Info Sehat

Sederet Kandungan Buah Naga Merah yang Bagus Banget untuk Tubuh

April 16, 2020 | Haekal | dr. Iqbal Adi Anugra
feature image

Buah naga merah tampil di rak toko buah dengan warna dan bentuk yang mencolok dan mungkin bagi sebagian orang, terlihat menggelikan. Namun siapa sangka kandungan buah naga merah sangat baik untuk tubuh. 

Buah naga sempat booming karena dianggap sebagai superfruit dengan kandungan nutrisi yang luar biasa. Hingga kini buah yang di sekujur kulitnya dipenuhi jumbai-jumbai yang dianalogikan sebagai sisik naga itu, masih terus diminati oleh mereka yang ingin menerapkan hidup sehat.

Kandungan buah naga merah yang luar biasa untuk kesehatan tubuh

Jangan biarkan tampak luarnya mengecoh kamu. Di balik penampilannya yang eksentrik itu, ternyata buah naga merah menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.  

Buah naga merah punya kandungan yang baik untuk tubuh. Sumber Foto: https://www.chowhound.com/

1. Kaya akan antioksidan

Terdapat beberapa jenis antioksidan dalam buah naga merah, terutama pada bijinya. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang melindungi sel-sel pada tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang memicu berbagai penyakit kronis dan menjadi penyebab penuaan. 

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga merah antara lain betalains yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kolesterol jahat, lalu flavonoid yang berkaitan dengan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kemudian ada kandungan hydroxycinnamates yang merupakan kelompok senyawa yang pada beberapa penelitian terhadap binatang dan tabung pengujian menunjukkan perlawanan terhadap kanker.

Selain itu, buah naga merah juga mengandung antioksidan lainnya seperti Vitamin C, beta-karoten, serta likopen yang dapat menangkal radikal bebas juga memperkuat sistem ketahanan tubuh.

Baca Juga: ‘Saya Sering Sakit Kepala Berat, Apakah Ini Kanker Otak?’ Kenali Gejalanya di Sini

2. Rendah kalori, tinggi nutrisi

Buah naga seberat 227 gram mengandung 136 kalori, 3 gram protein 29 karbohidrat, 7 gram serat, 8% zat besi 18% magnesium, 9% vitamin C, dan 4% vitamin E dari kebutuhan harian. Di luar itu, buah naga merah juga mengandung senyawa tanaman seperti polifenol, karotenoid, dan betacianin. Buah naga adalah buah bebas lemak.

3. Vitamin B3

Buah naga merah mengandung vitamin B3 bagus untuk kulit. Sumber Foto: https://www.thejakartapost.com/

Vitamin B3 pada buah naga membantu mendinginkan kulit yang terbakar matahari sekaligus melembabkan dan melepas panas dari kulit yang terpapar. 

4. Vitamin C dan karotenoid melindungi sistem imun

Vitamin C dan karotenoid pada buah naga merah dapat mendorong fungsi sistem imun dan mencegah infeksi dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Kerusakan sel darah putih harus dihindari karena sel darah putih dalam sistem imun tubuh berfungsi untuk merusak senyawa-senyawa yang merusak.

5. Serat

Sebanyak 7 gram serat yang terkandung dalam satu cup buah naga merah memenuhi 28% dari kebutuhan serat harian bagi perempuan dan 18% kebutuhan serat harian bagi laki-laki.

Serat dikenal memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, serat juga penting dalam melindungi kesehatan jantung, mengontrol diabetes tipe dua, dan menjaga berat badan ideal. 

Baca Juga: COVID-19 Jangkiti Hampir 2 Juta Orang di Dunia, Yuk Segarkan Lagi Ingatan Kamu tentang Virus Corona

6. Meningkatkan zat besi

Buah naga merah kaya akan zat besi yang baik untuk tubuh. Sumber Foto: https://www.lewiorganics.com/

Zat besi merupakan nutrisi penting yang bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, zat besi juga menjadi salah satu nutrisi yang membantu mengurai makanan menjadi energi.

Sayangnya tidak banyak buah segar yang mampu menyediakan zat besi dan buah naga adalah salah satu buah yang mengandung manfaat baik zat besi. Satu sajian buah naga mengandung 8% kebutuhan zat besi harian.

Untungnya lagi, kandungan vitamin C pada buah naga merah membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. Zat besi sendiri merupakan nutrisi yang paling jarang dipenuhi oleh banyak orang.

Sekitar 30% manusia di dunia mengalami kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi juga menjadi penyebab utama anemia atau ketika tubuh kekurangan sel darah merah.

Buah naga mudah ditemui di pasar maupun supermarket, rasanya yang enak dan menyegarkan menjadikan buah naga merah salah satu yang paling digemari. Sederet manfaat yang menyertai nikmatnya sepotong buah naga merah, tentu menambah alasan untuk berburu buah eksotis itu bukan?

“Yuk, beli multivitamin untuk menjaga kesehatan dan imun di sini, jangan lupa juga tanyakan kondisi kesehatanmu pada dokter profesional 24/7 di Good Doctor!”

Reference

“What are the proven benefits of dragon fruit?”, Medicalnewstoday, 2019

“Health Benefits of Dragon Fruit”, WebMD, 2019

“Dragon Fruit Health Benefits That Will Surprise You”, Medical Daily, 2019

    register-docotr