Info Sehat

Bukan Hanya Melembapkan Udara, Ini Dia Fungsi Humidifier

July 2, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis dengan kelembapan udara yang cukup tinggi. Namun, bukan berarti kita tak membutuhkan humidifier untuk menjaga kelembapan udara tetap stabil. Bahkan banyak orang belum mengetahui apa saja fungsi humidifier.

Alat ini biasanya hanya dimanfaatkan untuk melembapkan ruangan ber-AC yang bisa membuat udara menjadi kering. Ketahuilah fungsi dan manfaat humidifier bagi kesehatan berikut ini!

Apa itu humidifier

Humidifier adalah perangkat yang mengeluarkan uap air untuk meningkatkan tingkat kelembapan di udara. Ada beberapa jenis:

  • Humidifier sentral.
  • Humidifier ultrasonik.
  • Humidifier impeller.
  • Evaporator.

Fungsi humidifier

Pada prinsipnya, fungsi humidifier memang untuk melembapkan udara yang kering. Maka, tak heran jika alat ini sering digunakan di ruangan ber-AC. 

Untuk bisa melembabkan udara, humidifier menyemprotkan uap air sampai tingkat kelembapan udara mencapai kisaran ideal. Udara yang lembab tentunya akan membawa keuntungan bagi orang yang memiliki gangguan pernapasan dan kulit kering.

Selain berfungsi untuk melembapkan udara yang kering, humidifier juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan alat pelembap udara ini.

Fungsi humidifier untuk kesehatan

Fungsi humidifier berkaitan dengan keuntungan menghirup udara yang lembap. Sebab, udara kering dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang berkaitan dengan kulit dan pernapasan. 

Banyak orang mengalami gangguan pernapasan ketika terpapar cuaca panas. Hal ini dikarenakan udara saat cuaca panas mengandung lebih banyak zat penyebab alergi.

Untuk mendinginkan udara, AC memang menjadi solusinya. Namun, menggunakan AC justru akan membawa dampak buruk karena dapat menghilangkan kelembapan udara.

Oleh karena itu, humidifier lebih sering digunakan di ruangan ber-AC untuk mencegah dampak buruk tersebut. Berikut manfaat humidifier bagi kesehatan.

1. Mencegah influenza

Fungsi humidifier salah satunya adalah dapat memperkecil kemungkinan seseorang tertular virus influenza. Sebuah studi mengungkapkan bahwa udara yang lembap mampu mengurangi risiko terkena flu.

Dalam studi tersebut, peneliti mencoba menambahkan virus influenza ke udara dengan simulasi batuk. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa tingkat kelembapan yang dihasilkan humidifier dengan cepat menonaktifkan partikel virus influenza.

2. Membantu mengeluarkan dahak saat batuk

Udara kering dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk kering. Maka, menambahkan kelembapan ke udara bisa membuat lebih banyak uap air masuk ke saluran pernapasan.

Dengan humidifier, udara akan menjadi lebih lembap dan mencegah batuk kering. Tahukah kamu, batuk kering membuat kita susah mengeluarkan dahak yang lengket.

3. Mengurangi dengkuran saat tidur

Fungsi humidifier sebagai pengatur kelembapan udara juga bisa membantu mengurangi dengkuran. Udara kering yang dihirup seseorang akan menyebabkan saluran pernapasan orang tersebut menjadi kering. Akibatnya, orang itu akan mendengkur saat tertidur. 

Oleh karena itu, meningkatkan kelembapan udara di malam hari dapat mengurangi dengkuran.

4. Menjaga kulit dan rambut tetap lembap

Selain bermanfaat bagi kesehatan, fungsi humidifier juga ternyata bisa merawat kelembapan kulit dan rambut seseorang. Udara yang kering dapat merusak kulit, rambut, hingga menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah.

Dengan menggunakan humidifier, kamu tak perlu khawatir lagi dengan masalah-masalah tersebut. Sebab, udara yang lembap berkat humidifier dapat membantu mengurangi terjadinya kulit kering dan pecah-pecah.

Humidifier juga bisa membantu mencegah kerusakan dan kerontokan rambut akibat udara kering.

5. Mencegah asma

Asma sering kali disebabkan karena saluran pernapasan yang terganggu. Dengan menghirup udara yang lembap dapat mengurangi resiko penyumbatan pada saluran pernapasan dan membantu mengatasi asma.

Menurut Akademi Alergi, Asma, dan Imunologi Amerika (AAAI), seseorang yang mengalami peningkatan gejala asma dikarenakan tingkat kelembapan udara kurang dari 30 persen. Tingkat kelembapan udara idealnya berada di kisaran 40-50 persen.

Humidifier adalah pilihan terbaik bagi orang-orang yang mengidap penyakit asma. Selain melembapkan udara, alat ini juga dapat mencegah virus terhirup saat kita bernapas.

Meski demikan, orang – orang dengan memiliki penyakit pernapasan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu untuk menentukan jenis humidifier yang aman digunakan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic (2018). Diakses 28/06/20.Humidifiers: Air moisture eases skin, breathing symptoms

Medical News Today (2018). Diakses 28/06/20. Benefits of using a humidifier

Medical News Today (2019). Diakses 28/06/20. When should I use a humidifier vs. a vaporizer?

    register-docotr