Info Sehat

Khasiat Kayu Bajakah untuk Kesehatan: Sembuhkan Luka dan Bersifat Antibakteri

September 3, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Khasiat kayu bajakah sebagai obat kanker tengah naik daun. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat lainnya dari tanaman yang berasal dari hutan di pedalaman Kalimantan ini.

Adalah 3 pelajar SMA Negeri 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang berhasil mengekspos khasiat kayu bajakah itu dalam ajang World Invention Creativity Olympic, tahun lalu. Mereka menemukan khasiat ini setelah melakukan percobaan terhadap tikus dan uji laboratorium.

Kandungan dan khasiat kayu bajakah

Dalam laman bajakah.info, disebutkan bahwa kayu bajakah (Spatholobus littoralis Hassk.) mengandung antioksidan yang tinggi, yang bahkan melebihi kandungan antioksidan tanaman lain yang juga memiliki bersifat antikanker.

Peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat, Eko Suhartono, dalam laman tersebut menyebut akar tanaman bajakah ini mengandung banyak komponen kimia kelenjar bawah otak yang berfungsi sebagai antikanker.

Selain itu, terdapat juga komponen tanin dan flavonoid yang berperan dalam melepaskan komponen hidroksil yang akan mengikat sel kanker dan mencegahnya membesar.

1. Khasiat kayu bajakah sebagai antikanker

Kemampuan ini berhasil ditemukan oleh para pelajar tersebut. Para pelajar memakai dua tikus yang sudah disuntikkan substansi sel kanker yang sudah tumbuh sebagai bahan percobaan mereka.

Sel kanker lalu tumbuh di dalam tubuh tikus, ditandai dengan munculnya bagian tubuh yang membengkak dari ekor hingga ke kepala. Selanjutnya, tikus-tikus ini diberikan dua jenis obat yang berbeda.

Salah satu tikus diberikan bawang dayak yang sudah dibentuk menjadi cairan, sementara tikus lainnya diberikan air rebusan kayu bajakah.

Setelah 50 hari, tikus yang menerima pengobatan bawang mati sementara tikus yang diobati dengan air rebusan kayu bajakah tetap sehat dan dapat berkembang biak.

Kayu bajakah untuk kanker payudara

Khasiat kayu bajakah sebagai antikanker ini sudah dirasakan oleh manusia. Dilansir Kompas.com, khasiat itu dialami oleh seorang warga dari Palangkaraya yang sudah mengalami kanker payudara stadium 4.

Dalam artikel tersebut dikatakan jika efek air rebusan bajakah itu dirasakan hanya dalam waktu satu bulan. Kanker payudara tersebut dikatakan sembuh total hanya dengan konsumsi air rebusan tanaman bajakah.

2. Kayu bajakah dapat menyembuhkan luka

Salah satu khasiat kayu bajakah lainnya adalah menyembuhkan luka. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Penelitian tersebut menggunakan 24 ekor tikus Wistar yang dibagi menjadi 6 kelompok secara acak dan kemudian masing-masing diberikan luka sayat. Tikus-tikus tersebut diberikan salep yang mengandung ekstrak etanol batang bajakah.

Hasilnya, setiap salep ekstrak etanol batang bajakah memiliki efektivitas terhadap penyembuhan luka sayat. Hal ini, dikatakan dalam penelitian tersebut, disebabkan oleh adanya kandungan saponin dan tanin.

Kedua senyawa tersebut dikatakan dapat merangsang terjadinya angiogenesis yang merupakan salah satu bagian dalam proses proses penyembuhan luka.

3. Khasiat kayu bajakah sebagai antibakteri

Kayu bajakah juga memiliki manfaat sebagai antibakteri, lho. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang juga dilakukan di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan adanya aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol batang bajakah terhadap bakteri Escherichia coli. Beberapa senyawa di dalam batang bajakah yang membuat aktivitas ini memungkinkan adalah flavonoid, saponin dan tanin.

Berdasarkan cara kerjanya, flavonoid akan bereaksi dengan merusak membran mikroba dan saponin akan merusak dinding bakteri dan membuatnya pecah. Sementara tanin akan menghambat pembentukan sel bakteri.

Dengan kemampuan ini, maka kayu bajakah memiliki potensi untuk menangani berbagai penyakit infeksi. Selama ini, beberapa masyarakat setempat masih cenderung memanfaatkan kayu bajakah sebagai obat sakit perut, diare maupun disentri.

Tetap masih butuh penelitian lebih lanjut

Associate Professor in Community Medicine and Healthcare Policy Universitas Andalas Hardisman Dasman dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Conversation Indonesia menyebut masih butuh beberapa penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat kayu bajakah.

Terutama, kata dia, untuk efek antikanker yang membuat kayu ini sekarang diburu di pasaran. Menurutnya diperlukan beberapa tahapan penelitian agar suatu bahan atau zat dapat direkomendasikan sebagai bahan pengobatan.

Tahapan tersebut mulai dari penelitian dasar, termasuk pada hewan, ekstraksi kandungan bahan alamnya, uji efektivitas zat yang terkandung pada hewan percobaan hingga uji klinis atau uji obat tersebut pada manusia.

Demikianlah keterangan khasiat kayu bajakah yang memiliki potensi sebagai pengobatan alternatif bagi kanker dan penyakit lainnya. Tetap saja, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memantapkan kegunaan tanaman endemik dayak ini.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr