Info Sehat

Ini lho, Manfaat Daun Sirih Merah sebagai Obat Tradisional

May 9, 2020 | Dani Kosasih | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Manfaat daun sirih merah selain digunakan sebagai tanaman hias, juga dipercaya memiliki khasiat yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Khasiat dari tanaman yang banyak digunakan sebagai obat tradisional ini disebabkan karena adanya senyawa aktif yang terkandung pada sirih merah seperti:

  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Polifenolat
  • Tanin
  • Minyak atsiri

Senyawa flavonoid dan polifenolat bersifat antioksidan, anti diabetik, anti kanker, antiseptik, dan antiinflamasi. Sedangkan senyawa alkoloid mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Kandungan lainnya

Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sirih merah juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang kuat dan dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.

Beberapa jenis bakteri yang dipercaya mampu ditangani oleh khasiat daun sirih merah antara lain escherichia coli (bakteri e-coli), salmonella sp, staphylococcus aureus, klebsiella, pasteurella, dan dapat mematikan candida albicans.

Manfaat daun sirih merah

Secara tradisional dan menurut beberapa penelitian, daun sirih merah memiliki manfaat yang cukup banyak. Berikut beberapa di antaranya.

Menghambat karies gigi

Karies gigi adalah area pada gigi yang rusak permanen dan berkembang menjadi lubang kecil. Karies gigi biasanya disebabkan oleh sisa-sisa makanan dan gula pada permukaan gigi yang berubah membentuk asam karena bakteri streptococcus mutans.

Daun sirih merah dipercaya mampu mengatasi permasalah karies gigi karena memiliki senyawa yang bersifat aktif terhadap bakteri mutans, seperti minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan fenolik.

Sisa gula yang tertisisa menjadi penyebab karies gigi. Foto: Freepik.com

Manfaat daun sirih merah sebagai antiseptik alami

Ekstrak daun sirih merah segar sering juga digunakan sebagai pengganti antiseptik kimia seperti sabun non-antiseptik maupun sabun antiseptik untuk membunuh bakteri dan tentu diyakini lebih aman untuk digunakan.

Laboratorium Herbarium Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas telah memiliki hasil identifikasi terhadap penelitian ini.

Mengobati mastitis

Mastitis adalah kondisi peradangan pada payudara ibu menyusui yang ditandai dengan bengkak, merah, dan terasa hangat saat diraba. Jika tidak ditangani secara serius, mastitis bisa mengakibatkan infeksi.

Melalui penelitian, diketahui bahwa daun sirih merah memiliki senyawa antibakteri yang dapat menghambat beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus aureus. Jenis bakteri ini merupakan salah satu bakteri penyebab terjangkitnya mastitis.

Banyak ibu menyusui menggunakan tumbukan daun sirih merah sebagai obat topikal (oles atau kompres) untuk mengatasi mastitis ini. Namun, pemberian sirih merah sebagai obat oles hanya untuk mengatasi kondisi ringan dan tidak untuk menyembuhkan penyakit seutuhnya.

Mengatasi kadar glukosa berlebih

Penyakit gula atau diabetes mellitus merupakan penyakit di mana tingginya kadar glukosa dalam darah melewati ambang batas kadar normal.

Dari hasil penelitian pada mencit putih jantan, air rebusan daun sirih merah ternyata memiliki manfaat dalam menurunkan kadar glukosa darah. Pemilihan mencit sendiri didasarkan pada kemiripan fisiologis yang sama dengan manusia.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa air rebusan daun sirih merah juga dapat dijadikan sebagai alternatif obat herbal dalam menurunkan glukosa dalam darah manusia.

Manfaat daun sirih merah lainnya

Secara empiris sirih merah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti:

  • Hepatitis
  • batu ginjal
  • Menurunkan kolesterol
  • Mencegah stroke
  • Asam urat
  • Hipertensi
  • Radang liver
  • Radang prostat
  • Radang mata
  • Keputihan
  • Maag

Mengenal daun sirih merah

Daun sirih merah dengan nama ilmiah piper ornatum adalah tumbuhan yang termasuk dalam family piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai.

Sirih merah tumbuh berselang-seling dari batangnya serta memiliki penampakan daun yang berwarna merah keperakan mengkilap.

Sejak lama, daun sirih merah telah dipercaya oleh masyarakat di Pulau Jawa sebagai obat untuk meyembuhkan berbagai jenis penyakit. Penggunaan sirih merah dapat digunakan dalam bentuk utuh maupun diekstrak menjadi kapsul.

Penggunaan daun sirih merah

Daun sirih merah banyak digunakan pada klinik herbal sebagai ramuan atau terapi bagi orang dengan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan obat kimia.

Beberapa orang menggunakan daun sirih merah dengan cara ditumbuk hingga mengelurkan minyak dan menjadikannya sebagai obat oles pada luka luar.

Namun, meskipun begitu, penggunaan daun sirih merah sebagai obat tradisional tidak direkomendasikan sebagai obat utama untuk menangani penyakit. Konsultasikan kondisi medis kamu pada dokter apabila memiliki risiko penyakit.

Jangan lupa pula untuk selalu melakukan cek dan ricek terhadap produk daun sirih merah yang kamu gunakan. Apakah produk tersebut telah mendapatkan izin dan sesuai standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau belum.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1.Fadlilah, M. (2015). Diakses 6 Mei 2020. Benefit of Red Betel (Piper crocatum ruiz & Pav.) as Antibiotics. J. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/553/554

2. Departemen Kesehatan RI (2011). Diakses 6 Mei 2020. Active Compounds Isolated From red Betel (Piper Crocatum Ruiz & Pav) Leaves active Agains Streptococcus Mutans Through its Inhibition Effect on Glucosyltransferase Activity. https://jurnal.ugm.ac.id/bik/article/view/4140

3. Razan Harastha Sjuhada Putra, Puguh Surjowardojo2, Endang (2017). Diakses 6 Mei 2020. https://www.researchgate.net/publication/322126562_Pemanfaatan_Rebusan_Daun_Sirih_Merah_Piper_Crocatum_Dalam_Menurunkan_Tingkat_Kejadian_Mastitis_Berdasarkann_Uji_Cmt_Dan_Scc

4. Manoi F. (2007) . Diakses 6 Mei 2020. Sirih merah sebagai tanaman multi fungsi. Warta Puslitbangbun.13(2). https://www.researchgate.net/publication/318256250_PEMBERIAN_AIR_REBUSAN_DAUN_SIRIH_MERAH_Piper_crocatum_Ruiz_Pav_TERHADAP_KADAR_GLUKOSA_DAN_KOLESTEROL_DARAH_MENCIT_PUTIH_JANTAN

5. Lister, N. E., Viany, R. D., Nasution, A. N., et al. (2014). Diakses 6 Mei 2020. Antimicrobial activities of methanol extract of Sirih Merah (Piper crocatum L.) lleaf. Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. 6(12):650-654.

    register-docotr