Info Sehat

Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi, Apa Saja Langkahnya?

October 5, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Untuk mengobati hernia, pengobatan yang paling efektif melalui operasi. Namun, terdapat beberapa cara mengobati hernia tanpa operasi yang juga dapat dilakukan. Akan tetapi, pengobatan tanpa operasi ini hanya untuk hernia yang memiliki gejala ringan.

Baca juga: Hernia

Apa itu hernia?

Hernia atau yang juga dikenal dengan istilah turun berok adalah suatu kondisi yang terjadi ketika organ dalam atau bagian tubuh lain menonjol melalui dinding otot atau jaringan yang biasa menampungnya.

Kebanyakan hernia terjadi di dalam rongga perut, lebih tepatnya di antara dada dan pinggul.

Gejala hernia yang paling umum yakni tonjolan atau benjolan di area yang terkena. Ketika berbaring, benjolan tersebut dapat menghilang. Tertawa, menangis, batuk, mengejan saat buang air besar, atau melakukan suatu aktivitas fisik tertentu dapat membuat benjolan kembali muncul.

Baca juga: Mengenal Operasi Hernia, dan Berapa Kisaran Biayanya?

Bagaimana cara mengobati hernia tanpa operasi?

Mengobati hernia melalui operasi memang merupakan pengobatan yang efektif. Namun, perlu atau tidaknya kamu melakukan operasi sangat bergantung pada ukuran hernia dan tingkat keparahan gejala yang kamu alami. Dokter akan menentukan hal ini.

Ketika gejala yang kamu alami tidak terlalu parah, kamu dapat melakukan pengobatan tanpa operasi. Namun, yang perlu diingat adalah pengobatan ini tidak dapat mengobati hernia sepenuhnya, ini hanya dapat membantu untuk mengurangi gejalanya.

Beberapa cara mengobati hernia tanpa operasi yang dapat kamu lakukan di antaranya adalah:

Mengatur pola makan yang sehat

Cara mengobati hernia tanpa operasi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur pola makan.

Meningkatkan asupan serat dapat membantu meredakan gejala sembelit, yang mana hal ini dapat menyebabkan mengejan saat buang air besar (BAB) sehingga dapat memperburuk hernia.

Biji-bijian, buah-buahan, serta sayuran merupakan makanan kaya akan kandungan serat yang bisa kamu konsumsi.

Cobalah untuk menghindari makan besar atau berat, dan janganlah berbaring atau membungkuk setelah kamu makan ya.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Jika kamu memiliki hernia hiatus, ada beberapa jenis obat untuk mengurangi asam lambung yang dapat kamu konsumsi. Tak hanya itu, obat-obatan ini juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan dan mengurangi gejala yang kamu rasakan.

Beberapa obat-obatan tersebut termasuk antasida, penghambat reseptor H-2, dan penghambat pompa proton. Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya.

Untuk mencegah naiknya asam lambung, kamu dapat melakukan beberapa cara, termasuk menghindari makanan pemicu, seperti makanan pedas dan makanan berbahan tomat, dan sebaiknya hindarilah merokok.

Jangan sembarangan melakukan olahraga

Cara mengobati hernia tanpa operasi juga bisa dengan menjaga berat badan melalui olahraga. Cara ini bisa memperkuat otot di sekitar hernia dan mendukung penurunan berat badan, sehingga dapat mengurangi beberapa gejala.

Meskipun demikian, jangan melakukan olahraga berat seperti angkat beban atau latihan yang membebani perut. Sebab ini dapat meningkatkan tekanan di area hernia.

Olahraga yang paling cocok dilakukan adalah yoga. Sebab, yoga dapat membantu memperkuat otot yang lemah dan membantu memastikan pasokan darah beroksigen ke tubuh.

Akan lebih baik jika kamu mendiskusikan olahraga dengan dokter terlebih dahulu, karena dokter akan memberitahumu olahraga apa yang paling aman dan boleh dilakukan.

Mengenakan celana hernia

Pada beberapa kasus, mengenakan celana hernia (hernia truss) merupakan cara mengobati hernia tanpa operasi yang juga dapat dilakukan untuk mengurangi gejala yang dirasakan. Celana hernia ini termasuk pakaian dalam suportif untuk mencegah hernia bergerak.

Namun, ini tidak boleh dianggap sebagai solusi jangka panjang untuk mengobati hernia. Jika rasa sakit terus berlanjut atau semakin parah, kamu harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kompres es

Peradangan, pembengkakan, kemerahan, serta nyeri di perut atau selangkangan adalah beberapa gejala umum dari hernia inguinalis (kondisi ketika jaringan lunak menonjol di titik lemah pada otot perut). Kompres es dapat membantu meredakan gejala yang dapat membuatmu tidak nyaman.

Itulah beberapa cara mengobati hernia tanpa operasi yang dapat kamu lakukan. Kondisi ini tidak dapat hilang dengan sendirinya, maka dari itu sangat penting untuk segera melakukan pengobatan hernia.

Jika kamu mengalami gejala hernia, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter ya agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Cleveland Clinic (2018). Diakses pada 05 Oktober 2020. Hernia 

Health Care at Home (2019). Diakses pada 05 Oktober 2020. Inguinal Hernia Treatment without Surgery 

Healthline (2019). Diakses pada 05 Oktober 2020. Everything You Want to Know About a Hernia 

    register-docotr