Info Sehat

7 Manfaat Air Purifier, Benarkah Mampu Membunuh Virus Corona?

September 21, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Air purifier adalah sebuah alat yang digunakan untuk menjernihkan atau membersihkan udara di dalam ruangan.

Pembersih udara atau air purifier bekerja dengan cara menghilangkan polutan dengan menggunakan berbagai teknologi di dalamnya. 

Udara bersih tidak hanya penting, tetapi sangat dibutuhkan bagi kita semua. Sebab udara juga bisa menjadi medium penularan berbagai zat berbahaya bagi tubuh seperti polutan, alergen, dan racun.

Selain membersihkan udara, adakah manfaat lain yang bisa kita dapat dari alat ini? Bisakah air purifier juga membunuh virus COVID-19? Berikut penjelasannya.

Manfaat air purifier

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dengan menggunakan air purifier di rumah:

1. Mengurangi alergi

Paparan alergen yang membawa serbuk sari, bulu hewan peliharaan, dan tungau debu adalah pemicu utama alergi. 

Banyak air purifier saat ini dibuat secara khusus untuk menjaga udara dalam ruangan bersih dari kotoran yang menyebabkan alergi dan komplikasi kesehatan jangka panjang. 

Ini penting karena pembersihan rumah secara teratur tidak akan membantu kamu menyingkirkan semua alergen. Ini bukan berarti kamu sembuh dari alergi ya, namun hanya menyingkirkan faktor pemicunya saja.

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Ini Daftar Penyakit akibat Polusi Udara

2. Efektif hilangkan jamur

Sama seperti alergen di atas, partikel jamur di udara dalam ruangan juga bisa berbahaya bagi orang yang tinggal di dalamnya. Terutama mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti asma dan penyakit paru-paru.

Air purifier mungkin bisa sangat membantu sampai tingkat tertentu, tetapi teknik filtration jauh lebih efektif dalam menghilangkan jamur di udara.

Alat pembersih udara dengan filter HEPA akan bekerja paling baik, bersama dengan pengurangan tingkat kelembapan di rumah.

3. Hilangkan bau tidak sedap

Kerapkali ruangan bisa menjadi sangat bau entah karena makanan, rembesan air yang membuat lembab, dan lain sebagainya. 

Kondisi yang lembab lama kelamaan bisa menimbulkan tumbuhnya jamur yang dapat menciptakan bau tidak sedap.

Pembersih udara yang efisien akan menyaring udara dan menghilangkan bau tidak sedap dan spora jamur, sehingga kamu memiliki udara bersih untuk dihirup.

4. Memfilter asap rokok

Penjernih udara yang dilengkapi filter juga dapat menghilangkan asap di udara, termasuk asap dari kebakaran dan asap tembakau.

Namun, pembersih udara tidak bisa menghilangkan bau asap sepenuhnya, dan mungkin masih ada noda asap di dinding dan langit-langit meskipun sudah digunakan.

Berhenti merokok jadi pilihan terbaik jika kamu ingin mengurangi asap di ruangan. Penelitian menyebut air purifier tidak banyak menghilangkan nikotin dari udara dalam ruangan.

Baca Juga : Orang yang Merokok Lebih Rentan Corona, Mitos atau Fakta?

5. Membunuh kuman dan bakteri

Pembersih udara juga merupakan cara yang bagus untuk melindungi diri kamu dari penyakit, flu, dan pilek. Terutama air purifier jenis pembersih sinar ultraviolet.

Pembersih udara dengan sinar ultraviolet mengumpulkan dan membunuh mikroorganisme sepenuhnya, alih-alih menyaringnya melalui pelat seperti pembersih udara biasa.

6. Bantu mengurangi stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa polutan udara (baik di dalam ruangan di luar ruangan) dapat meningkatkan tingkat stres.

Saat air purifier  membersihkan udara dan membuang racun darinya, alat ini juga berperan penting dalam mengurangi tingkat stres, dan menjaga kesehatan mental.

7. Racun dalam ruangan

Selain membersihkan udara dari alergen dan jamur, air purifier juga mampu membersihkan racun dalam ruangan.

Racun dalam ruangan yang dimaksud adalah toksin dari produk pembersih, produk perawatan pribadi, dan banyak lagi. Ketika partikel-partikel ini hidup di udara, mereka dapat menjadi berbahaya bagi tubuh.

Penjernih udara juga dapat menjebak racun dalam ruangan, tetapi cara terbaik untuk membuang racun di rumah adalah dengan mengurangi penggunaannya sejak awal.

Apakah air purifier bisa bunuh virus corona?

Melansir CNBC, belum lama ini sebuah perusahaan asal Hongkong meluncurkan produk yang diklaim mampu membunuh 99.9 persen virus COVID-19. Produk ini pun langsung ramai mendapat pesanan dari seluruh dunia.

Tapi apa seefektif itu air purifier dalam mencegah penularan COVID-19? Hingga saat ini perdebatan ahli soal penularan virus corona melalui udara sendiri masih belum menemukan kepastian.

Badan Perlindungan Lingkungan AS mengatakan bahwa pembersihan udara saja tidak cukup melindungi individu dari paparan virus corona. Ibarat jika kamu tinggal dalam satu ruangan dengan orang positif COVID-19, lalu duduk bersebelahan di sofa.

Meskipun kamu menggunakan air purifier di pojok ruangan, alat ini tidak akan menghilangkan semua partikel berbahaya lho.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 18 September 2020. Do Air Purifiers Actually Work?

Accu Weather. Diakses pada 18 September 2020. Great air purifier benefits and why you should have one

The Washington Post. Diakses pada 18 September 2020. What you need to know about air purifiers, including little evidence of health benefits

CNET. Diakses pada 18 September 2020. Do air purifiers work for COVID-19? What about wildfire smoke?

CNBC. Diakses pada 18 September 2020. Air purifier that kills 99.9% of the coronavirus sees surge in global demand

    register-docotr