Info Sehat

Kamu Penderita Asam Lambung? Coba Hindari 7 Makanan Ini

September 9, 2020 | Dhiamara Arradea
feature image

Ada beberapa makanan penyebab asam lambung naik. Jenis makanan ini dapat memnyebabkan refluks atau kondisi terjadinya aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan.

Jika kamu memiliki penyakit maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD), sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang tepat agar tidak menjadi penyebab asam lambung naik.

Saat asam lambung kambuh, biasanya akan bersifat jangka panjang. Juga akan menyebabkan gejala seperti mulas dan nyeri di bagian perut atas. Tingkat keparahan kondisinya berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan yang kamu jalani.

Apa saja gejala GERD?

Pada umumnya gejala dari asam lambung adalah mulas. Kamu mungkin akan merasa sensasi perut atau dada yang terbakar setelah mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Adapun gejala lainnya meliputi:

  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan
  • Kembung
  • Sendawa atau cegukan
  • Kesulitan menelan
  • Benjolan di tenggorokan

Apa yang harus dilakukan?

Selain melakukan diet makanan yang bisa berisiko untuk refluks. Kamu juga bisa melakukan perubahan gaya hidup, seperti berikut ini:

  • Pertahankan berat badan yang sehat
  • Hindari alkohol
  • Berhenti merokok
  • Jangan makan berlebihan, dan makan secara perlahan
  • Tetap tegak setidaknya dua jam setelah makan
  • Hindari pakaian ketat
  • Jangan makan selama tiga hingga empat jam sebelum tidur
  • Buat bantal setinggi enam inci untuk mengurangi gejala refluks saat sedang tidur

Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung

Asupan makanan menjadi salah satu penyebab asam lambung naik. Untuk itu, kamu harus menghindari jenis makanan berikut ini:

1. Makanan tinggi lemak

Makan-makanan yang digoreng dan berlemak mempunyai kemungkinan lebih besar menjadi penyebab asam lambung naik. Sehingga mengurangi total asupan lemak akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit ini.

Berikut ini adalah makanan berlemak yang harus kamu jadikan pantangan supaya asam lambung tidak naik:

  • Daging berlemak
  • Makanan yang digoreng
  • Kentang goreng dan onion ring
  • Produk olahan susu penuh lemak seperti susu murni, keju murni dan krim asam
  • Daging sapi, babi atau kambing yang penuh lemak atau digoreng
  • Snack penutup seepti es krim dan keripik kentang

2. Buah-buahan asam

Buah-buahan dan sayuran memang penting dalam melakukan diet sehat. Namun, terdapat beberapa jenis buah dan sayur yang bisa menyebabkan gejala GERD, lho!  Jika kamu sering mengalami asam lambung, maka kamu harus mengurangi asupan buah dan sayur yang asam seperti:

  • Jeruk (jeruk bali, lemon, dan nipis)
  • Nanas
  • Tomat (termasuk saus tomat)

3. Cokelat

Coklat mengandung tinggi lemak dan akan menyebabkan refluks. Makanan yang digemari oleh banyak orang ini sebaiknya segera dihindari jika kamu adalah penderita asam lambung.

4. Makan makanan pedas

Makanan pedas merupakan jenis makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik. Makanan ini akan memicu gejala mulas pada sebagian orang.

Jadi, lebi baik hindari konsumsi makanan yang pedas jika kamu berisiko tinggi terkena asam lambung.

5. Kafein

Sebagian orang akan merasakan gejala asam lambung setelah meminum kopi. Hal tersebut dikarenakan kafein bisa memicu refluks.

6. Susu tinggi lemak

Tidak hanya makanan berlemak, susu tinggi lemak juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Jika kamu memiliki risiko tinggi terkena asam lambung dan ingin mengonsumsi susu, lebih baik pilih susu yang rendah lemak untuk melengkapi nutrisi dalam tubuh.

7. Peppermint

Beberapa orang beranggapan bahwa peppermint bisa menenangkan perut. Dilansir dari healthline.com, peppermint sebenarnya merupakan makanan yang dapat memicu mulas yang merupakan gejala dari asam lambung.

