Info Sehat

Jangan Malas Makan Bawang Putih, Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan

April 29, 2020 | Zai Alam | dr. Jati Satriyo
feature image

Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib yang biasa digunakan dalam hampir setiap makanan khas Indonesia. Manfaat bawang putih dikenal dapat menambah cita rasa makanan, sehingga menjadi lebih lezat. 

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Penasaran? Simak penjelasan 7 manfaat bawang putih berikut ini. 

Baca Juga: Coba Ide Menu Buka Puasa dan Sahur Sederhana Ini, Gampang Banget!

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

manfaat bawang putih
Beragam manfaat bawang putih untuk kesehatan. Foto:https://pixabay.com

1. Mengurangi kolesterol dalam darah

Bawang putih mengandung zat allicin yang dapat menghambat kerja enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol. Zat ini hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk, kemudian dihancurkan dengan cara dikunyah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016, konsumsi 3gr bawang putih mentah setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sebesar 10 – 13 persen. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati perubahan tingkat kolesterol pada 50 orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi selama 90 hari.

2. Menurunkan risiko penyakit kanker

Bawang putih mentah dikenal memiliki kandungan zat sulfur aktif yang tinggi. Zat ini dapat mencegah pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh, termasuk juga menghambat penyebarannya.

Menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengurangi risiko seseorang mengidap beberapa jenis penyakit kanker. Seperti kanker payudara, lambung, kerongkongan, prostat, hingga kanker pankreas.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat bawang putih berikutnya adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bawang putih kaya akan zat allicin yang bisa membunuh berbagai macam kuman penyebab penyakit umum, seperti flu, batuk, dan pilek.

Selain itu, bagi kamu yang sudah terlanjur sakit, tetap bisa mengonsumsi bawang putih untuk mempercepat proses penyembuhan, serta mengurangi gejala yang timbul akibat penyakit umum yang dialami. 

4. Manfaat bawang putih untuk mengatasi jerawat

manfaat bawang putih
Mencegah jerawat dengan bawang putih. Foto: https://pixabay.com

Jerawat adalah masalah kulit yang dialami oleh hampir setiap orang, terutama di usia remaja. Jerawat bisa diobati dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. 

Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan zat antioksidan, antibakteri, dan anti radang yang dapat melawan dan membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Selain itu, bawang putih juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang bisa membantu mengendalikan produksi minyak berlebih, sehingga mengurangi risiko timbulnya jerawat. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung atau menggunakannya sebagai masker untuk mengobati jerawat.

Meski begitu, menggunakan bawang putih untuk mengatasi jerawat juga dapat memberikan efek samping tertentu pada sebagian orang loh. Khususnya mereka yang alergi terhadap bawang putih atau memiliki tipe kulit wajah yang sensitif.

Disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

manfaat bawang putih
Serangan jantung. Sumber Foto : https://www.sufinyc.com/

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rutin mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam aliran darah. Sehingga, mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis, yaitu kondisi dimana terjadi penyempitan pada dinding pembuluh darah arteri akibat dari tumpukan plak, dalam hal ini seperti kolesterol.

Nah, jika kondisi aterosklerosis ini terjadi, otomatis seseorang akan menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit stroke dan jantung. Kamu tentu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

6. Manfaat bawang putih, mengatasi rambut rontok

Selain bisa digunakan sebagai obat jerawat, bawang putih juga terbukti ampuh atasi rambut rontok. Bawang putih mengandung zat antioksidan, sulfur, zinc, dan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan rambut. 

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat rambut menjadi tetap sehat dan terhindar dari kebotakan.

7. Menjaga kesehatan otak

manfaat bawang putih
Bawang putih untuk kesehatan otak. Foto:https://www.health.govt.nz

Terakhir, bawang putih juga punya manfaat untuk menjaga kesehatan otak. Bawang putih mengandung FruArg (turunan karbohidrat) yang berperan dalam melindungi sel-sel otak dari berbagai kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Sehingga bisa memperlambat proses penuaan otak, serta mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer di masa depan. 

Tapi perlu diingat ya, jika kamu berniat menggunakan bawang putih untuk tujuan kesehatan, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Khususnya jika kamu mempunyai kondisi medis tertentu atau sedang menggunakan obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara rutin. Jadi enggak ada lagi alasan untuk menolak bawang putih kan.

Reference

Garlic and Heart Disease. NCBI. Diakses 5 November 2019.

7 Surprising Benefits of Garlic. Medical Daily. Diakses 5 November 2019.

    register-docotr