Info Sehat

Berkhasiat bagi Tubuh, Ini 5 Manfaat Air Kelapa Hijau

May 2, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Air kelapa hijau merupakan salah satu minuman yang dapat dijadikan sebagai pelepas dahaga. Tak hanya itu saja, air kelapa hijau ternyata juga memiliki banyak manfaat loh! Terutama bagi kesehatan tubuh.

Minuman sehat ini bahkan dapat dijadikan sebagai tambahan elektrolit ketika berolahraga.

Kelapa hijau memiliki kandungan 95% air di dalamnya. Jika kamu menginginkan minuman selain air putih yang juga menyehatkan bagi tubuh, kamu dapat menjadikan air kelapa hijau sebagai pilihan.

Penasaran dengan manfaat air kelapa hijau lainnya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Cegah Sakit, Ini Vitamin yang Dibutuhkan Saat Puasa

Apa saja kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kelapa hijau?

Banyak ahli gizi yang mengatakan bahwa kelapa hijau merupakan superfoods. Hal ini dikarenakan kelapa hijau memberikan nutrisi dalam dosis tinggi tetapi dalam volume kecil.

Kelapa hijau juga memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Air serta daging kelapa mengandung elektrolit dan mikronutrien. Tak hanya itu saja, pada umumnya kelapa hijau mengandung 140 kalori, 28 g karbohidrat, 2 g serat, 3 g lemak, serta 2 g protein.

Jika kamu mengonsumsi kelapa hijau, kamu akan memiliki Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada tubuh, yakni  50% mangan, 15% potasium, serta 6% magnesium.

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini juga memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi, kandungan yang juga terdapat pada kelapa hijau adalah folat, tembaga, kalsium, kalium, natrium, serta fosfor.

Banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam kelapa hijau tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Maka tak heran jika air kelapa hijau merupakan minuman yang menyehatkan.

Baca juga: Resep 3 Minuman Segar dan Sehat untuk Buka Puasa, Bisa Kembalikan Energi yang Hilang

Manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan tubuh

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu mengonsumsi air kelapa hijau. Kebanyakan, air kelapa hijau memiliki manfaat bagi kesehatan loh!

Berikut adalah manfaat air kelapa hijau yang harus kamu tahu.

1. Mencegah dehidrasi

Manfaat yang dimiliki oleh air kelapa hijau yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi.

Air kelapa hijau memiliki jumlah mineral dan nutrisi yang tinggi, karena kandungan yang terdapat di dalamnya tersebut, air kelapa dapat dijadikan sebagai pengganti minuman berenergi yang efektif dalam menghidrasi tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan pada 8 orang pria yang bersepeda dalam kondisi panas menyatakan bahwa air kelapa hijau memungkinkan para peserta untuk berolahraga lebih lama.

Detak jantung yang dimiliki oleh peserta juga lebih stabil, serta mereka juga mengalami dehidrasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan mengonsumsi minuman olahraga atau air putih.

2. Dapat menggantikan cairan dalam tubuh

Air kelapa hijau sangat bermanfaat untuk mengganti cairan yang hilang dari dalam tubuh, terutama jika kamu mengalami muntah, malaria, serta influenza.

Air kelapa hijau juga dapat membantu mengatasi mual serta gangguan perut lain seperti diare. Hal ini dikarenakan air kelapa hijau dapat bertindak menjadi diuretik alami.

3. Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daging atau air kelapa hijau sangat tinggi. Kelapa hijau kaya akan senyawa fenolik yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh.

Vitamin dan mikronutrien dalam kelapa, seperti zinc, tembaga, mangan, dan selenium juga dapat membantu serta mendukung sistem pertahanan antioksidan alami dalam tubuh.

Antioksidan alami yang terkandung dalam kelapa juga dapat membantu untuk menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas.

4. Bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pencernaan

Ketika kamu mengonsumsi air kelapa hijau, kamu akan memiliki jantung yang lebih kuat dan pencernaan yang lebih baik. Baik air kelapa hijau maupun coklat memiliki kadar elektrolit yang tinggi.

Hal tersebut sangat penting dalam fungsi otot yang membantu kontraksi otot dan relaksasi di dalam jantung. Air kelapa hijau juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung yang disebabkan oleh sindrom metabolik.

Sindrom metabolik ditandai oleh tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida (jenis lemak yang ditemukan dalam darah), lemak perut berlebih, serta kadar kolestrol yang tidak normal.

Air kelapa hijau juga dapat bermanfaat bagi saluran pencernaan. Saluran pencernaan dapat bekerja dengan lebih baik serta dapat membantu menyerap apa yang diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga: Gaya Hidup Tidak Sehat hingga Stunting, Sederet Masalah Kesehatan di Indonesia

5. Bukan hanya kesehatan, manfaat air kelapa hijau bagi kecantikan

Air kelapa hijau bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kecantikan. Air kelapa hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit.

Air kelapa memiliki sifat untuk mencerahkan kulit dan dapat digunakan sebagai pemutih alami kulit. Air kelapa hijau juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah serta dapat menghaluskan kulit.

Sedangkan bagi rambut, air kelapa hijau dapat digunakan untuk mengontrol ketombe yang menyebabkan gatal pada rambut, serta dapat memperbaiki kerusakan pada rambut keriting yang kering.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 28 April 2020. All You Need to Know About Green Coconut 

Livestrong. Diakses pada 28 April 2020. What Are The Benefits of Green Coconut Water?

Open mind body soul. Diakses pada 28 April 2020. Green Coconut Water Benefits You Never Knew About 

Tips and beauty. Diakses pada 28 April 2020. Coconut Water Benefits for Health, Skin, Hair: Uses of Coconut Water 

    register-docotr