Info Sehat

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung? Coba 7 Langkah Efektif Ini

April 17, 2020 | Haekal | dr. Jati Satriyo
feature image

Good Doctor – Perut kembung kerap muncul secara tiba-tiba dan sering kali tidak terantisipasi dengan baik. Ada 7 cara mengatasi perut kembung yang akan dibahas dalam artikel ini.

Perut kembung tentu menimbulkan ketidaknyamanan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab perut kembung

Seorang endokrinologis dan peneliti obesitas dari Mayo Clinic, dr. Michael Jensen menyebutkan jika penyebab utama dari terjadinya perut kembung yang sifatnya tidak menetap adalah gas di usus.

Selain itu, makan terlalu banyak dan tidak sehat juga dapat memicu terjadinya perut kembung.  Gejala ini bisa ditangani dengan mudah, kecuali kamu memiliki penyakit jantung maupun gangguan hati. 

Lalu, langkah apa saja yang bisa ditempuh untuk mencegah atau meredakan gejala perut kembung akibat gas pada usus ini?

Cara mengatasi perut kembung dengan 7 langkah efektif

1. Batasi asupan makanan berlemak

Batasi konsumsi makanan berlemak. Sumber foto: https://www.heart.org

Pada dasarnya, jangan makan apa pun terlalu banyak karena salah satu penyebab utama perut kembung adalah makan terlalu banyak. Kurangi porsi makanan, apalagi makanan yang terlalu berlemak.

Waktu yang dibutuhkan untuk tubuh mencerna lemak lebih lama dibanding protein atau karbohidrat.

2. Makan pelan-pelan dan lebih sering

Makan terlalu cepat dapat membuatmu lebih mudah lapar. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Makan terlalu cepat membuat Anda dapat terus merasa lapar karena tubuh akan memberikan sinyal rasa kenyang 20 menit setelah makan.

Jika kamu bisa makan dengan perlahan dalam porsi yang kecil, kamu akan merasa lebih cepat kenyang dengan porsi yang lebih kecil pula. Pastikan juga jika setiap porsi makanan yang kamu makan adalah porsi kecil dan proporsional sesuai kebutuhan nutrisi.

Dengan demikian, kamu dapat makan enam kali dalam sehari dalam porsi kecil daripada 2-3 kali dalam porsi besar.

3. Perbanyak asupan serat dan cairan

Perbanyak asupan cairanmu agar terhindar dari perut kembung. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Kekurangan serat dalam asupan makanan dan juga cairan dapat memicu sembelit dan berujung pada perut yang terasa kembung. Perbanyak asupan serat dan minum cairan sebanyak enam hingga delapan gelas per hari agar dapat terhindar dari perut kembung.

Serat dapat ditemukan dalam banyak makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan serta biji-bijian. 25 gram serat bagi perempuan dan 38 gram bagi laki-laki merupakan angka yang disarankan agar dapat terhindar dari perut kembung.

4. Olahraga

Olahraga dapat membantu mengatasi perut kembung. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Cara mengatasi perut kembung lainnya adalah usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 puluh menit setiap hari selama lima hari dalam seminggu.

5. Cegah asupan makanan atau minuman bergas

Minuman bersoda dapat memicu perut kembung. Sumber foto: https://www.healthline.com

Minuman soda atau makanan yang banyak mengandung bawang-bawangan adalah contoh dari asupan yang mengandung banyak gas. Mengonsumsi makanan atau minuman tersebut dapat membuat gas dan udara terjebak di dalam perut yang memicu kembungnya perut.

Redakan perut kembung dengan mengganti minuman bersoda dengan teh atau sisihkan bawang yang terdapat pada makanan, dan makanlah camilan berserat tinggi seperti buah-buahan maupun sayuran.

6. Hindari pemanis buatan

Pemanis buatan dapat memicu perut buncit. Sumber foto: https://www.diabetes.co.uk

Pemanis buatan sering ditemukan dalam makanan-makanan siap saji. Pemanis buatan seperti sorbitol tidak dapat dicerna. Membatasi konsumsi makanan atau minuman dengan gula buatan merupakan cara mengatasi perut kembung yang ampuh bahkan untuk menghilangkannya sama sekali.

7. Batasi asupan garam

Batasi asupan garam agar tidak memicu perut kembung. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Makanan-makanan yang cenderung tinggi kandungan garam dan rendah serat dapat menjadi pemicu perut kembung. Biasakan membaca label nutrisi ketika membeli makanan atau minuman kemasan.

Dawn Jackson Blatner, pengarang buku The Flexitarian Diet menyarankan agar kita tidak mengonsumsi 500mg sodium dalam sekali sajian makan. Batasi hingga 1.500-2.300 mg sodium per hari.

Dengan banyaknya cara mengatasi perut kembung yang bisa kamu terapkan sekaligus membuka jalan untuk hidup lebih sehat. Jangan sampai kamu biarkan masalah perut kembung berlarut sehingga dapat mengganggu hari-hari kamu dalam beraktivitas.

Reference

Mayo Clinic. Gas & Gas Pains (2018). Diakses pada 21 Oktober 2019.
WebMD. Indigestion (2018). Diakses pada 21 Oktober 2019.
NHS. Beat the Bloat Eat Well (2019). Diakses pada 21 Oktober 2019.

    register-docotr