Info Sehat

Efektif Hilangkan Stres, Inilah Manfaat Mandi Air Panas untuk Kesehatan Tubuh

July 22, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Mungkin beberapa dari kamu mandi menggunakan air panas merupakan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Tapi apakah kamu tahu manfaat dari kebiasaaan tersebut?

Manfaat mandi air panas

Berikut ini adalah manfaat mandi air panas untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Menurunkan tekanan darah

Manfaat mandi air panas untuk kesehatan tubuh yang yang pertama dari adalah menurunkan tekanan darah. Mandi air panas dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. 

Tetapi sebaiknya, sebelum mandi atau berendam dengan air hangat, kamu yang memiliki masalah jantung berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena bisa meningkatkan denyut jantung.

Menghilangkan stres

Manfaat kedua untuk kesehatan lainnya adalah menghilangkan stres. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan air panas dapat membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin.

Hormon ini bertugas membuat perasaan kamu lebih senang dan positif. Kamu bisa berendam atau mandi dengan air hangat setelah selesai melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.

Baca juga: Sering Merasakan Stres? Bisa Jadi Kamu Kekurangan Vitamin D, Lho!

Mengatasi flu dan sakit kepala

Jika kamu mandi dengan air panas dapat membantu kamu meredakan flu dan sakit kepala. Dengan mandi air hangat, memungkinkan kamu untuk menghirup uap air sebagai dekongestan alami. Selain itu, mandi air hangat juga akan membantu melancarkan sirkulasi darah menuju otak.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu bisa menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk membuat efek yang lebih kuat lagi. 

Mengatasi susah tidur

Bagi kamu yang sedang mengalami sulit tidur, kamu bisa lakukan cara ini. Dengan mandi air hangat dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks.

Hal inilah yang akan membuat kamu menjadi lebih cepat mengantuk dan cepat tertidur.

Melembapkan kulit

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan mandi menggunakan air panas adalah melembapkan kulit. Ketika mandi dengan air panas, pori-pori kamu akan terbuka dan membantu membersihkan semua kotoran dan minyak yang menempel pada tubuh.

Tidak hanya itu, air panas juga dapat melembapkan kulit kamu dan membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal.

Menurunkan berat badan

Mandi dengan air panas secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah dan glukosa secara efektif pada penderita diabetes. Hal ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa mandi dengan air hangat ampuh membantu menurunkan berat badan.

Kamu bisa lakukan cara ini dengan berendam di air panas selama 20 higga 30 menit setiap harinya. Tetapi harus kamu juga harus menata pola hidup sehat agar mendapatkan hasil maksimal.

Mengurangi sakit kepala

Secara umum, sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Manfaat dari air panas ini kita dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan menyembuhkan sakit kepala kita.

Melepaskan racun

Dengan mandi air hangat dapat membantu meningkatkan sistem getah bening dalam tubuh yang menyebabkan kamu berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh itu akan membawa racun dan bakteri dari dalam tubuh.

Melindungi tulang, otot, dan sendi

Mandi air panas juga menghasilkan manfaat baik bagi persendian, otot, dan bahkan tulang. Faktanya, suhu air hangat membantu meredakan efek kondisi seperti osteoarthritis, tanpa menyebabkan eksaserbasi gejala atau efek merugikan lainnya.

Meningkatkan kecerdasan otak

Air panas juga dapat membantu menenangkan sistem saraf, sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tingkat stres dan kecemasan juga dapat berkurang secara signifikan, yang kemudian bisa memperbaiki suasana hati.

Selain itu, suhu dan juga tekanan air dapat meringankan tulang belakang dari setiap ketidaknyamanan atau rasa sakit, dan telah ditemukan untuk meringankan gejala penyakit parkinson.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr