Info Sehat

Manfaat Air Fryer: Menggoreng Minim Minyak dan Lebih Sehat

October 24, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Salah satu manfaat air fryer adalah membuat konsumsi minyak goreng kamu berkurang. Hal ini tentu berdampak baik bagi kesehatan karena konsumsi minyak berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Hal itu dikatakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health Amerika Serikat. Meskipun demikian, manfaat menggoreng menggunakan air fryer tidak sebatas ini saja, lho.

Prinsip kerja air fryer

Air fryer bekerja dengan mengatur sirkulasi udara panas di sekitar makanan yang kamu hendak goreng. Udara panas ini nantinya akan menciptakan efek renyah sama seperti kalau kamu menggorengnya secara konvensional dengan minyak.

Dalam prosesnya, air fryer memang masih membutuhkan minyak goreng. Tapi hanya satu sendok makan saja, tidak seperti kalau kamu menggoreng di wajan dan kompor yang memerlukan banyak minyak goreng.

Air fryer akan menyingkirkan minyak yang kaya akan lemak dan kalori dalam proses memasaknya. Benda ini akan memakai udara panas yang mengandung minyak tipis untuk menyingkirkan kelembapan makanan.

Manfaat air fryer 

Kalau digunakan dengan tepat, air fryer bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

Menurunkan berat badan

Situs kesehatan MedicalNewsToday menyebut asupan tinggi makanan yang digoreng berpengaruh terhadap kenaikan berat badan, bahkan bisa membuat kamu obesitas. Hal ini karena makanan yang digoreng mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Dengan kamu mengganti teknik menggoreng menggunakan air fryer, maka kamu bisa mengurangi asupan minyak harian kamu. Hal ini akan berpengaruh pada penurunan berat badan.

Mencegah pembentukan acrylamide

Salah satu manfaat dari air fryer adalah kamu bisa mencegah terbentuknya komponen beracun acrylamide dari makanan. Komponen ini biasanya terbentuk di makanan yang digoreng dengan cara konvensional yang menggunakan panas yang tinggi.

Acrylamide biasa dikaitkan dengan pembentukan beberapa kanker seperti endometrial, ovarium, pankreas, payudara dan oesophageal. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebut hal serupa. Para peneliti mengaitkan acrylamide dengan penyakit ginjal, endometrial dan kanker ovarium.

Air fryer lebih aman ketimbang cara menggoreng biasa

Ketika kamu menggoreng dengan cara biasa atau konvensional, kamu akan menggunakan banyak minyak dengan api yang sangat panas. Sadar atau tidak, hal ini sebenarnya berbahaya, lho.

Walaupun air fryer juga menggunakan panas, tapi tidak ada risiko minyak tumpah, muncrat atau tanpa sengaja kamu menyentuh minyak panas. Kondisi ini bisa berbahaya bagi kesehatan kulit.

Meskipun demikian, kamu harus mematuhi instruksi pemakaian agar tetap aman.

Manfaat air fryer bagi kesehatan

Memasak dengan minyak dan memakan makanan yang digoreng secara konvensional bisa berakibat buruk bagi kesehatan kamu, lho. Dengan mengganti metode mengoreng menggunakan air fryer, maka jenis penyakit yang bisa kamu hindari adalah sebagai berikut:

Penyakit jantung

Makan makanan yang digoreng dapat meningkatkan tekanan darah, membuat level HDL atau kolesterol baik menjadi turun dan meningkatkan obesitas. Semua itu merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebut seringnya konsumsi makanan yang digoreng berpengaruh terhadap kenaikan risiko berkembangnya penyakit jantung.

Diabetes

Makan makanan yang digoreng juga bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2, lho. Penelitian di University of Minnesota menemukan pembentukan resistensi insulin terhadap orang yang sering makan fast food.

Peneliti menyebut responden yang mengonsumsi maknan siap saji (fast food) lebih dari dua kali dalam seminggu memiliki peluang dua kali lebih mudah terkena resistensi insulin dibandingkan responden yang mengonsumsi fast food kurang dari sekali seminggu.

Obesitas

Makanan yang digoreng secara konvensional memiliki kandungan kalori lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak digoreng. Sehingga konsumsi makanan ini juga dapat meninggikan asupan kalori dalam tubuh.

Penelitian di University of Reading, Britania Raya, menyebut lemak trans yang ada di makanan yang digoreng adalah senyawa yang memengaruhi kenaikan berat badan.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan lemak tersebut untuk memengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan simpanan lemak dalam tubuh.

Demikianlah manfaat air fryer dan bagaimana cara kerja mesin ini. Meskipun terkesan aman, tapi kamu harus tetap ingat kalau tetap ada asupan minyak yang masuk ke tubuh dari makanan yang digoreng dengan air fryer.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
register-docotr