Info Sehat

Hidung Tersumbat Ganggu Aktivitas, Enyahkan dengan 6 Langkah Ini

April 28, 2020 | Santi Andriani | dr. Vivi Puspita Hartono
feature image

Ditulis oleh: Riri

Ketika pilek dan merasakan hidung tersumbat, rasanya menderita dan sulit bernapas. Bahkan saat hendak tidur, kamu bisa merasa tidak nyenyak karena sulit bernapas.

Gejala hidung tersumbat ini biasanya terjadi karena peradangan mukosa atau selaput yang terdapat pada hidung dan menghasilkan cairan. Kondisi ini disertai keluarnya ingus.

Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, jangan khawatir berikut ini ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat.

Baca Juga: Persiapkan Semuanya, Ini Tanda-Tanda Bumil akan Melahirkan

Alternatif utama mengatasi hidung tersumbat dengan obat

cara mengatasi hidung tersumbat
Mengatasi hidung tersebut dengan obat. Foto: https://www.shutterstock.com

Sebelum membahas berbagai cara menarik untuk mengatasi hidung tersumbat, tentu kamu sudah kenal dengan alternatif utama untuk mengatasi hidung tersumbat ini.

Yakni dengan pemakaian obat. Ada dua jenis obat yang digunakan.

Obat oral atau minum

Yaitu menggunakan pengobatan antihistamin atau dekongestan oral. Jenis obat ini akan lebih bagus jika dikolaborasikan dengan obat semprot hidung yang khusus untuk mengatasi hidung tersumbat.

Obat semprot

Biasanya mengandung oxymetazoline yang dapat digunakan untuk meringankan ketidaknyamanan pada hidung yang disebabkan oleh pilek dan alergi. 

Obat seperti ini digunakan oleh penderita sinus karena cara kerjanya yang lebih cepat dibandingkan dengan minum obat untuk hidung tersumbat. Cara kerjanya adalah mempersempit pembuluh darah di saluran hidung, sehingga pembengkakan dan penyumbatan pada rongga hidung berkurang.

Baca Juga: Tidak Boleh Puasa Demi Kesehatan, Siapa yang Termasuk Kategori Ini?

Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami

Jika kamu mengalami masalah hidung tersumbat maka perhatikan kelembaban saluran hidung dan sinus, berikut ini langkah mudah meredakan hidung tersumbat:

1. Minum banyak cairan

cara mengatasi hidung tersumbat
Konsumsi banyak cairan. Foto: https://www.shutterstock.com

Dengan mengonsumsi banyak cairan selain bisa menghindari dehidrasi tetapi juga menjaga tenggorokan tetap lembab dan mengencerkan lendir sehingga mencegah sinus tersumbat. 

2. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan sering buang ingus

Hal ini cukup penting dilakukan namun lakukan dengan tepat. Jangan terlalu keras karena bisa membawa kuman kembali ke telinga. Cara terbaik membuang ingus agar mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidung ketika kamu membuang ingus dengan lubang satunya. 

3. Menghirup uap hangat

menghirup uap hangat untuk mengatasi hidung tersumbat. Foto: https://www.healthline.com

Cobalah memasak air dengan panci, kemudian setelah matang angkat dan perlahan-lahan hirup uap hangatnya. Namun, untuk mempraktikkan cara mengatasi hidung tersumbat ini harus hati-hati jangan sampai membuat hidung melepuh.

Selain ini, kamu juga bisa mandi dengan air hangat. Manfaatnya selain melegakan hidung tersumbat dan juga membuat tubuh Anda rileks.

4. Cuci hidung dengan air garam

Meskipun cara ini jarang dilakukan banyak orang namun nyatanya secara medis hal ini ampuh. Fungsinya selain melegakan hidung, juga menghilangkan virus serta bakteri yang berada di dalam hidung. 

Cara membuatnya cukup dengan mengaduk larutan tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda kemudian simpan di wadah yang kedap udara. Untuk membuat larutannya, ambil satu sendok teh campuran tersebut, lalu masukkan ke 230 ml air hangat. 

Isi larutan ini ke dalam syringe atau neti pot. Kemudian, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala. Tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Biarkan hingga larutan itu mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Selama proses ini, Anda bisa bernapas menggunakan mulut.

5. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan konsumsi minuman hangat

Minuman hangat untuk mengatasi hidung tersumbat. Fotohttps://www.worldvision.org


Anda bisa menenangkan selaput yang meradang dengan mengonsumsi minuman air hangat. Cobalah konsumsi teh herbal yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu. Cara ini sangat efektif bagi Anda yang kesulitan bernapas ketika tidur di malam hari. 

6. Tidur dengan bantal ekstra


Meskipun cara ini bisa membuat leher agak pegal namun bisa membantu menjadikan tidur Anda lebih nyenyak. Tidur dengan dua bantal di bawah kepala bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Jadi, apa pilihan cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif bagi Anda? Atau Anda punya alternatif cara Anda sendiri dan berhasil mengatasinya?

Reference

https://www.healthline.com/health/stuffy-nose-relief

https://www.webmd.com/cold-and-flu/5-ways-get-rid-stuffy-nose

    register-docotr