Info Sehat

Sering Dianggap Sepele, Ternyata Ini Penyebab Eosinofil Rendah

November 14, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ketika eosinofil rendah hal itu bisa menjadi pertanda adanya sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh. Penyebab utama dari eosinofil rendah pun bisa karena dua alasan.

Berikut ini penjabaran penyebab eosinofil rendah dan bagaimana mengatasinya.

Apa itu eosinofil?

Eosinofil adalah salah satu jenis sel darah putih. Dilansir dari Healthline, sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Mereka sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, dan parasit.

Sumsum tulang di dalam tubuh menghasilkan kelima jenis sel darah putih yang berbeda, satu di antaranya adalah eosinofil. Setiap sel darah putih hidup dari beberapa jam hingga beberapa hari dalam aliran darah.

Eosinofil disimpan di jaringan di seluruh tubuh, dan bertahan hingga beberapa minggu. Sumsum tulang terus mengisi kembali suplai sel darah putih tubuh.

Fungsi eosinofil meliputi beberapa faktor, seperti pergerakan ke area yang meradang, zat yang menjebak, membunuh sel, aktivitas anti-parasit dan bakterisidal, membantu reaksi alergi langsung, dan memodulasi respons inflamasi.

Kadar normal eosinofil

Jika kamu belum mengetahui normalnya kadar normal eosinofil pada orang dewasa adalah 500 eosinofil per mikroliter (mcl) darah. Namun, pada anak-anak, kadar eosinofil bisa beragam, tergantung dari usianya.

Perlu kamu ketahui bahwa ketika eosinofil melebihi 500 eosinofil per mcl darah, maka kamu sedang mengidap kondisi bernama eosinofilia, yang terbagi dalam tiga jenis:

  • Ringan (500-1.500 eosinofil per mcl darah)
  • Sedang (1.500-5.000 eosinofil per mcl darah)
  • Berat (5.000 lebih eosinofil per mcl darah)

Kadar eosinofil rendah dan efeknya

Sebaliknya, jika kadar eosinofil jauh di bawah 500 eosinofil per mcl darah, maka dapat disimpulkan bahwa tubuhmu sedang mengalami kondisi kekurangan kadar eosinofil.

Ini efek samping yang perlu kamu ketahui jika kadar eosinofil rendah. Yakni fungsi sistem imun tubuh akan terganggu.

Kemudian jika rendahnya kadar eosinofil disertai dengan menurunnya kadar sel darah putih lainnya, hal itulah yang perlu diwaspadai. Sebab, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada sumsum tulang.

Ada baiknya kamu segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar cepat mendapatkan penanganan yang tepat. 

Apa penyebab kadar eosinofil rendah? 

Pemicu terjadinya kadar eosinofil yang rendah, yaitu disebabkan karena dua hal utama yang harus diwaspadai. Yakni, penyalahgunaan alkohol dan produksi kortisol (hormon stres) yang berlebihan.

Kedua hal tersebut memang seringkali disepelekan, padahal menjadi pemicu utama terjadinya kadar eosinofil menurun. Berikut ini adalah penjelasan mengapa kedua hal tersebut dapat menyebabkan kadar eosinofil jadi rendah.

1. Penyalahgunaan alkohol

Perlu kamu ketahui ketika menyalahgunakan alkohol, juga dapat membuat kadar sel darah putih lainnya menurun. Di saat kadar eosinofil dan sel darah putih lainnya menurun, maka fungsi sistem imun tubuh dalam melawan infeksi akan terganggu.

2. Hormon kortisol berlebihan

Ketika jenis hormon ini berlebihan bisa menyebabkan kadar eosinofil menurun. Pada umumnya, produksi hormon kortisol yang berlebihan dapat disebabkan oleh penyakit sindrom Cushing.

Sindrom Cushing ini juga dikenal sebagai hiperkortisolisme, bisa membuat seseorang mengalami kenaikan kadar hormon kortisol dalam jangka waktu lama. Ini dapat disebabkan dari penggunaan obat kortikosteroid.

Tak hanya dua pemicu utama di atas saja, seseorang juga bisa mengalami eosinofil yang rendah saat bangun tidur. Sebab, kadar eosinofil rendah memang umum terjadi di pagi hari. Sedangkan di malam harinya, kadar eosinofil akan meningkat.

Namun ketika penyalahgunaan alkohol atau produksi hormon kortisol yang berlebihan tidak terbukti sebagai pemicu utama di balik turunnya kadar eosinofil dalam tubuh. Maka dapat disimpulkan bahwa eosinofil rendah yang kamu alami normal alias tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Kelebihan Sel Darah Putih: Faktor Penyebab dan Bahayanya bagi Tubuh

Cara mengatasi eosinofil rendah

Demi mengatasi kadar eosinofil yang rendah kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Kurangi konsumsi alkohol
  • Hindari menyimpan minuman alkohol di rumah
  • Jika ingin mengonsumsi alkohol, sangat disarankan untuk mencatatnya di sebuah jurnal sehingga memudahkan kamu untuk mengukur kadar alkohol yang sudah dikonsumsi.
  • Segera atasi sindrom cushing karena memicu kadar eosinofil rendah.
  • Terapi radiasi untuk pengobatan sindrom cushing.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2018) diakses pada 3 November 2020. Eosinophil Count: What It Is and What It Means
  2. Verywellhealth.com (2020) diakses pada 3 November 2020. An Overview of Eosinophilia 
    register-docotr