Info Sehat

Ingin Tampil Cantik, Tapi Pakai Eyelash Extension Terus-menerus Apa Efek Sampingnya?

October 24, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Saat ini pasang bulu mata palsu telah menjadi bagian dari banyak perawatan kecantikan wanita selama beberapa dekade, tetapi tren baru tersebut adalah ekstensi bulu mata semi permanen. Tetapi tahukah kamu bahaya apa saja yang mengintai ketika rutin melakukan eyelash extension?

Baca Juga: Ingin Bulu Mata Panjang dan Sehat? Simak, Begini Cara Alami yang Bisa Dilakukan!

Apa itu eyelash extension?

Dulu kebanyakan wanita menggunakan bulu mata palsu dengan cara memberikan lem di bagian kelopak mata. Namun zaman yang serba modern ini muncul sebuah bulu mata palsu yang dipakai secara permanen yaitu eyelash extension

Eyelash extension merupakan proses untuk mempercantik tampilan bulu mata dengan memasangkan helaian bulu mata palsu dan membuatnya tampak lentik secara semipermanen tanpa maskara atau lem di bagian kelopak mata. 

Tidak seperti menggunakan bulu mata palsu yang dapat langsung ditempelkan ke bagian kelopak mata dengan menggunakan lem, eyelash extension dipasangkan langsung kepada bulu mata alami satu per satu. Proses pemasangannya pun  dapat memakan waktu hingga 2-3 jam.

Efek samping pakai eyelash extension 

Memang benar bahwa cara ini dapat membuat kamu tampak cantik, namun jangan disepelekan bahwa eyelash extension juga dapat menimbulkan efek samping yang mungkin terjadi.

Lem yang digunakan dalam eyelash extension misalnya, dapat menimbulkan iritasi jika tidak menggunakan lem khusus. 

Efek sampingnya mungkin tidak langsung terlihat secara instan, biasanya baru akan terlihat sekitar tiga hari setelah perawatan. Tak hanya iritasi kamu mungkin akan mengalami gatal, mata merah, ruam, nyeri, iritasi pada kelopak mata, hingga bengkak.

Pada sebagian orang, eyelash extension bahkan juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Jika sudah begini, maka kamu harus segera melepaskan bulu mata tersebut dengan bantuan ahli.

Gejala alergi biasanya akan muncul beberapa jam setelah perawatan, yang ditandai dengan salah satu atau kedua mata akan tampak merah, gatal, berair, dan bengkak.

Dilansir dari Eyes Australiand berikut ini deretan efek samping jika terlalu sering menggunakan eyelash extension

1. Keratoconjunctivitis

Infeksi atau peradangan pada kornea dan konjungtiva, akibat lem atau bahan penghilang yang bocor ke mata selama proses aplikasi dan pengangkatan.

2. Blepharitis alergi

Radang kelopak mata, akibat reaksi alergi terhadap lem, terutama formaldehida dalam lem, atau alergi terhadap pita pengikat kelopak mata yang digunakan selama prosedur.

3. Erosi konjungtiva

Dari pita pengikat kelopak mata dan risiko perdarahan sub-konjungtiva (perdarahan di bawah konjungtiva) akibat kompresi pada mata selama pelepasan ekstensi bulu mata. 

4. Traksi alopecia

Bulu mata alami yang rontok akibat perawatan extension bulu mata yang berulang-ulang. Dalam beberapa kasus, bulu mata mungkin tidak tumbuh kembali sama sekali.

Selain itu, perawatan ini juga dapat membuat bulu matamu tampak menipis atau bahkan pecah. Meski begitu, efek samping yang satu ini sebenarnya dapat dihindari dengan tidak menggosok atau menarik bulu mata.

Baca Juga: Sambung Bulu Mata demi Mata Indah: Eits, Waspadai Efek Sampingnya Bisa Picu Gatal hingga Infeksi

Tips jika ingin melakukan eyelash extension

Kamu wajib tahu, bahwa pemasangan eyelash extension sama seperti gigi karena tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebelum menjalani tanam bulu mata, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan terapis yang melakukan tanam bulu mata, sudah mencuci tangan sebelum melakukan tindakan. 
  • Pastikan alat-alat yang digunakan higienis dan steril.
  • Minta terapis untuk tidak menggunakan lem yang mengandung formaldehida. Hal ini sangat penting karena kebanyakan lem yang digunakan mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi. 
  • Ketika bulu mata terpasang, perhatikan gejala-gejala yang timbul seperti nyeri atau gatal. Jika terjadi sejumlah gejala tersebut, segera kembali ke tempat pemasangan bulu mata palsu dan mintalah untuk melepaskannya kembali. 
  • Agar dapat mencegah alergi setelah pemasangan eyelash extension , kamu bisa melakukan tes alergi terlebih dahulu. 
  • Hindari mengucek mata setelah penanaman bulu mata, karena dapat menyebabkan goresan pada permukaan mata dan menyebabkan iritasi

Banyak orang bilang bahwa untuk tampil cantik membutuhkan usaha ekstra tersendiri. Namun jangan sampai upaya tersebut mengorbankan kesehatan, ya. Melakukan eyelash extension atau tidak, kembali jadi diri sendiri. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Yesataustralind.com.au  (2018) diakes pada 22 Oktober 2020. Eyelash Extensions – what are the risks for your eyes? 
  2. Cosmopolitan.com (2020) diakses pada 22 Oktober 2020. Eyelash Extensions 101: Everything You Need to Know Before Your Appointment
  3. Ottawacitizen.com (2018) diakses pada 22 Oktober 2020. Know the risks: Eyelash extensions can cause serious eye health issues
    register-docotr