Info Sehat

Ampuh dan Mudah, Begini Cara Tepat Mengatasi Telinga Tersumbat

September 27, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Ketika kamu mengalami telinga tersumbat sebaiknya jangan disepelekan begitu saja. Hal itu dapat memicu timbulnya beberapa penyakit lain jika tidak segera diobati.

Lantas bagaimana sebenarnya cara tepat untuk mengatasi telinga tersumbat?

Apa itu telinga tersumbat?

Dilansir Healthline, telinga tersumbat terjadi ketika tuba Eustachian terhalang atau tidak berfungsi dengan baik. Tuba Eustachius adalah saluran kecil yang membentang di antara hidung dan telinga tengah. Saluran kecil ini membantu menyamakan tekanan di telinga tengah.

Saat tuba Eustachius tersumbat, telinga akan terasa penuh dan tertekan. Kamu mungkin juga mengalami pendengaran yang tidak jelas dan merasakan sakit pada bagian telinga.

Gejala hidung tersumbat ini juga bisa disebabkan oleh masalah di telinga tengah atau saluran telinga yang memengaruhi gendang telinga (juga disebut membran timpani).

Cara mengatasi telinga tersumbat

Melansir penjelasan Healthline, untuk mengatasi hidung tersumbat, kamu harus mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah penyebab hidung tersumbat dan pengobatannya:

1. Telinga tersumbat karena kotoran

Secara alami, telinga selalu memproduksi kotoran. Namun, ada sebagian orang, yang telinganya memproduksi kotoran, lebih banyak daripada orang pada umumnya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya lakukan untuk membersihkan kotoran telinga. 

Kotoran telinga bisa mengeras dan sulit untuk dikeluarkan dari dalam telinga. Ketika hal ini terjadi, teteskan saja, seperti gliserin, yang bisa menjadi pilihannya. Teteskan sebanyak 2-3 kali, hingga kotoran telinga melunak dan mudah dibersihkan.

Baca juga: Moms Wajib Tahu: Cara Membersihkan Telinga Bayi yang Benar dan Aman

2. Telinga tersumbat akibat tekanan di dalam pesawat

Bagi kamu yang sering berpergian menggunakan pesawat, juga bisa membuat telinga tersumbat. Bahkan, rasa sakit bisa muncul. Jika hal ini terjadi, lakukanlah beberapa cara mengatasi telinga tersumbat seperti melakukan valsalva maneuver.

Valsalva maneuver bisa dilakukan untuk menyesuaikan kembali tekanan di dalam telinga. Cukup tarik napas dengan dalam, jepit hidung dengan ibu jari dan telunjuk, kemudian tutup mulut.

Setelah itu, cobalah keluarkan napas lewat lubang hidung yang sudah tertutup itu. Ini bisa menjadi cara mengatasi telinga tersumbat yang mudah dilakukan di mana saja. 

3. Telinga tersumbat untuk perenang

Banyak yang tidak tahu bahwa penyelam ternyata sering merasakan telinganya tersumbat. Hal tersebut dikenal sebagai swimmer’s ear (otitis externa).

Hal ini terjadi ketika ada infeksi yang diakibatkan oleh lembapnya bagian dalam telinga. Alhasil, bakteri pun berkembang biak di dalamnya.

Ketika kamu mengalami hal seperti itu, cara mengatasinya cukup dengan menjaga telinga tetap kering. Keringkan telinga sesaat setelah mandi, berenang, atau menyelam di laut. Namun, keringkan bagian luar telinga saja menggunakan lap kering yang bersih.

Cara lain yang bisa kamu coba juga dengan memposisikan kepala ke samping, agar air yang masuk ke dalam telinga bisa keluar lewat saluran telinga.

Alat pengering rambut juga bisa digunakan untuk mengeringkan bagian dalam telinga. Posisikan hair dryer sekitar 0,3 meter dari bagian telinga. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan telinga.

4. Telinga tersumbat benda kecil

Lain halnya dengan tersumbat dikarenakan sebuah benda. Jika kamu menduga ada benda asing di dalam saluran telinga, jangan coba mengeluarkannya sendiri. Sebaliknya, temui dokter segera.

5. Infeksi telinga 

Infeksi telinga tengah dapat menyebabkan hidung tersumbat, pusing, sakit telinga, dan kadang-kadang keluarnya cairan. Mereka biasanya disebabkan oleh pilek atau masalah pernapasan lainnya yang menjalar ke telinga tengah melalui saluran Eustachius.

Infeksi telinga sering kali sembuh tanpa pengobatan. Obat tetes telinga dan obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu meringankan gejala mu. Jika gejala semakin parah atau berlangsung lebih dari dua hari, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2020) diakses pada 24 September 2020. Finding Relief from Sinus-Caused Ear Congestion
  2. Webmd.com (2020) diakses pada 24 September 2020. Your Stuffy Ears and Sinuses: What’s the Link?
  3. Medicalnewstoday.com (2020) diakses pada 24 September 2020. How to relieve ear pressure 
    register-docotr