

Seluruh bagian dari tanaman ini dipercaya memiliki efek bagi kesehatan tubuh. Mulai dari biji, minyak, hingga ekstraknya. Oleh karena itu, habbatussauda juga dijuluki sebagai tanaman ajaib.

Di bawah ini kami rangkumkan untukmu berbagai manfaat dari habbatussauda yang mungkin baik untuk kesehatanmu, baca sampai tuntas ya!

Apa itu habbatussauda?

Tanaman Habbatussauda. Foto www.pixabay.com

Habbatussauda punya banyak sebutan, mulai dari jintan hitam (Nigella sativa), black cumin, atau pun dikenal juga dengan nama black seed. Ini merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar dengan batangnya yang pendek kurang lebih setinggi 50 cm.

Tanaman satu ini merupakan salah satu tanaman rempah yang sangat populer di kalangan masyarakat Timur Tengah, Afrika, dan Asia, termasuk Indonesia. Tanaman ini terkenal karena diyakini dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. 

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan

Dalam habbatussauda terdapat kandungan vitamin, asam amino, saponin, serat kasar, protein, asam lemak seperti asam linolenat dan asam oleat, dan minyak atsiri.

Zat-zat tersebutlah yang membuat tanaman ini dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatanmu. Berikut adalah beberapa manfaat yang terdapat dalam habbatussauda:

1. Mengobati tukak lambung

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal PubMed pada tahun 2011, diketahui bahwa habbatussauda memiliki efektivitas yang setara dengan simetidin dalam mengobati tukak lambung.

Namun, hal ini masih memerlukan pengujian lebih lanjut sebelum penggunaannya bisa dilakukan secara rutin sebagai obat. 

2. Mengobati diabetes

Ini mungkin salah satu manfaat paling dikenal dari habbatussauda. Jika kamu merupakan salah satu penderita diabetes, bahan ini juga dapat membantu mengelola kadar gula dalam darahmu.

Cara pengolahan habbatussauda sebagai obat diabetes cukup mudah, hanya dengan mengambil setengah sendok teh minyak dalam secangkir teh hitam dan diminum setiap pagi.

3. Mengontrol tekanan darah

Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal NCBI pada tahun 2013, telah membuktikan bahwa habbatussauda dapat mengontrol tekanan darah, sehingga mampu menurunkan risiko hipertensi.

Kandungan utama dalam tanaman ini yaitu thymoquinone, diketahui memiliki efek penurunan tekanan darah yang dihasilkan.

Bagi penderita tekanan darah tinggi dapat meminum setengah sendok teh minyak jinten hitam dengan air hangat untuk membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Tentu saja pasien juga disarankan untuk mengikuti pengobatan dan diet yang disarankan oleh dokter.

4. Mengobati depresi atau gangguan neurologis

Depresi atau gangguan neurologis merupakan salah satu penyakit paling umum di dunia. Penyebab depresi umumnya adalah karena aktivitas serotonin di otak yang tidak memadai.

Habbatussauda merupakan ramuan yang dipercaya dapat mengelola depresi dan gangguan neurologis lainnya. Kandungan flavonoid dalam tanaman ini dipercaya bagus untuk memberikan efek terhadap memori dan pikiran seseorang.

5. Sebagai obat antibakteri

Bakteri merupakan salah satu mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh kita. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa jintan hitam memiliki sifat antibakteri dan efektif dalam melawan jenis bakteri tertentu.

Keunggulan habbatussauda sebagai antibakteri adalah kemampuannya untuk membunuh bakteri yang sudah tidak berefek dengan pemberian antibiotik tertentu, seperti bakteri Staphylococcus aureus yang resisten terhadap antibiotik methicillin.

 6. Menghilangkan sakit kepala

Salah satu masalah kesehatan yang pasti pernah dialami oleh semua orang adalah sakit kepala. Penyakit ini sering datang secara tiba-tiba dan mengganggu kita saat sedang beraktivitas.

Sebelum kamu memutuskan untuk meminum pil analgesik seperti parasetamol, kamu dapat memanfaatkan minyak habbatussauda untuk menghilangkan rasa sakit kepalamu.

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak tersebut ke dahi dan beristirahatlah sejenak.

Nah, itulah manfaat habbatussauda bagi kesehatan yang mungkin akan berguna untukmu. Saat ini sudah banyak produk kemasan berbahan dasar habbatussauda yang dapat kamu beli di pasaran. Jangan lupa untuk selalu mengikuti anjuran dosis yang tertera pada informasi produk.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr