Info Sehat

Penting! Ini Dia Cara Menghilangkan Cacing Kremi

October 8, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada dua cara menghilangkan cacing kremi yang bisa kamu andalkan, yaitu dengan mengonsumsi obat dari dokter atau dengan obat rumahan.

Cacing kremi sendiri merupakan sebuah kondisi di mana usus besar terinfeksi parasit berukuran kecil yaitu, 2 hingga 13 mm.  Parasit ini seringkali menginfeksi melalui sentuhan langsung pada kulit yang terkontaminasi cacing kremi.  

Penularan cacing kremi sering terjadi tanpa disadari. Umumnya karena jarang mencuci tangan lalu menyentuh kulit atau benda yang terkontaminasi.

Apabila sudah terinfeksi, cacing kremi akan bertelur dan berkembang biak di sekitar anus hingga menyebabkan gejala berupa gatal, nyeri, dan ruam pada anus.

Komplikasi cacing kremi

Meskipun tidak menyebabkan penyakit berbahaya, tapi cacing kremi yang tidak tertangani bisa menyebabkan infeksi di kelamin perempuan, lho.

Parasit dapat berpindah dari area anal ke vagina menuju ke rahim, tuba falopi hingga ke organ panggul. Sehingga kondisi ini bisa menyebabkan inflamasi di vagina dan inflamasi di dalam lapisan rahim.

Pada kasus yang jarang terjadi, komplikasi lain infeksi cacing kremi adalah sebagai berikut:

Cara menghilangkan cacing kremi

Secara umum, kamu bisa mengatasi infeksi cacing kremi melalui dua cara, dengan mengonsumsi obat dari dokter atau melakukan pengobatan dengan obat rumahan.

Menghilangkan cacing kremi dengan obat rumahan

Dilansir Healthline, berikut adalah tiga pengobatan rumahan yang dapat kamu coba untuk mengobati infeksi cacing kremi:

Bawang putih mentah

Mengonsumsi bawang putih dipercaya mampu membunuh telur cacing kremi yang ada di dalam usus besar dan mencegah cacing kremi betina agar tidak bertelur lebih banyak.

Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara menelannya dalam dosis kecil atau mengoleskannya secara topikal seperti salep pada anus.

Cara mengonsumsi bawang putih untuk menghilangkan cacing kremi

Jika kamu ingin menelannya, potong bawang putih dalam bentuk seperti dadu dan campur menjadi pasta atau taburkan di atas roti. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung tanpa campuran apapun.

Sedangkan apabila kamu ingin menggunakannya sebagai salep, kamu bisa memotong beberapa siung bawang putih lalu menghaluskannya dengan cara diulek atau ditumbuk. Setelah itu, campur bawang putih yang telah halus dengan sedikit petroleum jelly atau minyak dasar lainnya.

Celupkan kapas bersih ke dalam campuran bawang putih tersebut lalu oleskan ke anus. Penting untuk diketahui bahwa penggunaan bawang putih dengan cara dioles akan membuat kulit yang sensitif menjadi tidak nyaman.

Sebisa mungkin jangan menggunakannya jika kamu memiliki kulit sensitif atau apabila kamu memiliki wasir.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu membersihkan infeksi cacing kremi. Perawatan ini membutuhkan pendekatan dua langkah. Pertama, konsumsi satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi. Lalu, saat sebelum tidur, oleskan sedikit minyak kelapa ke area anus.

Wortel mentah

Mengonsumsi secangkir wortel mentah yang diparut dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi cacing kremi. Kamu bisa mengonsumsi wortel mentah yang sudah diparut dua kali sehari untuk membantu tubuh mendorong cacing melalui usus.

Wortel mentah mengandung serat yang tinggi yang dapat meningkatkan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Menghilangkan cacing kremi dengan obat dari dokter

Cara menghilangkan cacing kremi dengan mengonsumsi obat dari dokter biasanya dilakukan apabila kondisi dan gejala yang kamu alami sudah cukup mengganggu.

Terlebih apabila penggunaan obat-obatan rumah yang kamu lakukan malah menimbulkan gejala seperti:

  • Mengalami kram perut
  • Muncul darah melalui urin atau tinja

Apabila kamu mengalami hal tersebut, kemungkinan dokter akan memberikan resep beberapa jenis obat anti parasit yang paling umum untuk cacing kremi, seperti:

  • Pyrantel pamoate
  • Mebendazole
  • Albendazole (Albenza)

Kamu mungkin akan mengalami efek samping gastrointestinal ringan selama pengobatan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi yang kamu alami.

Demikianlah cara untuk menghilangkan cacing kremi. Kamu bisa pilih jenis pengobatannya yang tepat dan cocok untukmu sendiri, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline. Diakses 6 Oktober 2020. Can Home Remedies Treat Pinworm?
  2. Mayoclinic. Diakses 6 Oktober 2020. Pinworm Infection
    register-docotr