Info Sehat

Miliki Riwayat Penyakit Anemia? Yuk Ketahui Daftar Buah Penambah Darah!

August 20, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Buah penambah darah bisa menjadi pilihan untuk menangani masalah anemia, lho! Nah, anemia sendiri merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika jumlah sel darah merah atau RBC rendah sehingga menyebabkan tubuh merasa mudah lelah.

Anemia yang tidak segera ditangani bisa meningkatkan sejumlah komplikasi berbahaya, jadi penting untuk segera ditangani. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak daftar buah penambah darah yang bisa membantu mengatasi masalah anemia.

Baca juga: Simak Begini Cara Menggemukan Badan dengan Makanan Sehat!

Daftar buah penambah darah

Jumlah sel darah merah atau hemoglobin lebih sedikit dapat diartikan jika tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan sehingga banyak cara yang dilakukan untuk mengembalikan kondisi tersebut.

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi makanan yang kaya akan lima nutrisi dapat membantu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh.

Beberapa nutrisi yang dimaksud, yakni zat besi, asam folat, vitamin B-12, tembaga, dan vitamin A. Selain itu, ada pula buah penambah darah yang bisa kamu konsumsi antara lain:

Delima

Delima merupakan salah satu buah penambah darah paling baik karena kaya akan zat besi, vitamin A, C, dan juga E. Kandungan asam askorbat di dalam buah delima ini mampu meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang mengatur jumlah darah. 

Untuk mengatasi masalah anemia, kamu bisa menambahkan delima sebagai makanan sehari-hari yang harus rutin dikonsumsi. Buatlah jus sendiri dari buah delima untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal dibanding harus membeli jus olahan.

Konsultasikan juga dengan dokter untuk mengetahui apakah kadar hemoglobin sudah normal.

Pisang

Pilihan buah penambah darah lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah pisang. Ya, pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan zat besi dimana dapat membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

Bersamaan dengan zat besi, pisang juga menjadi buah dengan sumber asam folat yang baik. Vitamin B di dalamnya juga sangat dibutuhkan untuk membuat jumlah sel darah merah kembali normal.

Karena itu, konsumsilah pisang secara rutin setiap hari untuk membantu mengatasi masalah anemia.

Apel

Apel memang diketahui sebagai buah yang memiliki banyak khasiat, salah satu memperbaiki kadar hemoglobin dalam darah. Buah ini merupakan sumber zat besi yang kaya dengan berbagai komponen ramah kesehatan lainnya, termasuk untuk merangsang jumlah hemoglobin.

Untuk itu, apel sangat direkomendasikan oleh penderita anemia guna meningkatkan kadar hemoglobin. Konsumsilah apel beserta kulit setidaknya satu buah setiap hari untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit.

Konsultasikan juga dengan dokter untuk mengetahui progres jumlah kadar hemoglobin dalam tubuh.

Plum kering

Plum kering termasuk buah penambah darah yang dianggap sebagai paket kecil, namun memiliki tinggi nutrisi. Buah satu ini mengandung vitamin C dan zat besi yang merupakan kunci utama dalam membantu meningkatkan hemoglobin.

Tak hanya itu, plum kering juga menjadi sumber magnesium yang kaya sehingga menyebabkan peningkatan signifikan dalam stimulasi sel darah merah.

Magnesium sendiri dapat membantu mengatur transportasi oksigen dalam tubuh sehingga sangat direkomendasikan untuk penderita anemia.

Persik

Buah penambah darah yang bisa kamu konsumsi jika menderita penyakit anemia lainnya adalah persik. Buah satu ini kaya akan vitamin C dan zat besi dimana dapat membantu mencegah duplikasi sel darah merah yang rusak.

Selain membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah, buah persik juga dipercaya dalam menurunkan berat badan. Tak hanya itu, buah satu ini bisa pula memperbaiki kulit dan meningkatkan kesehatan mata.

Baca juga: Ingin Menaikkan Berat Badan Anak? Coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Jeruk

Perlu diketahui, besi tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh tanpa bantuan dari vitamin C. Nah, vitamin C bisa kamu peroleh dengan mudah melalui buah jeruk. Untuk itu, kamu disarankan untuk setidaknya mengonsumsi satu buah jeruk setiap hari.

Vitamin C mampu membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih baik. Nah, orang dewasa sendiri rata-rata membutuhkan sekitar 500 mg vitamin C setiap hari. Vitamin C ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui buah jeruk.

Sel darah merah sangat penting bagi tubuh, sehingga pemeriksaan harus segera dilakukan bersama dokter.

Jika didiagnosis dengan jumlah rendah, dokter mungkin akan merekomendasikan kombinasi perubahan pola makan, suplemen harian, dan obat-obatan untuk mengembalikan kadar hemoglobin menjadi normal.

Masalah kesehatan lainnya bisa ditanyakan pada dokter kami di Good dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses pada 18 Agustus 2020. How to Increase Your Red Blood Cell Count
  2. Food NDTV (2017), diakses pada 18 Agustus 2020. Fruits for Anaemia: Load Up on these 6 Fruits to Boost Your Haemoglobin
    register-docotr