Peppermint dapat meningkatkan kemungkinan mulas karena dapat melemaskan otot sfingter yang terletak di antara perut dan kerongkongan. Dan akan memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Pantangan asam lambung

Memiliki masalah pada asam lambung tidak hanya membuat kamu harus waspada terhadap suatu jenis makanan saja. Faktanya kamu pun memiliki pantangan untuk makan dalam jumlah besar supaya asam lambung kamu tidak naik lagi.

Makanan yang terlalu penuh akan membuat perut melar dan menghasilkan sensasi gembung. Hal ini akan membuat lingkaran otot yang membatasi esofagus dan lambung (lower esophageal sphincter / LES) terdesak.

Padahal, LES menjaga asam lambung tidak bergerak ke arah yang salah, sehingga asam lambung beserta dengan makanan lain akan kembali ke saluran kerongkongan dan membuat kamu nyeri.

Apa saja makanan yang baik untuk asam lambung?

Gejala refluks dapat terjadi karena asam lambung menyentuh esofagus dan menyebabkan iritasi dan nyeri. Jika kamu sering menderita asam lambung, kamu bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk meredakan gejala asam lambung yang dirasakan, makanan tersebut adalah:

1. Jenis sayur-sayuran

Sayuran merupakan jenis makanan yang baik untuk asam lambung karena mengandung lemak yang rendah dan gula secara alami. Beberapa jenis sayuran yang bisa kamu andalkan untuk mengurangi gejala asam lambung adalah:

  • Kacang hijau
  • Brokoli
  • Asparagus
  • Kembang kol
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kentang
  • Ketimun

2. Jahe

Jahe memiliki kandungan antiinflamasi alami dan dapat menjadi obat alami untuk mengatasi asam lambung yang naik serta masalah di gastrointestinal lainnya.

Kamu bisa menambahkan potongan atau parutan jahe ke dalam minuman kamu atau buat teh jahe untuk meringankan gejala asam lambung.

3. Oatmeal

Jenis makanan yang cocok untuk sarapan ini juga baik untuk asam lambung. Kandungan utamanya yang berasal dari gandum utuh bisa menjadi sumber serat yang baik untuk tubuh.

Makanan yang kaya akan serat dipercaya sangat baik untuk menurunkan risiko naiknya asam lambung. 

4. Buah untuk asam lambung

Buah untuk asam lambung biasanya adalah buah yang tidak asam. Jadi sebisa mungkin kamu harus menghindari buah yang asam seperti segala jenis jeruk dan lemon.

Sedangkan buah untuk asam lambung antara lain:

  • Melon
  • Pisang
  • Apel
  • Pir

5. Daging tanpa lemak dan seafood

Konsumsilah jenis daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, ikan dan seafood. Makanan-makanan ini rendah lemak dan dapat meredakan gejala dari asam lambung

6. Putih telur

Bagian dari telur ini sangat baik untuk meredakan gejala asam lambung yang dapat menimpa kamu

7. Lemak sehat

Beberapa sumber lemak sehat antara lain alpokat, kenari, flaxseed, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak biji bunga matahari.

8. Madu untuk asam lambung

Jenis makanan asli dari alam ini banyak dipakai untuk mengobati masalah kesehatan. Madu dipercaya dapat menjadi obat alami untuk mengatasi asam lambung.

Sebuah artikel dalam Indian Journal of Medical Research menyebut madu untuk asam lambung sangat baik karena kandungan antioksidannya. Kandungan ini penting untuk menangkal radikal bebas yang juga bisa menjadi penyebab asam lambung yang naik.

Itu tadi jenis makanan yang baik dan harus kamu jadikan pantangan supaya asam lambung kamu tidak naik. Jadi, lebih bijak lagi dalam memilih makanan, ya!

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2020). Diakses pada 15 Juli 2020. 7 Foods to Help Your Acid Reflux
  2. Medicalnewstoday.com (2018). Diakses pada 15 Juli 2020. What to eat and avoid in you have GERD
  3. Emedicinehealth.com (2020). Diakses pada 15 Juli 2020. Heartburn (GERD)
  4. Webmd.com (2019) diakses 09 September 2020. Common Heartburn Triggers
  5. Healthline.com (2020) diakses 09 September 2020. 7 Foods to Help Your Acid Reflux
  6. Healthline.com (2018) diakses 09 September 2020. Can You Use Honey to Treat Acid Reflux?
  7. Ncbi.nlm.nih.gov (2013) diakses 09 September 2020. Honey – A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis
    register-docotr