Info Sehat

Penderita Darah Rendah, Ini Tips untuk Menjaga Tekanan Darah Kamu

May 16, 2020 | Dani Kosasih | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Saat dokter mendiagnosis tekanan darah kamu rendah, dokter akan memberikan kamu rekomendasi beberapa jenis makanan untuk meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah normal pada orang sehat berkisar antara 110-120/80 mmHg. Jika tekanan darah kurang 90/60 mmHg, maka kamu mengalami darah rendah.

Gejala tekanan darah rendah

Terkadang, kondisi darah rendah bagi beberapa orang tidak terlalu berbahaya. Namun, pada beberapa kasus, tekanan darah rendah yang tidak normal dapat menyebabkan pusing bahka pingsan. Dalam kasus tertentu, tekanan darah rendah juga dapat mengancam jiwa.

Beberapa gejala umum pada penderita tekanan darah rendah, seperti:

  • Kepala terasa pusing.
  • Penglihatan kabur atau memudar.
  • Mual.
  • Mudah lelah.
  • Kurang konsenterasi.
  • Pingsan.
Selalu rutin periksakan kondisi tekanan darah. Foto: Freepik.com

Makanan untuk darah rendah

Guna mencegah berbagai gejala tekanan darah rendah maka memilih makanan untuk darah rendah secara tepat merupakan salah satu solusi mudah dan alami.

Beberapa makanan untuk darah rendah adalah:

Makanan yang kaya akan vitamin B 12

Saat kamu kekurangan vitamin B12, tubuh akan mudah terserang anemia yang akhirnya menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B 12, seperti:

  • Telur.
  • Sereal.
  • Produk turunan susu.
  • Daging sapi atau daging merah.

Makanan tinggi folat

Saat tubuh kekurangan folat, efek yang sama akan dirasakan dengan kondisi tubuh saat kekurangan vitamin B12.

Untuk itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan folat menjadi pilihan serius bagi kamu penderita tekanan darah rendah.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan folat, adalah:

  • Asparagus.
  • Hati.
  • Sawi.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Buah-buahan.
  • Kacang-kacangan.
  • Biji-bijian.
  • Daging merah.
  • Ayam.
  • Makanan laut.
  • Telur.
  • Susu dan produk turunan susu.

Makanan asin

Makanan asin dapat menjadi bagian dari makanan untuk darah rendah yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah.

Beberapa contoh makanan asin yang bisa kamu konsumsi, adalah:

  • Ikan asin.
  • Ikan asap.
  • Makanan kalengan.
  • Zaitun.
  • Keju cottage sebagai sarapan ringan atau makan siang.

Khusus untuk makanan asin, bagi orang dengan usia di atas 30 tahun, makanan asin dapat menyebabkan gangguan jantung dan ginjal.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan garam ke dalam makanan.

Teh licorice

Teh licorice merupakan salah satu teh herbal yang terbuat dari akar tanaman licorice dan penuh khasiat. Teh licorice dapat mengurangi efek aldosteron, yaitu hormon yang membantu mengatur dampak garam pada tubuh.

Teh licorice dapat mengatur dampak garam pada tubuh. Foto: Freepik.com

Menurut British Medical Journal Trusted, mengonsumsi teh licorice dapat meningkatkan tekanan darah kamu secara efisien.

Kafein

Makanan dan minuman mengandung kafein sangat bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah. Kafein bekerja dengan cara merangsang sistem kardiovaskular untuk meningkatkan detak jantung.

Makanan dan minuman yang kaya kandungan air

Mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan air sangat disarankan apabila kamu memiliki kondisi tekanan darah rendah. Karena dehidrasi akan menurunkan volume darah hingga menyebabkan tekanan darah turun.

Beberapa jenis makanan untuk darah rendah yang kaya akan air, seperti:

  • Semangka.
  • Stroberi.
  • Jeruk.
  • Tomat.
  • Paprika.
  • Mentimun
  • Anggur.
  • Selada.
  • Seledri.
  • Yogurt tanpa rasa.

Memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih secukupnya sangat disarankan bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah.

Tips untuk menghindari tekanan darah rendah

Selalu konsultasikan kondisi kesehatan dan tekanan darah kepada dokter. Konsultasi diperlukan untuk mengetahui makanan apa yang baik untuk penderita tekanan darah rendah.

Olahraga aerobik setidaknya 30 menit secara rutin juga berdampak baik bagi kesehatan pembuluh darah.

Selain, itu, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan agar tekanan darah tetap terjaga.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai langkah awal mengubah pola konsumsi makanan dan minuman untuk meningkatkan tekanan darah:

  • Makanlah dalam porsi kecil lebih sering.
  • Hindari mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan.
  • Minumlah lebih banyak air dan batasi alkohol.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait jenis dan aturan dalam membuat daftar makanan untuk darah rendah, kamu bisa  berkonsultasi bersama dokter di layanan aplikasi Good Doctor.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

1. mayoclinic.org. Diakses 29 Mei 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465
2. healthline.com (2017). Diakses 29 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/low-blood-pressure-diet#what-to-eat
3. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 29 Mei 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4480140/
4. mayoclinic.org. Diakses 29 Mei 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/diagnosis-treatment/drc-20355470

    register-docotr