Info Sehat

Kacamata Anti-Radiasi Komputer, Apakah Perlu dan Bermanfaat?

May 9, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Teknologi kacamata antiradiasi komputer dipercaya sebagai terobosan untuk mencegah kerusakan mata akibat menatap layar gawai berlebihan. Namun, benarkah demikian?

Layar gawai menghasilkan sinar biru atau blue light yang dapat membuat otot mata menjadi tegang, kering, atau mata yang berair dan perih. Sinar biru ini juga terkenal mampu merusak jadwal tidur karena mengacaukan jam biologismu.

Sayangnya, kita tidak bisa menghindari gawai dan komputer. Jadi salah satu solusinya adalah teknologi  kacamata anti radiasi komputer yang memang dibentuk secara khusus untuk menghalangi sinar biru yang berasal dari layar digital.

Lensanya dikatakan mampu menjaga mata dari silaunya sinar dan dapat membantu mengurangi potensi kerusakan terhadap retina mata.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah fakta seputar kacamata antiradiasi komputer yang perlu kamu tahu.

Apakah kacamata ini diperlukan?

Banyak pendapat tentang perlu atau tidaknya memakai kacamata ini. Karena hingga saat ini tidak ada riset kuat yang mendorong pembuktian ampuh atau tidaknya teknologi ini.

Yang banyak beredar saat ini hanyalah seputar testimoni dari para pemakai yang merasakan manfaatnya. Oleh karena itu, tidak sedikit juga pakar yang menyatakan bahwa kacamata ini tidak diperlukan.

Berikut beberapa pendapat yang menggambarkan pro-kontra dari kacamata antiradiasi ini.

Karena penggunaan yang berlebihan, bukan sinar biru

American Academy of Ophthalmologi menilai kalau kamu tidak memerlukan kacamata ini. Mereka bahkan tidak merekomendasikan atribut mata manapun yang bisa digunakan untuk perlindungan para pemakai komputer.

Organisasi ini menyatakan sinar biru dari perangkat digital kita tidak menyebabkan penyakit mata atau mata tegang. Keluhan-keluhan yang biasa diberikan orang-orang bersumber dari penggunaan perangkat digital yang berlebihan.

Sementara menurut Association of Optometrists di Inggris berpendapat tidak cukup bukti yang kuat dan berkualitas untuk mendukung pendapat penggunaan kacamata ini dapat meningkatkan penglihatan dan kualitas tidur.

Pihak profesional tetap percaya manfaat kacamata anti radiasi komputer

Greg Rodgers, optician senior di Eyewor, Georgia, Amerika Serikat mengatakan dirinya telah melihat manfaat dari kacamata antiradiasi komputer di kalangan konsumennya.

The Vision Council sebagai pihak yang mewakili industri optik mengatakan kacamata khusus adalah satu taktik untuk mengurangi kelelahan di mata.

Samuel Pierce, OD, mantan Presiden American Optometric Association merekomendasikan penggunaan teknologi ini untuk mengurangi keletihan pada mata.

Pengguna gawai butuh kacamata antiradiasi komputer

Dr. Sheri Rowen, MD, FACS, Dewan Penasihat Eyesafe Vision Health mengatakan memakai kacamata ini sangat diperlukan terlepas dari berapa lama kamu di depan komputer.

Kacamata antiradiasi komputer sangat bermanfaat bagi kamu yang menghabiskan banyak waktu di malam hari menatap gawai. Layar digital adalah sumber utama sinar biru yang secara spesifik digunakan tubuh untuk mengatur tidur.

Kapanpun kamu pakai gawai digital kamu, terutama saat malam hari, kamu sedang memberitahu otak lewat konsumsi sinar biru di mata untuk tetap terjaga.

Oleh karena itu, Rowen berpendapat penting untuk melindungi dirimu dengan menggunakan kacamata ini. Menurut Rowen, banyak penelitian yang menunjukan penggunaan kacamata pelindung 3-4 jam sebelum tidur membantu tidurmu lebih baik dan nyenyak.

Cara kerja kacamata antiradiasi komputer

Kacamata ini bekerja dengan menyaring sinar biru dengan menghalangi pancaran dari bagian khusus sinar atau panjang gelombang yang dapat berbahaya bagi mata.

Lensa juga dirancang untuk membantu mengurangi terjadinya kelelahan pada mata karena pancaran dari layar digital. Serta dibentuk untuk menghindari terganggunya jam biologis waktu tidur kamu.

Lensa kacamata ini biasanya berwarna kuning pucat untuk menghalangi sinar biru sambil mengatur panjang gelombang cahaya yang mengganggu jam biologis kamu.

Cara lain mengurangi dampak radiasi pada mata

Apabila kamu tidak yakin akan kacamata antiradiasi komputer, kamu bisa melakukan beberapa langkah saat sedang berada di depan layar gawaimu.

Salah satunya adalah penerapan pola 20-20-20 saat menggunakan komputer. Pola ini mengajarkan kamu untuk melihat sebuah objek dalam jarak 20 kaki (kurang lebih 6 meter) selama 20 detik dan setiap 20 menit sekali.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Aao.org (2017) diakses 06 Mei 2020. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/are-computer-glasses-worth-it
  2. Webmd.com (2019) diakses 06 Mei 2020. https://www.webmd.com/eye-health/news/20191216/do-blue-light-glasses-work
  3. Allaboutvision.com (2019) diakses 06 Mei 2020. https://www.allaboutvision.com/eyeglasses/blue-light-glasses/
  4. Health.clevelandclinic.org (2020) diakses 06 Mei 2020. https://health.clevelandclinic.org/do-blue-light-blocking-glasses-actually-work/
    register-docotr