Info Sehat

Ini Dia Beberapa Ciri-ciri Jantung Sehat yang Perlu Diketahui

July 19, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Seseorang dengan ciri-ciri jantung sehat biasanya memiliki kebiasaan atau gaya hidup yang terjaga dengan baik. Nah, salah satu gaya hidup yang dimaksud adalah rutin berolahraga karena dapat menyehatkan jantung dan memperlancar aliran darah.

Selain itu, tanda-tanda pasti bahwa jantung sehat bisa didapatkan jika mengonsumsi makanan sehat yang tepat. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut ciri atau tanda dari jantung sehat, berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Dibalik Ragam Manfaat Vitamin D, Bisakah Menurunkan Risiko Infeksi dan Mencegah COVID-19?

Apa saja ciri-ciri jantung sehat yang perlu diketahui?

Ciri-ciri jantung sehat bisa terlihat melalui pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan tubuh. Biasanya, kamu bisa mengetahui berbagai informasi mengenai kesehatan organ tubuh termasuk jantung dengan memeriksakan diri ke dokter.

Dilansir dari Webmd, kesehatan kardiovaskuler orang dewasa bisa diukur dari kebiasaan yang dimiliki salah satunya tidak pernah merokok atau berhenti lebih dari setahun yang lalu. Namun, ada beberapa ciri-ciri jantung sehat lainnya yang perlu diketahui, yakni sebagai berikut:

Detak jantung

Ciri-ciri jantung sehat yang pertama adalah detak jantung yang biasanya berkisar antara 60 hingga 100 denyut per menit. Namun, biasanya dokter lebih suka pasien yang memiliki kisaran 50 hingga 70 detak.

Jika kamu berlatih atau melakukan olahraga secara teratur, detak jantung per menit mungkin bisa serendah 40. Hal ini umumnya akan menunjukkan kondisi fisik yang sangat baik sehingga disarankan untuk rutin berolahraga.

Tekanan darah

Angka tekanan darah yang dimiliki oleh seseorang dengan jantung sehat adalah di bawah 120/80. Pada angka pertama, yakni 120 merupakan ukuran tekanan arteri pada tubuh. Sementara untuk angka kedua, yakni 80 mengukur tekanan otot jantung yang rileks.

Jika kamu memiliki tekanan darah di atas 130/80, maka menandakan jika tekanan darah terlalu tinggi. Tingginya tekanan darah ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Tingkat energi

Ketika jantung melakukan tugasnya secara efisien, tubuh akan mendapatkan oksigen yang ditularkan melalui darah dan nutrisi. Hal ini akan memberikan energi yang cukup sehingga dapat mempertahankan gaya hidup sehat dan aktif.

Tingkat energi yang tinggi biasanya menandakan jika kondisi kesehatan jantung cukup baik. Namun, sebaliknya jika tubuh sering merasakan kelelahan kronis maka menjadi tanda peringatan adanya masalah jantung.

Kolesterol

Kadar kolesterol yang sehat dalam darah penting untuk diketahui, termasuk fungsi produksi sel. Terlalu banyak kolesterol LDL dalam aliran darah dapat membentuk penyumbatan sehingga meningkatkan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular.

Untuk itu, agar kondisi kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik maka biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat. Periksakan juga kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin bersama dokter.

Tingkat pemulihan cepat

Kemampuan untuk cepat pulih setelah melakukan latihan intensif merupakan tanda lain dari jantung sehat. Untuk mengetahuinya, kamu dapat menguji diri sendiri dengan mengukur detak jantung segera setelah berolahraga dan seusai beristirahat selama satu menit.

Idealnya, detak jantung akan turun 20 kali atau lebih jika dalam kondisi sehat. Untuk mengetahui kesehatan jantung lainnya, maka kamu bisa segera melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter ahli.

Pernapasan sehat

Kemampuan untuk bernapas secara normal ketika berjalan dan dapat mengaturnya saat berlari cepat bisa menjadi tanda positif jantung yang sehat. Hal ini umumnya menandakan sistem kardiovaskular beroperasi secara normal.

Tubuh akan memasok oksigen yang dibutuhkan sistem sehingga napas bisa terkontrol dengan baik saat berjalan dan berlari. Jika pernapasan tidak bisa diatur dengan baik, maka menandakan bahwa kesehatan jantung tidak dalam kondisi baik.

Baca juga: Aman dan Mudah, Yuk Simak Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga!

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

Perubahan gaya hidup diketahui dapat membantu mencapai kesehatan jantung yang ideal. Hidup akan lebih nyaman jika kondisi jantung tetap stabil dan normal. Nah, beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung yang perlu diketahui, yakni:

Selalu aktif

Cara mendapatkan jantung yang sehat adalah dengan selalu bergerak aktif, termasuk berolahraga. Lakukanlah setidaknya sekali dalam seminggu untuk berolahraga untuk meningkatkan kualitas hidup.

Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu senjata terbaik untuk memerangi penyakit kardiovaskular. Karena itu, konsumsilah makanan yang dapat menyehatkan jantung dan meningkatkan peluang hidup sehat.

Berhenti merokok

Seorang perokok memiliki risiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung. Untuk itu, cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah berhenti merokok secepat mungkin.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd (2010), diakses 14 Juli 2020. 7 Steps for a Healthy Heart
  2. Integra Urgentcare (2018), diakses 14 Juli 2020. 7 Signs of a Healthy Heart
  3. Heart.org (2018), diakses 14 Juli 2020. My Life Check | Life’s Simple 7
    register-docotr