Info Sehat

Manakah yang Lebih Tepat: Cuci Tangan Pakai Sabun atau Hand Sanitizer?

September 1, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kondisi sekarang ini mengharuskan kita untuk selalu menjaga kebersihan. Tetapi manakah yang lebih tepat, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer? Berikut ulasan selengkapnya!

Baca Juga: Jauh dari Suatu Pertanda, Ini Arti Kedutan Mata Kanan Atas dalam Dunia Medis

Sabun atau hand sanitizer?

Pada dasarnya cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer sama-sama membunuh kuman. Tetapi pembersih yang mengandung alkohol dapat digunakan untuk membersihkan tangan, tetapi tidak boleh digunakan sebagai pengganti sabun dan air.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di jurnal “When and How to Wash Your Hands” pembersih tangan mengandung alkohol 60 persen atau lebih dapat mengurangi jumlah kuman. Namun, tidak dapat mengurangi penyebaran beberapa virus, seperti coronavirus.

Cuci tangan pakai sabun

Sebenarnya mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan membunuh jumlah kuman di tangan. Sabun dan air lebih efektif, terutama ketika tangan terlihat berminyak atau kotor.

Jadi membersihkan menggunakan sabun jauh lebih efektif daripada dengan air biasa karena sabun mengandung surfaktan, yaitu zat yang mengangkat minyak dan mikroba dari kulit.

Cara mencuci tangan yang benar yakni membasahi tangan dengan air mengalir, mematikan keran dan menggosokkan tangan dengan sabun setidaknya 20 detik.

Area yang harus dibersihkan seperti punggung tangan, di bawah kuku dan di antara jari-jari harus dipastikan bersih dan terkena sabun.

Setelah itu kamu juga harus mengeringkan tangan agar kuman tidak berpindah dengan mudah dari tangan yang basah. Mencuci tangan dengan sabun dan air merupakan cara yang paling efektif untuk membunuh kuman.

Manfaat cuci tangan pakai sabun

Perlu diketahui, terlalu sering mencuci tangan bisa melukai kulit sehingga harus diatasi dengan hand lotion. Namun, rutin cuci tangan pakai sabun memang sangat efektif untuk mendorong kebiasaan higienis. Nah, berikut ini beberapa manfaat cuci tangan pakai sabun yang perlu diketahui.

Mencegah diare dan penyakit usus

Kontak dengan feses yang sarat dengan bakteri dapat menyebabkan masalah diare dan penyakit usus. Karena itu, manfaat cuci tangan pakai sabun adalah menghilangkan kotoran dan bakteri di tangan sehingga terhindar dari penyakit diare dan usus.

Menghindari infeksi mata umum

Infeksi mata biasanya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke mata dari tangan. Untuk itu, ada baiknya untuk tidak menyentuh mata dengan tangan kosong terutama saat dalam kondisi kotor. beberapa infeksi mata yang umum terjadi, yakni konjungtivitis, keratitis, tembel, hingga blepharitis.

Pengurangan kandungan bakteri di tangan

Bakteri telah diketahui dapat bertahan di tangan dan benda lain selama berhari-hari. Karena itu, manfaat cuci tangan pakai sabun adalah mengurangi kandungan bakteri yang bisa saja masuk ke mata atau mulut sehingga menyebabkan infeksi.

Membersihkan tangan dengan hand sanitizer

Pada dasarnya hand sanitizer yang baik mengandung sebanyak 60 persen alkohol, ternyata hand sanitizer hanya dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang ada.

Adapun beberapa hal yang kurang baik jika menggunakan hand sanitizer terlalu sering, antara lain:

Kulit menjadi kering dan kasar

Jika kamu sering menggunakan hand sanitizer membuat tangan kamu menjadi kering dan kasar. Hal ini dapat membuat meningkatnya kuman melalui luka pada kulit tangan.

Membunuh bakteri baik

Penggunaan hand sanitizer yang berlebihan juga dapat membunuh bakteri yang seharusnya bertugas untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat. 

Kuman dan bakteri menjadi kebal

Selain itu, menggunakan hand sanitizer yang berlebihan juga dapat membuat bakteri dan kuman susah mati dan menjadi kebal terhadap alkohol. 

