Info Sehat

Kram Kaki saat Tidur Bikin Tidak Nyaman? Ini Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya

November 24, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kram kaki saat tidur atau di malam hari adalah salah satu kondisi yang seringkali dikeluhkan. Jika kamu pernah mengalaminya, kamu tidak sendiri. Pasalnya, menurut laporan American Family Physician, kondisi ini memengaruhi sekitar 60 persen orang dewasa dan 7 persen anak-anak.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ketahui Faktor-faktor Penyebab Kaki Sering Kram Berikut Ini!

Mengenal lebih dalam kram kaki saat tidur

Kram kaki saat tidur atau yang juga dikenal sebagai kram kaki nokturnal (nocturnal leg cramps) adalah nyeri, kontraksi yang tidak disengaja, atau kejang otot yang terjadi di kaki.

Kram kaki yang terjadi di malam hari ini biasanya melibatkan otot betis. Akan tetapi, kondisi ini juga dapat memengaruhi otot di kaki atau paha. Nah, ketika kram kaki menyerang, tak jarang kamu bisa terbangun secara tiba-tiba karena rasa yang tidak nyaman tersebut bukan?

Seringkali, otot mengendur dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 10 menit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dan lansia.

Lantas, apa penyebab kram kaki saat tidur?

Penyebab pasti kram kaki di malam hari masih belum diketahui. Meskipun demikian, ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkanmu mengalami kondisi ini. Dalam kebanyakan kasus, kram kaki di malam hari bersifat idiopatik atau tidak diketahui secara pasti penyebabnya.

Perlu kamu ketahui bahwa, kondisi ini mungkin saja berkaitan dengan posisi kaki. Ketika tidur, sebagian orang mungkin tidur dengan kaki yang ditekuk atau yang lebih dikenal sebagai posisi fleksi plantar.

Nah, posisi tersebut dapat memperpendek otot betis, yang mana membuatnya lebih rentan mengalami kram. Terdapat beberapa faktor lain yang mungkin menyebabkan kram kaki saat tidur. Berikut ulasannya masing-masing.

1. Kelelahan otot

Terlalu banyak mengeluarkan tenaga atau olahraga terlalu berat, seperti melatih otot dengan sangat intens dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan kram.

Selain itu, berdiri dalam waktu yang lama di siang hari juga dapat membuat otot lelah. Otot-otot yang lelah di siang hari ini, memungkinkan terjadinya kram di malam hari.

2. Malas bergerak

Otot perlu diregangkan secara teratur agar berfungsi dengan baik. Duduk terlalu lama dapat membuat otot kaki lebih rentan kram.

Tak hanya itu, seseorang yang tidak meregangkan otot atau berolahraga secara teratur juga mungkin lebih berisiko mengalami kram kaki di malam hari.

3. Posisi duduk yang tidak tepat

Duduk dengan cara tertentu yang dapat membatasi gerakan atau aliran darah ke kaki, seperti menyilangkan kaki dapat memperpendek otot betis sehingga dapat menyebabkan kram.

4. Usia

Usia juga dapat berkontribusi pada faktor penyebab kram kaki di malam hari. Ulasan yang diterbitkan dalam jurnal BMC Family Practice mencatat bahwa, sebesar 33 persen orang yang berusia di atas 50 tahun mengalami kram kaki di malam hari.

5. Pemendekan tendon

Tendon, yakni jaringan yang menghubungkan otot dan tulang, seiring dengan waktu dapat memendek secara alami. Ini dapat menyebabkan kram pada otot.

6. Kondisi medis tertentu

Kram kaki di malam hari juga dikaitkan dengan beberapa kondisi tertentu, seperti:

  • Kehamilan
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Kondisi hati, ginjal, dan tiroid
  • Gangguan muskuloskeletal, seperti osteoarthritis
  • Gangguan saraf
  • Gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson
  • Konsumsi alkohol berlebihan

Baca juga: Kram Kaki Saat Hamil? Kenali Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

7. Obat-obatan tertentu

Efek samping obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kram, seperti misalnya saja:

  • Diuretik
  • Statin

Apakah kram kaki saat tidur berbahaya?

Kram kaki adalah hal yang umum terjadi, terutama di malam hari. Meskipun kondisi ini bisa sangat menyakitkan dan dapat menganggu tidurmu, tetapi biasanya kondisi ini tidak serius.

Meskipun demikian, kram kaki terkadang bisa menjadi gejala beberapa kondisi kesehatan yang telah disebutkan di atas. Jika kamu khawatir bahwa kram kaki saat tidur disebabkan oleh kondisi tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya.

Cara mengatasi kram kaki saat tidur

Jika kamu mengalami kondisi ini, agar memperoleh kualitas tidur yang lebih baik maka perlu dicari solusinya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Memijat kaki

Memijat dengan lembut otot kaki yang terkena kram dapat membantu otot menjadi lebih rileks. Kamu bisa menggunakan satu atau kedua tangan untuk mengendurkan otot kaki yang terkena kram.

2. Kompres air hangat

Sensasi air hangat bisa menenangkan otot yang tegang. Untuk melakukannya, kamu bisa mengompres air hangat otot yang terkena dengan handuk hangat atau botol air hangat. Selain itu, mandi air hangat juga bisa membantu meredakan kram kaki.

3. Melakukan peregangan

Jika kamu mengalami kram di betis, kamu bisa meluruskan kaki secara perlahan. Meregangkan kaki dapat dilakukan guna untuk membantu meregangkan otot kaki yang terkena kram.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai kram kaki saat tidur. Jika kram kaki yang dialami sering terjadi dan pengobatan rumahan tidak membantu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

American Family Physician (2012). Diakses pada 13 November 2020. Nocturnal Leg Cramps 

BMC Family Practice (2017). Diakses pada 13 November 2020. Criteria in diagnosing nocturnal leg cramps: a systematic review 

Cleveland Clinic. Diakses pada 13 November 2020. Leg Cramps

Healthline (2019). Diakses pada 13 November 2020. What’s Causing Your Leg Cramps at Night? Treatment and Prevention Tips 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 13 November 2020. Night leg cramps

Medical News Today (2019). Diakses pada 13 November 2020. What to know about leg cramps at night 

    register-docotr