Info Sehat

Penting untuk Kulit dan Organ Tubuh, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen

November 16, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung kolagen lebih aman daripada menggunakan produk atau kosmetik yang mengandung protein ini. Asupan kolagen yang cukup dapat membantu dalam menciptakan asam amino yang dibutuhkan oleh kulit. 

Kolagen merupakan jenis protein yang paling banyak di dalam tubuh kamu. Selain di kulit, keberadaannya terdapat di otot, tulang, tendon, ligamen, organ-organ tubuh, pembuluh darah, lapisan intestinal dan jaringan ikat lainnya.

Baca Juga: Serba-serbi Kolagen dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Penurunan level kolagen

Kamu tidak bisa mengukur tingkat kolagen di dalam tubuh. Tapi kamu bisa mengetahuinya ketika protein ini mulai menurun.

Kolagen akan berkurang seiring usia bertambah. Penurunan kolagen akan membuat kamu mengalami hal berikut ini:

  • Kulit menjadi berkeriput dan berkerut
  • Tendon dan ligamen menjadi lebih kaku dan kurang fleksibel
  • Penyusutan dan pelemahan otot
  • Nyeri sendi atau osteoarthritis karena tulang rawan yang menjadi aus
  • Masalah pada gastrointestinal karena lapisan saluran pencernaan yang menipis.

Makanan yang mengandung kolagen

Selain penuaan, faktor lain yang membuat protein ini berkurang adalah karena kamu tidak mengonsumsi cukup kolagen. Untuk itu, simak daftar makanan yang mengandung kolagen berikut ini:

Ayam

Jangan kaget, daging ayam termasuk makanan yang mengandung cukup kolagen, lho. Itu sebabnya, kalau kamu perhatikan, banyak suplemen kolagen yang berasal dari ayam.

Kalau kamu pernah memotong ayam utuh, kamu mungkin akan menyadari kalau hewan yang satu ini memiliki banyak jaringan ikat. Jaringan-jaringan ini lah yang membuat ayam sebagai salah satu makanan yang kaya akan kolagen.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Dovepress bahkan menggunakan leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan arthritis.

Ikan dan kerang

Seperti hewan lainnya, ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Menjadikan kedua jenis hewan ini sebagai makanan yang mengandung kolagen yang kamu butuhkan.

Situs kesehatan Healthline bahkan menyebut kalau beberapa orang mengatakan kalau kolagen yang berasal dari hewan laut ini merupakan salah satu yang mudah diserap oleh tubuh.

Tapi, walau kamu mengandalkan ikan sebagai sumber asupan kolagen, kamu harus paham kalau daging ikan mengandung lebih sedikit kolagen dibandingkan bagian lainnya.

Sayangnya, bagian yang lebih kaya akan kolagen adalah kepala, sisik atau mata ikan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity bahkan menggunakan kulit ikan sebagai bahan peptida kolagen.

Makanan yang mengandung kolagen yakni kaldu tulang

Walau terkadang jarang kamu sadari, membuat kaldu tulang untuk sayur sop dan lainnya ternyata bisa jadi satu sumber makanan yang mengandung kolagen, lho. Kamu tentu sudah tahu kalau membuat makanan ini dilalui dengan proses merebus tulang.

Proses ini dipercaya dapat mengekstrak kolagen karena tulang dan jaringan ikat dari tulang. Selain itu kamu pun bisa mendapatkan kalsium, magnesium, fosfor, glucosamine, chondroitin, asam amino dan nutrisi lainnya dari proses ini.

Meskipun demikian, tiap kaldu tulang memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, karena tergantung kualitas tulang serta bahan-bahan lainnya yang digunakan.

Baca Juga: Bekerja Melawan Bakteri dan Virus, Begini Cara Kerja Sistem Imun dalam Tubuh!

Makanan yang meningkatkan produksi kolagen

Beberapa makanan di bawah ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu mendorong produksi kolagen di dalam tubuh:

Putih telur

Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat sebagaimana yang ditemukan dalam produk hewani lainnya, tapi putih telur ternyata memiliki kandungan prolin yang merupakan salah satu bagian dari asam amino yang dibutuhkan untuk produksi kolagen.

Hal itu disebut langsung melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

Buah-buah sitrus

Vitamin C merupakan salah satu komponen penting yang memainkan peran penting dalam produksi pro-kolagen, perintis kolagen yang terdapat di dalam tubuh. Karena itu, memastikan tubuh mendapatkan vitamin C yang cukup adalah hal yang penting.

Kelompok buah sitrus antara lain jeruk, jeruk bali, lemon dan jeruk nipis. Semua buah-buahan ini pun kaya akan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah berry

Meskipun buah sitrus terkenal akan kandungan vitamin C mereka, buah-buah berry ternyata juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C.

Bahkan jika dibandingkan per berat, strawberry mengandung lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk. Selain itu, raspberry, blueberry dan blackberry juga mengandung dosis vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikianlah daftar makanan yang mengandung dan dapat mendorong produksi kolagen dalam tubuh. Pastikan selalu konsumsi makanan yang sehat dalam diet harian kamu, ya!

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami yang sedia 24/7 di Good Doctor, ya! Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline, diakses 08 November 2020. 13 Foods That Help Your Body Produce Collagen
  2. Cleveland Clinic, diakses 08 November 2020. The Best Way You Can Get More Collagen
  3. MedicalNewsToday, diakses 08 November 2020. Which foods boost collagen production?
    register-docotr