Info Sehat

Fungsi Pankreas yang Penting bagi Tubuh, Kenali Baik-baik agar Tak Kena Diabetes

June 25, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Pankreas merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam sistem pencernaan manusia. Berikut penjelasan mengenai fungsi pankreas bagi tubuh!

Fungsi pankreas

Pada umumnya, terdapat 2 fungsi pankreas bagi tubuh yaitu fungsi eksokrin dan fungsi endokrin, berikut penjelasannya:

Fungsi eksokrin pankreas

Di tubuh manusia memiliki kelenjar eksokrin, yaitu kelenjar yang menghasilkan satu produk yang dialirkan melalui saluran ke jaringan tubuh lainnya. 

Fungsi pankreas sebagai kelenjar eksokrin adalah memproduksi enzim yang didistribusikan ke saluran pencernaan. Setiap enzim yang dihasilkan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Beberapa enzim pencernaan yang dihasilkan antara lain adalah enzim amilase yang mampu menguraikan karbohidrat, enzim lipase yang menguraikan lemak, serta enzim tripsin yang membantu menguraikan protein.

Fungsi endokrin pankreas

Pankreas sebagai kelenjar endokrin berfungsi untuk memproduksi hormon insulin, hormon glukagon serta hormon samatostanin dan polipeptida.

Yang mana fungsi hormon insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara mengikat glukosa dalam darah, lalu menyalurkannya ke seluruh tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi. 

Sedangkan hormon glucagon bertugas untuk menaikkan kadar gula dalam darah dengan cara mengubah glikogen dalam hati menjadi glukosa.

Yang memiliki dalam penyerapan glukosa menjadi glikogen dalam hati adalah hormon insulin. Jadi, kedua hormon ini memang bekerjasama untuk menjaga kestabilan gula dalam darah. 

Sedangkan hormon somatostatin dan polipeptida adalah hormon yang berperan dalam pelepasan hormon insulin dan glukagon.

Jadi secara umum fungsi pankreas adalah untuk membantu proses pencernaan melalui enzim yang dihasilkannya dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah melalui hormon yang dihasilkannya.

Gangguan kesehatan pada fungsi pankreas

Gangguan pada pankreas juga bisa menyebabkan beberapa penyakit yang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan atau kerusakan pada pankreas, antara lain:

Diabetes

Diabetes merupakan kelompok penyakit yang berkaitan dengan masalah pada hormon insulin.

Masalah tersebut, seperti pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin yang cukup, tubuh tidak dapat menggunakan insulin sebagaimana mestinya, atau kombinasi keduanya.

Jenis diabetes:

Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun. Diabetes ini terjadi jika sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel beta di pankreas, sehingga organ tersebut tidak dapat memproduksi insulin.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 diawali oleh resistensi tubuh terhadap insulin, yang membuat tubuh tidak mampu menggunakan hormon tersebut dengan efisien. Kondisi dimana memancing pankreas menghasilkan ekstra insulin, hingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tubuh lagi.

Pankreastitis

Pankreatitis merupakan penyakit yang ditandai dengan peradangan pankreas akut dan kronis. Peradangan bisa terjadi jika saluran utama dari pankreas tersumbat oleh batu empedu atau tumor. 

Penyumbatan ini menyebabkan jus pankreas terakumulasi di organ ini, sehingga dapat merusak pankreas. Pankreatitis juga dikenal sebagai komplikasi yang berhubungan dengan gondok, penggunaan alkohol, steroid, trauma, dan obat-obatan.

Kanker pankreas

Kondisi ini terjadi karena pertumbuhan sel kanker pada pankreas. Kasus kanker pankreas, yang paling sering terjadi, yakni sel kanker yang tumbuh pada saluran pankreas.

Tidak hanya itu saja, sel kanker dapat tumbuh di bagian eksokrin maupun endokrin pankreas. Kanker pankreas seringkali sulit untuk dideteksi, karena gejalanya sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Biasanya banyak kasus terjadi dimana saat didiagnosis dokter, kanker pankreas sudah berada dalam fase yang parah. Jadi usahakan kamu jangan sampai terlambat untuk menanganinya ya.

Fibrosis kistik

Penyakit ini disebabkan oleh adanya gangguan genetik yang menimbulkan kelainan pada pankreas dan paru-paru. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit diabetes atau masalah pada pencernaan.

Pankreas pseudokista

Pseudokista merupakan kondisi dimana rongga berisi cairan dapat terbentuk setelah terjadinya serangan pankreatitis. Penyakit ini dapat diatasi dengan melakukan operasi bedah drainase atau pada sebagian penderita dapat sembuh dengan sendirinya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 22 Juni 2020. What Does the Pancreas Do?. 22 Juni 2020 pukul 20.30.
  2. medicalnewstoday.com (2017) diakses 22 Juni 2020. Pancreas: Functions and possible problems. 22 Juni 2020 pukul 21.10.

 

    register-docotr