Info Sehat

Kenapa Gigi Bisa Sensitif Setelah Scaling? Ini Penjelasannya!

November 21, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Merasakan gigi sensitif setelah scaling merupakan hal yang normal. Biasanya, kondisi ini akan terjadi selama beberapa hari setelah kunjungan kamu ke dokter gigi.

Gigi sensitif setelah scaling ini bisa terjadi pada siapa saja. Bukan hanya pada mereka yang memang memiliki masalah gigi sensitif.

Apakah gigi sensitif setelah scaling ini normal?

Setelah scaling, kamu bisa mengalami nyeri selama satu atau dua hari, serta gigi sensitif selama beberapa hari sampai seminggu. Kondisi ini normal, bahkan bisa saja gusi kamu mengalami pembengkakkan, terasa lunak hingga berdarah.

Gigi menjadi sensitif karena pada saat proses scaling terjadi kontak antara alat yang dipakai oleh dokter untuk scaling dengan gusi yang inflamasi sehingga menyebabkannya menjadi mudah berdarah.

Selain itu, scaling juga membuka area gigi yang tadinya tertutup karang dan tidak terlindungi enamel. Sehingga, bagian gigi ini membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan sensitivitas yang baru.

Gigi sensitif yang kamu rasakan setelah scaling ini seharusnya berlangsung tidak lebih dari seminggu. Jika kamu menyikat gigi dengan hati-hati dan rutin, maka gusi yang ikut bengkak dan berdarah setelah scaling pun akan lebih sehat dan perdarahannya akan berhenti.

Tips makan saat gigi sensitif

Gigi sensitif setelah scaling memang tidak nyaman. Kamu mungkin akan mengalami pengurangan nafsu makan. 

Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lunak terlebih dahulu. Di samping itu, kamu juga harus menghindari makanan atau minuman yang panas atau dingin untuk mengurangi ketidaknyamanan yang timbul di gigi.

Cobalah makanan yang lunak seperti mashed potatoes, yogurt, dan saus apel. Makanan seperti roti atau nasi bisa kembali kamu konsumsi setelah beberapa waktu, jangan terburu-buru.

Dalam waktu dua atau tiga minggu, barulah kamu bisa makan dan mengunyah makanan keras lagi dengan nyaman.

Bagaimana mengatasi gigi sensitif setelah scaling?

Untuk mengatasi gigi sensitif pascascaling, kamu bisa menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Kamu pun harus menghindari penggunaan produk pemutih gigi sebelum dan sesudah scaling.

Efek dari pasta gigi untuk gigi sensitif biasanya membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk bisa kamu rasakan. Apabila hingga waktu ini gigi sensitif kamu tidak juga kunjung sembuh, maka coba hubungi dokter gigi lagi, ya!

Jika kamu memiliki gigi sensitif dan memberitahukan hal ini pada dokter, maka dokter bisa merekomendasikan fluoride varnish untuk gigi kamu untuk mengurangi efek sensitivitas yang bisa timbul pascascaling.

Cara membuat scaling berikutnya lebih terasa nyaman

Untuk mencegah gigi sensitif pascascaling ini terulang kembali, kamu harus mempraktikkan kesehatan gigi dan mulut yang baik. Kamu bisa mulai dengan memastikan gigi disikat dua kali sehari selama dua menit penuh.

Untuk memastikan sikat gigi yang kamu lakukan benar-benar selama dua menit, cobalah manfaatkan fitur stopwatch yang terdapat di ponsel kamu. 

Berhati-hatilah saat menyikat area pertemuan gigi dan gusi. Agar lebih mudah dan aman, kamu bisa menggunakan sikat gigi elektrik jika kamu mau.

Yang perlu kamu ingat, gigi sensitif ini tidak boleh kamu alami lebih dari sebulan. Karena itu, jika di minggu ketiga atau keempat setelah scaling kamu masih merasa tidak nyaman, segeralah berkunjung ke dokter.

Jangan malas scaling

Gigi sensitif, gusi menjadi bengkak dan berdarah memang merupakan salah satu risiko setelah scaling. Tapi, kondisi ini jangan lantas membuat kamu mengurungkan niat untuk ke dokter gigi.

Setiap orang akan mengalami penumpukan plak di gigi. Air liur, bakteri dan protein di mulut dapat membentuk satu lapisan tipis yang menyelimuti mulut sepanjang waktu.

Terkadang, sikat gigi, menggunakan mouthwash hingga benang gigi tidak cukup. Karena itu, kamu harus rutin memeriksakan diri ke dokter gigi supaya terhindar dari masalah yang justru nantinya merugikan kesehatan gigi dan mulut.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang gigi sensitif yang bisa kamu alami setelah scaling. Selalu praktikkan kesehatan gigi dan mulut yang baik supaya kamu terhindar dari penyakit gigi dan efek scaling yang bisa mengganggu kenyamanan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Monarch dental, diakses 11 November 2020. What is periodontal disease?
  2. Salvaggio Dentistry, diakses 11 November 2020. IS TOOTH SENSITIVITY AFTER A DENTAL CLEANING NORMAL?
  3. American Dental Association, diakses 11 November 2020. Scaling and Root Planing
  4. 123Dentist, diakses 11 November 2020. What is Scaling?
  5. Rebol Dental, diakses 11 November 2020. WHY ARE YOUR TEETH SENSITIVE AFTER A TEETH CLEANING?
    register-docotr