Cara mencuci tangan dengan sabun yang benar

Adapun cara mencuci tangan dengan sabun yang benar dan seharusnya, antara lain:

  • Basahkan tangan kamu dengan air mengalir dan tambahkan sabun
  • Lalu gosoklah kedua tangan dan pastikan sela-sela jari, punggung tangan, dan bawah kuku dibersihkan
  • Proses tersebut selama kurang lebih 20 detik selama menggosok tangan
  • Setelah selesai menggosok tangan kamu, bilaslah hingga bersih dengan air mengalir
  • Keringkan kedua tangan dengan handuk bersih atau diangin-anginkan
  • Matikan keran air menggunakan siku agar tidak terkena kuman kembali.

Langkah cuci tangan pakai sabun yang dianjurkan

Kunci utama ketika mencuci tangan adalah memastikan jika kamu benar-benar membersihkan semua permukaan dan area tangan, jari, serta pergelangan tangan. Nah, beberapa langkah cuci tangan pakai sabun yang dianjurkan antara lain sebagai berikut:

Gosok telapak tangan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mencuci tangan adalah menggosok telapak dengan gerakan memutar. Hal ini bertujuan untuk membersihkan keseluruhan permukaan telapak tangan dengan sabun.

Bersihkan punggung tangan

Setelah telapak tangan, langkah cuci tangan pakai sabun selanjutnya adalah membersihkan punggung tangan. Pastikan untuk membersihkan punggung tangan dengan telapak yang berlawanan.

Gesek sela-sela jari

Langkah selanjutnya adalah menggesek sela-sela jari dengan menjalinnya dan menggosok secara maju mundur. Cara ini diketahui efektif untuk membersihkan kotoran yang mungkin ada di antara sela-sela jari.

Bersihkan belakang jari

Agar cuci tangan lebih efektif, maka lanjutkan dengan menggosok jari-jari tangan yang saling bertautan ke telapak tangan. Ulangi cara ini untuk kedua tangan untuk mendapatkan kebersihan yang optimal.

Cuci ibu jari

Langkah cuci tangan pakai sabun akan lebih efektif jika disertai dengan mencuci ibu jari. Karena itu, bersihkan setiap ibu jari dengan menggunakan tangan yang berlawanan.

Gosok ujung jari

Jika sudah mencuci ibu jari, maka lanjutkan dengan menggosok ujung jari ke telapak tangan yang berlawanan. Lakukan langkah ini untuk kedua tangan agar bakteri di ujung jari bisa benar-benar menghilang.

Cuci pergelangan tangan

Bakteri dari luar tak hanya bisa bertahan di telapak tangan, namun juga pergelangan. Untuk itu, cucilah pergelangan dengan menggunakan tangan yang berlawanan lalu bisa dengan air hingga bersih.

Cara menggunakan hand sanitizer dengan benar

Selain itu, berikut ini adalah cara penggunaan hand sanitizer yang tepat, antara lain:

  • Pastikan kamu menggunakan hand sanitizer yang mengandung lebih dari 60 persen alkohol
  • Jangan menggunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol kurang dari 60 persen karena kurang efektif untuk membunuh kuman
  • Kemudian tuangkan hand sanitizer ke telapak tangan, kemudian gosokkan tangan kamu selama kurang lebih 15-20 detik.
  • Tunggu sampai kering.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan mana yang tepat? Cuci tangan dengan sabun merupakan hal yang paling tepat untuk membunuh kuman. Kamu juga tetap dapat menggunakan hand sanitizer untuk menjaga tangan agar tetap bersih.

Tetapi harus diingat kamu sebaiknya menggunakan hand sanitizer hanya dalam keadaan mendesak saja, tetapi sebaiknya kamu mencuci tangan dengan sabun karena lebih efektif.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. cdc.gov (2020) diakses 9 Juli 2020. Show Me the Science – When & How to Use Hand Sanitizer in Community Settings. 9 Juli 2020 pukul 20.30.
  2. eatright.org (2020) diakses 9 Juli 2020. Which Is Best: Hand Sanitizer or Soap and Water?. 9 Juli 2020 pukul 21.10.
  3. Alsco.com, diakses pada 1 September 2020. 6 BENEFITS OF PROPER HAND WASHING
  4. Healthline (2020), diakses pada 1 September 2020. 7 Steps to Washing Your Hands Properly
    register-docotr