Info Sehat

Bukan Sekadar Mitos, Ini Manfaat Daun Salam untuk Asam Urat

July 26, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Daun salam merupakan bahan alami yang seringkali dijadikan sebagai bahan penyedap masakan. Tidak hanya itu saja, ternyata ada juga manfaat daun salam untuk asam urat, lho.

Supaya manfaatnya bisa maksimal, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 9 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Ditemukan di Dapur, Nomor 7 Paling Mudah!

Manfaat daun salam untuk asam urat

Daun salam memiliki bentuk yang tidak terlalu lebar dan agak menguncup pada bagian unjungnya. Banyak orang yang memanfaatkan daun ini sebagai tambahan bahan masakan karena aromanya yang khas dan tentu saja mampu menggugah selera.

Manfaat daun salam untuk asam urat dikenal karena ada berbagai kandungannya yang khas. Termasuk seperti a-pinene, myrcene, limonene, linalool, metil chavicol, neral, a-terpineol, geranyl asetat, eugenol, dan chavicol.

Senyawa ini diketahui berkhasiat sebagai antiseptik, antioksidan, dan baik bagi kesehatan pencernaan.

Di dalam tubuh manusia terkandung zat putin yang jika bertumpuk akan berdampak pada timbulnya asam urat. Cara mendapatkan manfaat daun salam untuk asam urat bisa dilakukan dengan cara:

  • Siapkan daun salam sebanyak 25 lembar
  • Siapkan air sebanyak 500 ml
  • Kemudian rebus daun salam dan air hingga mendidih
  • Tunggu hingga air menyusut sampai setengahnya
  • Lalu minum air rebusan daun salam selagi hangat
  • Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Manfaat lain daun salam untuk kesehatan

Tidak hanya dijadikan sebagai obat asam urat, tetapi ada juga manfaat lain yang bisa didaparkan dari daun salam, antara lain:

Mengatasi masalah pencernaan

Daun salam memiliki khasiat yang cukup baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan mual. Jika merasa mual dan sakit perut, kamu bisa meminum rebusan air daun salam untuk meredakannya. 

Caranya kamu dapat mengombinasikan air rebusan daun salam dengan lemon dan gula agar rasanya semakin nikmat.

Perawatan kesehatan rambut

Daun salam yang telah diekstrak menjadi minyak sangat baik untuk kesehatan rambut dan secara efektif membantu dalam mengatasi masalah kerontokan dan ketombe. 

Minyak dari daun salam ini sangat berguna apabila dijadikan sebagai hair tonic untuk melawan masalah rambut tersebut.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun salam lainnya yaitu menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung senyawa rutin dan asam caffeic. Kedua senyawa tersebut dapat menguatkan dinding jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Caranya dengan menyeduh daun salam kering menjadi teh yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Selain itu, aroma dari hasil seduhan daun salam kering juga dapat kamu hirup untuk mengurangi rasa gelisah, panik, dan lelah.

Mengatasi diabetes

Manfaat daun salam selanjutnya untuk mengatasi diabetes. Kandungan oksidan pada daun salam dapat membantu proses produksi insulin pada tubuh dengan baik. konsumsi secara rutin maka penyakit tersebut akan sembuh.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

register-docotr