Info Sehat

Tips Menikmati Hari Tua Tetap Sehat dan Produktif Bisa Sejak Dini

September 8, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Menua adalah keniscayaan, tapi tidak semua orang yang bisa menikmati masa tuanya. Salah satu tantangan terberat adalah memiliki kesehatan yang memadai agar masa tua dapat dinikmati tanpa harus sakit-sakitan.

Menua dengan sehat (healthy ageing) adalah idaman semua orang. Setiap orang berhak mendapatkan hidup yang panjang dan tetap sehat, akan tetapi ada beberapa faktor penghambat seperti lingkungan dan pola hidup yang salah pada saat masih muda.

Apa itu healthy ageing?

Bulan September ini adalah bulan healthy ageing. Gagasan ini sudah ada sejak generasi baby boomers memasuki usia 50 tahun. 

Pada intinya, bulan ini dijadikan momentum agar semua orang, baik yang menuju usia tua dan yang sudah menginjak usia lanjut, tidak lupa untuk menjaga kesehatan fisik, mental, sosial dan finansial mereka.

Yuk, pahami tentang kehidupan yang sehat di masa tua ini.

Apa itu healthy ageing?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan healthy ageing ini sebagai proses pengembangan dan mempertahankan kemampuan fungsional yang dapat membuat kamu tetap sejahtera di usia tua.

Kemampuan fungsional ini adalah kemampuan yang memungkinkan semua orang untuk menjadi ataupun berbuat sesuatu yang menurut mereka berharga. Seperti:

  • Memenuhi kebutuhan dasar mereka
  • Belajar, tumbuh dan membuat sebuah keputusan
  • Untuk bergerak
  • Untuk membuat dan mempertahankan sebuah hubungan
  • Berkontribusi terhadap lingkungan sosial

Setidaknya ada dua kunci dari healthy ageing yang membentuk kemampuan fungsional seseorang, yaitu:

Kecakapan dasar

Ini adalah seluruh kecakapan yang seseorang miliki, meliputi kecakapan mental dan fisik seperti kemampuan untuk berjalan, berpikir, melihat mendengar dan mengingat. 

Level dari kecakapan dasar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penyakit, cedera dan perubahan karena usia.

Lingkungan

Kunci healthy ageing ini antara lain lingkungan tempat tinggal, komunitas, dan kelompok yang lebih besar. Faktor-faktor ini termasuk interaksi sosial yang terjadi di dalamnya, seperti hubungan kamu dengan orang lain, sikap dan nilai kamu di lingkungan serta kesehatan.

Berada di sebuah lingkungan yang mendukung dan membuat kamu mampu menjaga kecakapan dasar dan kemampuan fungsional inilah yang menjadi kunci dari healthy ageing.

Populasi menua di Indonesia

Indonesia sedang memasuki masa di mana populasi secara keseluruhan sedang menua. Kementerian Kesehatan menilai hal ini disebabkan oleh peningkatan umur harapan hidup sehingga jumlah lanjut usia (lansia) pun meningkat. 

Dari laman yang sama, disebutkan kalau jumlah lansia di Indonesia mencapai 18 juta jiwa pada tahun 2010. Lalu naik menjadi 25,9 juta pada tahun 2019 dan diperkirakan akan terus meningkat menjadi 48, 2 juta jiwa pada tahun 2035.

Pada tahun 2019, persentase lansia di Indonesia sudah mencapai 9,7 persen. Jumlah ini masih lebih baik daripada negara-negara maju yang rata-rata sudah mencapai lebih dari 10 persen, bahkan Jepang sendiri sudah melebihi 30 persen.

Usia dan timbulnya masalah kesehatan

Tantangan untuk tetap dapat mempertahankan level kecakapan dasar seiring bertambahnya usia adalah penyakit. Itu sebabnya, Kemenkes menaruh perhatian khusus pada kesehatan lansia dan menyebut jika semua masyarakat harus memerhatikan kebutuhan para lansia.

Sekjen Kemenkes, drg. Oscar Primadi, MPH dalam laman tersebut menyatakan perhatian kepada lansia ini untuk menjamin agar mereka dapat tetap aktif, mandiri, sehat dan produktif. Salah satu kunci untuk mencapai hal itu adalah dengan penguatan peran keluarga.

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018 yang dilansir dalam laman Kemenkes.go.id, penyakit terbanyak yang terjadi pada lansia adalah penyakit tidak menular seperti:

Sementara penyakit menular yang banyak menimpa lansia adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), diare dan pneumonia.

Memastikan kesehatan di usia tua

Di Indonesia, memastikan kesehatan bagi para lansia diperkuat dengan fasilitas kesehatan. Setidaknya, sampai tahun 2018 sudah ada 48,4 persen puskesmas yang telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan santun lansia.

Sebenarnya, memastikan lansia tetap sehat merupakan kewajiban bagi semua orang. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BMC Public Health yang meneliti healthy ageing di Indonesia menyebut ada pengaruh modal sosial dengan beberapa kesehatan para lansia.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Who.int diakses 08 September 2020. What is Healthy Ageing?
  2. Healthyaging.net diakses 08 September 2020. Celebrate September Is Healthy Aging® Month By Reinventing Yourself!
  3. Kemkes.go.id (2019) diakses 08 September 2020. Indonesia Masuki Periode Aging Population
  4. Ncbi.nlm.nih.gov (2016) diakses 08 September 2020. Social capital and healthy ageing in Indonesia
    register-docotr