Info Sehat

Kamu Sakit Gigi? Kenali Dua Jenis Obat Berikut Ini

September 17, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Obat kumur sakit gigi biasanya ampuh untuk meredakan ketidaknyaman pada gigi dan dapat berasal dari bahan alami, lho! Nah, sakit gigi sendiri merupakan nyeri yang terjadi akibat adanya kerusakan, infeksi, tambalan longgar atau patah, hingga gusi surut.

Secara umum, sakit gigi bisa disembuhkan dengan menggunakan beberapa jenis obat dari apotek maupun bahan alami. Namun, jika nyeri tidak kunjung menghilang dan berlangsung selama lebih dari 1 atau 2 hari, maka perlu segera kunjungi dokter.

Baca juga: 6 Cara Alami Atasi Flek Hitam akibat KB, dari Lidah Buaya hingga Teh Hijau!

Jenis obat kumur sakit gigi yang tersedia di apotek

Obat kumur sering dianggap sebagai penyegar napas atau menghentikan bau mulut, namun bisa juga digunakan untuk menghentikan gusi berdarah dan kerusakan pada gigi.

Dilansir dari Very Well Health, salah satu kesalahpahaman besar adalah obat kumur bisa menghilangkan plak pada gigi padahal nyatanya tidak.

Nah, sebelum menggunakan obat kumur jenis apapun, ada baiknya untuk lakukan beberapa langkah, antara lain mengonsultasikan dengan dokter gigi, mendapatkan rekomendasi pemakaian obat kumur, dan baca label produk dengan hati-hati.

Pengobatan mandiri untuk sakit gigi bisa dilakukan menggunakan obat dari apotek dan bahan alami. Beberapa obat kumur sakit gigi yang dapat kamu gunakan untuk meredakan nyeri, di antaranya sebagai berikut:

Obat kumur sakit gigi dari apotek

Gusi berdarah dan nyeri pada gigi umumnya disebabkan oleh adanya bakteri tertentu di dalam mulut. Karena itu, banyak yang menggunakan obat kumur dengan bahan alkohol yang diyakini bisa menghancurkan dinding sel bakteri. 

Namun, obat kumur beralkohol telah menarik perhatian luas karena dapat  meningkatkan risiko kanker mulut. Nah, beberapa obat kumur sakit gigi yang tersedia di apotek dengan bahan kandungan aman adalah sebagai berikut:

Obat kumur fluoride

Banyak jenis obat kumur yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah kerusakan gigi.

Fluoride diketahui telah terbukti efektif digunakan oleh pasien ortodontik sehingga hanya boleh digunakan oleh orang dengan kerusakan gigi berat. Obat kumur ini tidak boleh tertelan.

Obat kumur klorheksidin

Klorheksidin merupakan antibakteri yang digunakan sebagai bahan aktif dengan spektrum luas sehingga dapat melawan bakteri dalam mulut.

Tak hanya itu, obat kumur jenis ini mungkin berguna mengobati penyakit namun tidak efektif untuk bau mulut.

Obat kumur minyak esensial

Obat kumur yang mengandung minyak esensial diketahui memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti inflamasi.

Karena itu, obat kumur jenis ini diyakini mampu meredakan nyeri pada gigi dan menjadi penyegar napas yang baik.

Obat kumur dari bahan alami

Selain obat kumur dari apotek, nyeri pada gigi juga bisa diobati dengan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah. Nah, beberapa bahan alami yang bisa dibuat menjadi obat kumur antara lain:

Obat kumur air asin

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu melonggarkan kotoran yang bersarang di gigi berlubang atau di antara gigi.

Tak hanya, air asin juga bisa mengurangi pembengkakan, meningkatkan penyembuhan, dan meredakan sakit tenggorokan. Cara efektifnya adalah dengan berkumur selama 30 detik dan ulangi proses secara rutin.

Obat kumur cuka sari apel

Cuka sari apel memang diketahui memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai obat kumur untuk meredakan sakit gigi.

Cara pembuatannya cukup dengan menambahkan dua sendok makan cuka dari apel ke dalam satu cangkir air garam dan minyak esensial vanila. Campurkan semua bahan tersebut dan gunakan sebagai obat kumur.

Obat kumur kayu manis dan cengkeh

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit gigi adalah kayu manis dan cengkeh.

Cara pembuatannya cukup dengan menambahkan 10 hingga 15 tetes masing-masing untuk kayu manis dan cengkeh ke dalam air suling. Kumur campuran bahan tersebut secara rutin untuk mendapatkan kesembuhan optimal.

Nah, itu dia beberapa obat kumur sakit gigi yang bisa kamu gunakan di rumah. Berbagai jenis obat kumur ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di apotek atau membuat sendiri di rumah. Jangan menunda pengobatan karena bisa menyebabkan penyakit menjadi semakin parah, lho!

Baca juga: 7 Penyakit Akibat Kesehatan Gigi dan Mulut yang Buruk, Salah Satunya Penyakit Jantung!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2017), diakses 15 September 2020. How to treat a toothache at home
  2. Very Well Health (2019), diakses 15 September 2020. Best Types of Mouthwash
  3. Food.ndtv.com (2017), diakses 15 September 2020. 5 Natural Mouthwashes That You Should Try To Maintain Oral Hygiene With!
    register-docotr