Info Sehat

Jangan Anggap Remeh, Posisi Duduk yang Salah Bisa Merusak Postur Tubuh!

July 1, 2020 | Husni Efendi
feature image

Saat kamu bekerja, seringkali tidak sadar kamu akan duduk dalam posisi yang salah. Hati-hati, kebiasaan ini dalam jangka panjang bisa merusak postur tubuh, lho.

Salah satu tandanya yakni sering nyeri sendi. Kamu juga sering mengalaminya?

Ingat ya, posisi duduk juga melibatkan ketidaksesuaian jarak antara tubuh dengan komputer. Bisa juga pengaturan posisi kursi dan meja yang tidak seimbang, serta posisi kepala dan mata saat melihat layar komputer yang kurang tepat.

Efek buruk posisi duduk yang salah 

Nah, apa saja ya sebenarnya efek buruk kebiasaan duduk dengan posisi yang salah terhadap postur tubuh? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Mengubah postur tulang belakang

Posisi duduk yang tidak benar bisa berakibat buruk pada posisi tulang belakang, apalagi jika posisi salah duduk dialami dalam waktu bertahun-tahun. Hal ini bisa membuat tulang belakang mendapat banyak tekanan dan bisa menjadi bungkuk.

Jika hal itu terjadi, perubahan postur tubuh yang buruk dan menyebabkan rasa sakit jangka panjang bisa dialami.

Memicu mudah lelah

Posisi duduk yang salah juga bisa memunculkan mudahnya badan merasa kelelahan dan pegal. Hal ini biasanya menjadi salah satu gejala yang paling umum terjadi dari akibat posisi duduk yang tidak benar.

Pencegahannya kamu dapat melakukan dengan mengurangi duduk dan memperbanyak bergerak. Atau kamu juga bisa mencoba berdiri jika harus menerima telepon, atau atur posisi berdiri sekian jam sekali saat kamu bekerja.

Membuat tidak nyaman dan stres

Posisi duduk yang tidak benar dalam durasi waktu yang lama juga dapat menyebabkan pernapasan menjadi buruk, dan jika ini terjadi, tentu dapat mempengaruhi sistem saraf. Membuat kondisi sangat nyaman, dan pada akhirnya meningkatkan stres.

Mengganggu sistem pencernaan

Akibat dari posisi duduk yang tidak benar dan dalam jangka waktu yang panjang, juga bisa menjadi penyebab gangguan organ pencernaan kamu. Salah satunya yakni fungsi kerja pencernaan yang tidak efisien.

Jika hal itu terjadi, lama-kelamaan bisa memicu sembelit dan ketidaknyamanan saat buang air besar.

Cara menghindari posisi duduk yang salah

Setelah kamu mengetahui hal buruk dari posisi duduk yang tidak benar, yuk mulai ubah kebiasaan posisi duduk yang salah. Dilansir Medical News Today, berikut beberapa cara menghindari posisi duduk yang salah:

Layar komputer lurus dengan pandangan mata

Selain lurus, kepala tidak menunduk atau menengadah, pandangan mata juga jangan terlalu dekat. Posisi layar komputer juga lurus dengan arah pandangan mata.

Saat kepala kamu menengadah atau menunduk melihat layar komputer, hal tersebut bisa memberi tekanan berlebih pada leher, yang membuat leher jadi gampang pegal.

Kemiringan standar untuk melihat layar monitor adalah 20 derajat, dengan jarak layar kurang lebih 40-75 cm dari mata.

Gunakan kursi yang sesuai

Yang juga perlu diperhatikan supaya posisi duduk tidak salah adalah faktor kursi yang kamu pakai. Ini menjadi penting untuk tahu apa jenis kursi yang kamu gunakan saat beraktivitas seharian di depan layar komputer.

Menggunakan kursi ergonomis disarankan untuk posisi duduk yang nyaman dan benar saat kamu bekerja, karena bisa disesuaikan dengan posisi meja, dan posisi mata terhadap layar komputer bisa sejajar.

Selain itu, kursi ini juga memiliki sandaran punggung yang membuat kamu lebih nyaman.

Atur jarak duduk

Untuk posisi duduk yang benar, upayakan posisi kursi berjarak sekitar 38-55 cm dari lantai dan meja berukuran sekitar 72-75 cm dari lantai. Posisi tubuh sebaiknya tetap tegak dengan kemiringan sekitar 90-100 derajat.

Penting untuk mengupayakan posisi duduk kamu benar saat bekerja, karena duduk saat bekerja biasanya memerlukan waktu yang lama.

Jika posisi duduk yang tidak benar saat bekerja terjadi dalam waktu bertahun-tahun, efeknya bisa buruk untuk kesehatan dan juga postur tubuh yang terlihat menjadi bungkuk.

Hindari durasi duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama tidak disarankan untuk kesehatan. Setidaknya beri jeda setiap satu jam sekali, kamu bisa menyelingi dengan berdiri selama beberapa menit atau sekadar berjalan mengambil air minum.

Saat rehat dari duduk, kamu juga bisa melakukan peregangan kaki atau stretching.

Segera konsultasikan dengan dokter tulang, jika kamu sering merasakan pegal atau nyeri pada bagian tulang belakang atau leher, apalagi jika pekerjaan yang kamu lakukan mengharuskan untuk selalu banyak duduk.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

– Medicalnewstoday.com, Sitting positions for good posture, diakses 26 Juni 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321863#tips-for-sitting-posture-at-a-computer

 

– Nhs.uk, How to sit at your desk correctly, diakses 26 Juni 2020

https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/how-to-sit-correctly/

 

– 100percentchiropractic.com, HOW BAD POSTURE CAN IMPACT YOUR HEALTH, diakses 26 Juni 2020

https://100percentchiropractic.com/how-bad-posture-can-impact-your-health/

 

– Healthfacts.ng, Negative Effects of Bad Sitting Postures, diakses 26 Juni 2020

https://healthfacts.ng/negative-effects-of-bad-sitting-posture/

    register-docotr