Info Sehat

Kenapa Konsumsi Makanan Pedas Tidak Diperbolehkan Saat Perut dalam Keadaan Kosong?

November 3, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sengaja membiarkan perut kosong atau melewatkan makan dapat menyebabkan sejumlah konsekuensi kesehatan, termasuk kram perut yang menyakitkan. Karena itu, terdapat beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut kosong.

Ketika perut kosong, makanan atau minuman bisa memicu peningkatan asam lambung. Nah, untuk mengetahui alasan mengapa mengonsumsi makanan pedas tidak dianjurkan yuk simak penjelasannya berikut.  

Baca juga: Konsumsi Gula Rafinasi Berlebihan Bisa Sebabkan Obesitas hingga Diabetes Tipe 2!

Cara mengetahui perut sedang kosong

Secara umum, dibutuhkan sekitar 2 hingga 4 jam agar makanan berpindah dari perut ke usus kecil. Dilansir dari Healthline, lamanya proses pencernaan bergantung pada beberapa faktor seperti komposisi dan ukuran makanan, hormon, serta jenis kelamin.

Jika sudah beberapa jam sejak kamu tidak makan, maka perut mungkin akan kosong. Namun, perlu diingat bahwa kecepatan mengosongkan perut dapat bervariasi berdasarkan apa yang dikonsumsi dan faktor lainnya.

Saat perut kosong, mungkin kamu akan mengalami gejala fisik lapar. Beberapa ciri yang dirasakan, antara lain perut keroncongan atau nyeri, pusing, kelemahan atau kegoyahan, sakit kepala, dan sifat lekas marah. 

Apa kaitan antara makanan pedas dan perut kosong?

Mengonsumsi makanan secara teratur bermanfaat untuk kesehatan fisik dan lambung, tetapi banyak orang melewatkan makan karena berbagai alasan. Salah satu keyakinan yang salah tentang melewatkan makan adalah bisa membantu diet penurunan berat badan.

Padahal, sering melewatkan makan justru bisa memicu masalah kesehatan yang parah termasuk GERD. Gastroesophageal reflux atau GERD terjadi ketika isis perut kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan mulas. 

Tanda dan gejala GERD secara umum, meliputi rasa terbakar di dada, kesulitan menelan, regurgitasi makanan, dan ada benjolan di tenggorokan. Jika kamu sudah sering mengalami gejala ini, maka perlu menghindari beberapa makanan pedas saat perut sedang kosong.

Makanan pedas yang dikonsumsi pagi hari saat perut kosong bisa menyebabkan peningkatan produksi asam di lambung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas juga dapat mengakibatkan sakit perut, terutama jika kamu memiliki gangguan pencernaan fungsional.

Namun, satu studi menunjukkan bahwa paparan capsaicin secara teratur tidak menghasilkan ketidaknyamanan yang sama seperti paparan sesekali. Capsaicin sendiri merupakan bahan yang membuat cabai atau bubuk cabai terasa pedas.

Agar tidak menyebabkan masalah serius, maka perhatikan selalu reaksi setelah kamu mengonsumsi makanan pedas. Pertimbangkan toleransi penggunaan bumbu pedas ketika akan mengonsumsinya. 

Beberapa makanan lain yang harus dihindari

Perut kosong harus diisi dengan makanan yang tepat untuk mencegah masalah pencernaan lebih serius. Nah, beberapa makanan yang harus dihindari saat perut sedang kosong antara lain sebagai berikut:

Buah jeruk

Asam yang ada di dalam buah jeruk dari waktu ke waktu dapat memberikan dorongan tidak perlu untuk diproduksi dalam usus. Mengonsumsi buah jeruk pada waktu yang kurang tepat bisa menyebabkan masalah perut, seperti tukak lambung atau bahkan gastritis.

Yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat dalam jumlah tinggi yang dapat meningkatkan penguatan tulang dan membantu pertumbuhan bakteri baik. Namun, saat perut sedang kosong sebaiknya hindari konsumsi yoghurt karena bisa mengakibatkan refluks asam yang tidak menyenangkan.

Pisang

Makan pisang saat perut kosong dapat meningkatkan jumlah magnesium dalam darah sehingga tidak baik untuk jantung. Selain itu, gula yang terkandung dalam pisang hanya akan membuat kamu merasa kenyang untuk sementara.

Karena sifat asam dari buah ini, ada kemungkinan seseorang mengalami masalah usus jika hal ini dijadikan kebiasaan.

Di samping itu, ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi ketika perut kosong. Makanan yang aman dikonsumsi, seperti buah apel, telur, madu, oatmeal, semangka, kacang-kacangan, dan kurma.

Baca juga: Manfaat Salmon Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah hingga Tingkatkan Daya Ingat!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2020), diakses 2 November 2020. How Long Does Food Stay in Your Stomach?
  2. Gaiagoodhealth.com, diakses 2 November 2020. 5 Foods You Should Not Eat On An Empty Stomach
  3. Healthline (2020), diakses 2 November 2020. Foods to Avoid with Acid Reflux/GERD
  4. Livestrong.com, diakses 2 November 2020. Skipping Meals & Stomach Cramps
  5. Mayoc Clinic (2020), diakses 2 November 2020. Gastroesophageal reflux disease (GERD)
    register-docotr