Info Sehat

Serba-serbi Crystal X yang Dipercaya Mampu Mengencangkan Vagina, Cek Faktanya!

December 19, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Jika kamu menggunakan produk yang berhubungan dengan kesehatan area kewanitaan, sebaiknya kamu lebih berhati-hati. Misalkan saja, saat kamu mendengar tentang manfaat Crystal X untuk kesehatan organ intim wanita. 

Crystal X adalah sebuah produk herbal yang diklaim dapat mengatasi keputihan, mengencangkan vagina, menghilangkan gatal juga mengusir bau tidak sedap. Namun, benarkah seperti itu?

Mengenal produk Crystal X

Crystal X diklaim sebagai produk herbal modern untuk merawat organ intim wanita. Dapat digunakan untuk wanita yang sudah menikah ataupun yang belum.

Berbagai penjual produk ini sempat menyebutkan jika penggunaan tongkat Crystal X ini dimasukkan ke dalam vagina dan didiamkan dalam waktu yang sudah ditentukan. 

Dengan penggunaan teratur, diklaim dapat mengatasi berbagai masalah vagina, mulai dari mengencangkan kembali vagina, mengatasi keputihan dan menghilangkan bau tidak sedap. Apakah benar masalah-masalah vagina yang sudah disebutkan dapat diatasi menggunakan Crystal X?

Pahami tentang elastisitas vagina

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai masalah vagina, kamu perlu meluruskan persepsi tentang vagina. Dilansir Healthline, selama ini seringkali ada kesalahpahaman tentang vagina yang longgar. Menurut salah satu artikel Healthline, menyatakan bahwa itu tidak benar. 

Vagina tercipta elastis, yang berarti dapat meregang dan dapat kembali ke bentuk semula. Walaupun, ada kemungkinan vagina longgar dan itu disebabkan oleh pertambahan usia dan melahirkan. Namun secara umum, otot vagina tetap mampu mempertahankan elastisitasnya. 

Benarkah vagina bisa ‘longgar’?

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa vagina mungkin longgar karena pertambahan usia dan melahirkan. Bukan karena berhubungan seksual, sehingga tidak diperlukan obat-obatan khusus untuk mengembalikannya menjadi lebih kencang.

Lagipula, menurut Healthline, vagina yang kencang belum tentu membuat kehidupan seksual lebih menyenangkan. Ini k arena otot vagina yang kencang bisa membuat hubungan seksual menyakitkan.

Atau bahkan membuatmu tidak bisa melakukannya. Bahkan ada kondisi khusus saat vagina yang tertutup ‘rapat’ sehingga menimbulkan nyeri parah saat penetrasi penis, yang disebut vaginismus

Manfaat Crystal X yang banyak dipercaya

Crystal X disebut-sebut memiliki berbagai manfaat bagi vagina. Berikut ulasannya:

Mengatasi keputihan

Jika Crystal X diklaim dapat mengatasi keputihan, kamu perlu lebih banyak mengetahui tentang keputihan. Karena sebenarnya keputihan adalah hal yang normal, walau ada beberapa kondisi yang menjadikan keputihan sebagai gejala penyakit tertentu

Misalnya keputihan yang tidak normal adalah yang berbau menyengat dan juga berwarna seperti kehijauan, kuning, merah dan juga kehitaman. Selain itu, keputihan yang tidak normal juga seringkali menyebabkan gatal dan rasa terbakar. 

Jika kamu mengalaminya, tentu saja yang perlu dilakukan adalah melakukan pengobatan medis. Karena kamu mungkin mengalami infeksi dan dalam kasus yang lebih parah bisa menjadi tanda kanker di area genitalmu. 

Mengatasi bau menyengat pada vagina

Sama seperti keputihan yang tidak normal, jika kamu mengalami bau vagina yang menyengat, pertanda ada masalah pada vaginamu. Salah satunya adalah vaginosis bakterialis. Yaitu adanya masalah keseimbangan bakteri di vagina. 

Jika benar disebabkan oleh vaginosis bakterialis dan menimbulkan gejala yang mengganggu, kamu membutuhkan pengobatan medis. Umumnya dapat diatasi dengan antibiotik seperti metronidazole, tinidazole, dan clindamycin. 

Fakta tentang klaim manfaat Crystal X 

Meski diklaim ada berbagai manfaat Crystal X untuk merawat organ intim wanita, sebaiknya selalu pertimbangkan untuk melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Jika dilihat dari perizinan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Crystal X yang terdaftar dengan nomor NA18171600045, hanya terdaftar sebagai feminine hygiene, masuk kategori kosmetika dan bukan sebagai obat. 

Bahkan di dalam situs perusahaan pemegang hak paten merek Crystal x pun disebutkan bahwa produk ini tidak untuk dimasukkan ke dalam vagina. Serta manfaat Crystal X adalah untuk membersihkan kotoran di bibir vagina dan mengurangi bau tidak sedap.

Jadi salah persepsi jika ada yang mengklaim manfaat Crystal X sebagai obat gangguan vagina atau sebagai pengencang otot vagina.

Apa yang terjadi jika tetap memasukan Crystal X ke dalam vagina?

Beberapa benda seperti tampon, obat-obatan memang dibuat khusus untuk dimasukkan ke dalam vagina. Namun di luar itu, maka akan disebut benda asing jika dimasukkan ke vagina.

Benda asing ini, dilansir dari Web MD, adapat menimbulkan berbagai gejala. Yang paling umum terjadi adalah perdarahan dan keputihan berbau tidak sedap. Mungkin juga menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air kecil.

Jika kamu ingin memasukkan benda asing ke dalam vagina, sebaiknya lebih berhati-hati, ya. Karena itu justru akan menimbulkan masalah.

Lalu bagaimana jika ingin mengatasi masalah pada vagina? 

Jika mengalami keluhan seperti bau menyengat dan gatal sebaiknya periksakan ke dokter. Sementara untuk membantu mengencangkan otot vagina, kamu bisa mencoba beberapa cara seperti:

  • Melakukan olahraga. Dengan fokus latihan dasar panggul.
  • Mencoba senam kegel. Melatih otot dasar panggul dengan gerakan kontraksi.
  • Neuromuscular electrical stimulation (NMES). Menggunakan arus listrik untuk merangsang otot dasar panggul. Biasanya dilakukan selama 20 menit, empat hari sekali selama beberapa minggu. 

Demikian penjelasan manfaat Crystal X yang sebenarnya dari sisi kesehatan. Semoga kamu tidak salah memilih produk untuk kesehatan organ intim, ya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 9 Desember 2020
Is It Possible to Have a Loose Vagina?
Webmd, diakses 9 Desember 2020
Vaginal Foreign Bodies
BPOM, diakses 9 Desember 2020
Cek Produk BPOM

    register-docotr