Info Sehat

Menyimpan Makanan di Kulkas Tak Boleh Asal-asalan Lho! Ini Cara yang Benar

July 29, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Menyimpan makanan di kulkas bertujuan untuk menjaga makanan tetap segar dan tahan lama. Tetapi menyimpan makanan di dalam kulkas tidak boleh asal-asalan lho karena ini dapat memengaruhi kualitasnya. Lantas, bagaimana cara menyimpan makanan di kulkas dengan benar?  

Baca Juga: Fungsi Lambung Selain Tempat Menyimpan Makanan, Ini yang Perlu Kamu Ketahui

Cara menyimpan makanan di kulkas yang benar

Seringkali kita menyimpan makanan di kulkas sesuai dengan keinginan kita saja atau hanya menyimpannya di ruang yang kosong tanpa memerhatikan aturannya. Namun, ternyata kulkas memiliki fungsi yang lebih dari hanya sekadar sebagai pendingin saja.

Kulkas merupakan perangkat berteknologi tinggi yang menggunakan alat kontrol untuk memastikan bahwa tingkat kelembapan, cahaya, serta suhu tetap pada tingkat optimal untuk menyimpan makanan.

Menyimpan makanan dengan benar dapat menjaga nutrisi serta memastikan makanan tidak memburuk. Tak hanya itu saja, hal tersebut juga dapat mengurangi risiko kontaminasi di antara sisa makanan.

Dilansir dari High Speed Training, berikut adalah cara menyimpan makanan di kulkas yang benar.

Baca juga: Tak Kalah dari Daging, Ini 8 Makanan Lain yang Kaya akan Protein

Rak atas dan tengah

Pada bagian rak ini, sebaiknya simpanlah makanan yang siap untuk dikonsumsi, seperti produk susu, makanan siap saji, makanan kemasan, sisa makanan, daging matang, dan salad siap saji. Semua ini harus disimpan dalam wadah tertutup untuk mencegah kontaminasi.

Makanan siap saji disimpan di bagian atas kulkas, jauh dari makanan mentah sehingga bakteri berbahaya tidak dapat berpindah dari makanan mentah ke makanan yang telah dimasak.

Pada bagian atas kulkas, selalu pastikanlah kamu tidak menaruh roti dan kopi, karena suhu dari kulkas dapat merusaknya lebih cepat.

Rak bawah

Rak paling bawah digunakan untuk menyimpan daging mentah, daging unggas, dan ikan dalam wadah tertutup untuk menghentikannnya menyentuh atau meneteskan air ke dalam makanan lain.

Daging mentah harus selalu disimpan di bagian bawah kulkas untuk mencegah kontaminasi.

Jangan lupa untuk memastikan selalu menyimpan makanan terbungkus dalam wadah tertutup sehingga tidak bersentuhan dengan makanan lain. Tak hanya itu saja, sebaiknya janganlah membuka bungkus makanan sampai siap untuk dimasak.

Membungkus makanan kembali dapat memaparkannya pada bakteri potensial yang dapat membuatnya tidak aman untuk dikonsumsi ketika tiba saatnya untuk dimasak.

Mengapa menyimpan daging mentah harus di rak paling bawah?

Daging mentah yang baru dibeli sebaiknya di taruh di rak paling bawah karena suhunya cenderung paling dingin di area kulkas ini.

Jika kulkas memiliki laci khusus untuk daging mentah, seperti freezer, cara terbaik adalah dengan menyimpannya di sana. Karena laci khusus tersebut membantu menjaga suhu agar tetap konsisten sehingga makanan dapat lebih awet.

Daging mentah tidak dapat disimpan di dalam kulkas selamanya. Jika daging tidak digunakan beberapa hari, daging harus diletakkan di dalam kantong. Kemudian, letakkan kantong di dalam freezer untuk digunakan di lain waktu.

Laci tertutup

Secara umum, ini merupakan tempat sayur dan buah harus disimpan. Hindari mencampur daging dengan buah dan sayuran. Menyimpan makanan ini secara bersamaan dapat meningkatkan risiko kontaminasi.

Untuk sayuran dan buah sendiri, tidak apa-apa untuk menyimpannya bersama-sama. Namun cara yang paling terbaik adalah meyimpan makanan serupa secara bersamaan. Hal ini dikarenakan sayuran dan buah-buahan mengeluarkan gas yang berbeda.

Misalnya saja, jangan mencampur apel dengan wortel atau jeruk dengan bayam. Usahakan untuk menyimpan setiap jenis sayuran yang berbeda di dalam laci yang berbeda pula.

Sebelum memasukkan sayur, buah, dan salad ke dalam kulkas, sebaiknya cucilah terlebih dahulu. Pastikan juga ketiganya terbungkus kertas atau plastik dengan lubang udara agar terlindungi dari kontaminasi.

Untuk salad dan rempah-rempah, cobalah untuk membungkusnya dengan handuk kertas yang lembap sebelum disimpan. Hal ini dilakukan untuk mencegahnya mengering dan membuatnya lebih segar serta tahan lama.

Pintu

Cara menyimpan makanan di kulkas dengan benar yang ketiga adalah menyimpan makanan atau minuman yang paling nikmat dikonsumsi saat dingin di bagian pintu kulkas.

Barang-barang yang tidak mudah busuk, seperti minuman, beberapa bumbu, air, serta makanan atau minuman lainnya yang tidak mudah rusak harus ditempatkan di sini. Jangan pernah menyimpan minuman yang mudah busuk seperti susu di sini, karena suhunya sering tidak stabil.

Hal tersebut juga berlaku untuk rak di bagian dalam pintu kulkas. Rak-rak tersebut tidak mempertahankan suhu yang konsisten dan suhunya seringkali lebih hangat dibandingkan dengan suhu kulkas sendiri.

Selain memerhatikan cara menyimpan makanan di kulkas, perhatikan pula cara menjaga kualitasnya

Selalu ingatlah kulkas harus diatur pada suhu 0-5 derajat Celcius sehingga laju pembusukan makanan dapat melambat dan bakteri berbahaya tidak dapat berkembang biak. Pada suhu ini, makanan tetap aman untuk dikonsumsi.

Kamu juga perlu untuk selalu mengingat tanggal kedaluwarsa pada makanan.

Makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa tidak boleh dimakan karena bakteri berbahaya memiliki kesempatan untuk tumbuh sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan.

Sudah tahu bukan bagaimana cara menyimpan makanan di kulkas? Untuk menjaga kualitas makanan, yuk praktekan cara yang sudah dijelaskan di atas mulai dari sekarang.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

High Speed Training (2015). Diakses pada 22 Juli 2020. Do You Know Which Fridge Shelves You Should Store Your Food On? 

Life Storage Blog (2016). Diakses pada 22 Juli 2020. Complete Guide to Storing Food in the Fridge 

Real Simple (2020). Diakses pada 22 Juli 2020. The Smartest Way to Store Foods in the Refrigerator for Long-Lasting Freshness

    register-docotr