Info Sehat

Sering Menyipitkan Mata? Bisa Jadi Akibat Kondisi Mata Silinder

June 19, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Jika kamu seringkali menyipitkan mata saat melihat suatu objek, bisa jadi kamu terkena mata silinder. Untuk lebih mengetahuinya, kamu perlu tahu seperti apa ciri-ciri mata silinder.

Apabila sudah terasa cukup mengganggu, segera periksakan diri ke dokter mata, ya!

Apa itu mata silinder?

Pada dasarnya mata silinder atau dikenal dengan istilah astigmatisme merupakan suatu gangguan pada mata yang disebabkan oleh bentuk kornea mata tidak melengkung dengan sempurna. Astigmatisme juga dapat diakibatkan oleh bentuk tidak teratur dari lensa.

Selain itu, mata merupakan suatu kesalahan pembiasan pada mata dan bukan merupakan penyakit mata atau penurunan kesehatan mata. Ciri-ciri mata silinder biasanya akan bermasalah pada kemampuan mata untuk memfokuskan cahaya.

Mata silinder merupakan faktor alami yang sering menyebabkan penglihatan kabur karena benda yang dilihat terdistrosi. Hal ini biasanya berhubungan dengan bentuk kornea yang tidak sempurna. 

Mata silinder terjadi ketika ada kelengkungan kornea yang tidak teratur, lensa, atau keduanya. Kornea yang lengkung sempurna dapat membengkokkan atau membiaskan cahaya dengan benar saat memasuki mata.

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab beberapa orang memiliki kornea yang melengkung dengan benar, diduga adanya komponen genetik yang mempengaruhinya.

Ciri-ciri mata silinder

Ada beberapa ciri-ciri mata silinder yang harus kamu ketahui, antara lain:

Pandangan menjadi kabur

Ini merupakan ciri-ciri mata silinder yang utama, di mana ketika kamu melihat suatu objek akan tampak buram dan tidak jelas. Pada kondisi mata silinder, lengkungan pada lensa mata ini tidak terbentuk dengan sempurna. 

Perbedaan bentuk lengkungan inilah yang bisa mengubah cahaya masuk atau membiaskan kembali ke arah yang lain. Hal ini yang mengakibatkan objek cahaya tidak dapat jatuh tepat di retina dan membuat penglihatan kamu menjadi buram dan tidak jelas.

Mata terasa cepat lelah

Biasanya mata kamu menjadi mudah lelah saat melihat, hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada mata yang membuat mata harus bekerja ekstra keras.

Apalagi saat mata kamu harus fokus dalam waktu lama pada suatu objek seperti membaca buku, manatap layar elektronik, ataupun melihat dari jarak jauh.

Seringkali menyipitkan mata

Selain itu, kamu akan sering menyipitkan mata saat kamu melihat objek dari jarak jauh bahkan yang dekat sekaligus. Tak hanya itu, pengidap mata silinder juga akan memiringkan kepalanya untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas.

Sakit kepala

Hal ini biasanya terjadi pada orang yang mengidap mata silinder yang cukup parah. Kondisi ini biasanya terjadi akibat mata yang lelah ketika berusaha agar dapat melihat objek dengan jelas, sehingga membuat kamu jadi sakit kepala.

Membaca harus jarak dekat

Kamu juga diharuskan untuk membaca sesuatu lebih dekat. Hal ini dikarenakan pengidap mata silinder cenderung kesulitan untuk melihat tulisan yang jaraknya jauh, sehingga tulisan harus diperdekat agar dapat terbaca.

Cara mengatasi mata silinder

Ada beberapa cara untuk mengatasi mata silinder, antara lain:

Menggunakan kacamata yang sesuai

Hal ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk menangani mata silinder. Dengan menggunakan kacamata, kamu bisa lebih mudah melihat objek dengan mudah dan jelas.

Orthokeratology (Ortho-K)

Orthokeratology merupakan suatu prosedur penggunaan lensa kontak rigid gas permeable yang desain khusus pada malam hari saat tidur untuk membentuk ulang permukaan kornea.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kelainan dan menghambat kenaikan mata silinder pada anak anak yang silindernya cepat bertambah.

Operasi

Pada beberapa kasus dokter akan menyerankan untuk melakukan operasi LASIK (laser-assisted in-situ keratomileusis) yang merupakan operasi mata dengan menggunakan sinar laser dalam membentuk kornea. Ini supaya cahaya jatuh ke retina. 

Demikian informasi tentang ciri-ciri mata silinder yang perlu kamu ketahui. Jika mengalaminya, segera cek ke dokter mata untuk pemeriksaan lebih lanjut!

 Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2o18) diakses 16 Juni 2020. Astigmatism. 16 Juni 2020 pukul 19.30.
    register-docotr