Info Sehat

Diet Golongan Darah B: Anjuran dan Pantangan yang Perlu Kamu Tahu

May 30, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memilih jenis diet secara tepat bisa dilakukan berdasarkan golongan darah. Untuk diet golongan darah B, tentu akan berbeda dengan tipe golongan darah A, O atau AB.

Ide untuk mengembangkan diet berdasarkan golongan darah ini dikembangkan oleh naturopath Peter J. D’Adamo. Menurutnya setiap makanan yang dikonsumsi dapat berinteraksi secara kimiawi dengan golongan darah.

Jika kamu menjalani diet berdasarkan golongan darah, tubuh akan mencerna makanan secara lebih efisien.

Nah, berikut adalah panduan diet bagi kamu yang memiliki golongan darah B:

Makanan untuk golongan darah B

Jika kamu memiliki golongan darah B, kamu dapat mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan semua jenis daging kecuali ayam dan daging babi. Kamu juga bisa makan produk-produk olahan susu.

Sementara, makanan yang harus dihindari adalah gandum, jagung, kacang-kacangan serta tomat.

Makanan untuk menaikan berat badan

Bagi golongan darah B, untuk menaikan berat badan kamu dapat mengonsumsi jagung, gandum, soba kacang-kacangan, tomat, kacang dan biji wijen.

Masing-masing dari makanan itu memengaruhi efektivitas proses metabolik yang menghasilkan rasa letih, retensi cairan, dan hipoglikemia yang mengakibatkan penurunan drastis gula darah.

Gula darah yang tidak normal menunjukan jika makanan tersebut tidak cocok untuk golongan darah B. Makanan yang tepat akan membuat gula darah tetap normal setelah kamu mengonsumsinya.

Hindari daging ayam

Makanan lain yang perlu dihindari bagi golongan darah B adalah daging ayam. Karena daging ini mengandung lektin yang menggumpal dan saling mengikat di jaringan ototnya.

Meski daging ayam ini merupakan daging yang mengandung sedikit lemak, akan tetapi yang perlu menjadi perhatian adalah kemampuan dari lektin yang dapat menyerang aliran darah kamu dan potensinya untuk menyebabkan stroke dan kelainan imun.

Makanan untuk menurunkan berat badan

Setelah kamu tahu makanan apa saja yang dapat menaikan berat badan maka yang berikut ini adalah makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Salah satu yang paling efektif adalah sayur-sayuran, telur dan produk susu olahan rendah lemak. Diet akan lebih maksimal jika kamu mengonsumsi makanan tersebut.

Makanan optimal

Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa makanan yang bisa mengoptimalkan diet kamu dan juga yang harus kamu hindari bagi golongan darah B:

Daging dan unggas

Jenis makanan yang bermanfaat untuk kamu adalah domba dan kelinci, sedangkan daging sapi dan kalkun tergolong netral untuk kamu.

Sementara daging babi, ayam dan bebek adalah daging-dagingan yang berbahaya dan tidak boleh dikonsumsi bagi golongan darah B.

Makanan laut

Ikan kod, ikan perak, ikan makarel, salmon dan sarden merupakan makanan yang tepat dan bermanfaat untuk bagi golongan darah B.

Sedangkan ikan mas, ikan haring, ikan trout, cumi serta ikan putih merupakan jenis makanan netral untuk kamu.

Jauhi ikan teri, remis, kepiting, lobster, gurita, kijing, tiram, udang dan siput yang merupakan makanan berbahaya untuk golongan darah B.

Telur dan susu

Keju cottage, keju reguler, keju feta, susu kambing, kefir, mozarella serta keju ricotta adalah jenis makanan yang direkomendasikan.

Sementara mentega, buttermilk, keju cheddar, keju krim, keju edam, keju gouda, keju parmesan, keju provolone, produk kedelai, air dadih dan susu murni merupakan makanan yang tidak menghasilkan dampak apa-apa bagi golongan darah B.

Yang terpenting, kamu harus hindari keju amerika, keju biru dan ice cream karena makanan ini tidak cocok untuk golongan darah B.

Buah

Buah pisang, cranberry, anggur, pepaya, nanas dan prem sangat direkomendasikan untuk golongan darah B.

Sementara buah apel, beri, kismis, kurma, ara, jeruk bali merah, kiwi, lemon, mangga, melon, jeruk, persik, pir dan jeruk limau tidak memberikan dampak khusus. Sedangkan, buah seperti kelapa, delima serta rhubarb adalah buah yang perlu kamu hindari.

Sayuran

Buah bit, brokoli, kubis, wortel, kembang kol, terung, jamur shitake, paterseli, lada, ubi dan brussel sprout sangat bermanfaat bagi golongan darah B.

Sedangkan asparagus, bok choy, seledri, timun, adas sowa, bawang putih, jahe, lobak pedas, selada, jamur, bawang bombay, kentang, rumput laut, bayam, squash dan zucchini tidak memberikan dampak khusus untuk kamu.

Jauhi alpukat, jagung, zaitun, labu, lobak, tofu, dan tomat karena makanan ini termasuk berbahaya untuk golongan darah B.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2017) diakses 28 Mei 2020. https://www.healthline.com/nutrition/the-blood-type-diet-review#section2
  2. Dadamo.com (2019) diakses 28 Mei 2020. http://www.dadamo.com/txt/index.pl?1006
  3. Integrative.ca (2018) diunduh 28 Mei 2020. https://integrative.ca/uploads/Resources-PDF/18-05-03-Integrative-Handout-Blood-Type-B-Food-List.pdf
  4. Webmd.com (2018) diakses 28 Mei 2020. https://www.webmd.com/diet/a-z/blood-type-diet
    register-docotr