Info Sehat

Sering Terjadi Saat Membersihkan Rumah, Ini Cara Mengatasi Alergi Debu

August 4, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Cara terbaik untuk mengatasi alergi debu adalah menghindari peluang kamu terpapar dengan alergen yang satu ini. Akan tetapi ada beberapa obat yang bisa kamu konsumsi untuk meringankan gejala yang ditimbulkannya.

Alergi debu ini sendiri biasanya disebabkan oleh tungau debu yang berukuran sangat kecil yang berada di rumah kamu. Alergi akan timbul karena tubuh menganggap tungau ini bersama dengan sampah yang mereka hasilkan sebagai alergen saat memasuki tubuh.

Selain tungau, beberapa alergen yang bisa bercampur dengan debu dan menyebabkan alergi adalah kecoa, jamur, serbuk sari dari tanaman, rumput, hingga kembang di sekitar rumah. Rambut dan liur binatang peliharaan pun dapat bercampur dengan partikel debu dan menjadi alergen, lho.

Gejala alergi debu

Gejala alergi debu akan memburuk setelah kamu membersihkan rumah, karena partikel debu bersama dengan tungau ini akan naik ke udara dan mudah dihirup. Saat terhirup, alergen ini akan menyebabkan inflamasi di saluran hidung.

Gejala lain dari alergi ini adalah:

  • Batuk
  • Hidung tersumbat
  • Lendir di kerongkongan
  • Bersin-bersin
  • Bengkak di bawah mata
  • Mata gatal

Cara mengatasi alergi debu

Ada beberapa cara mengatasi alergi debu, mulai dari membersihkan rumah hingga obat-obatan untuk mengatasi gejalanya. Antara lain:

Menghindari alergen

Cara terbaik untuk mengatasi setiap alergi adalah meminimalisir paparan alergen. Dalam hal alergi debu, kamu bisa melakukan beberapa langkah bersih-bersih atau membuat perubahan di dalam rumah.

Beberapa langkah yang bisa kamu ambil antara lain:

  • Lepas semua karpet, tirai dan gorden, terutuma di dalam kamar
  • Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur dan lebih baik tempatkan mereka di luar rumah
  • Buat kelembapan rumah seminimal mungkin
  • Gunakan sarung bantal dan kasur yang anti tungau
  • Cuci seprai dan sarung bantal serta guling setiap seminggu sekali dalam suhu 54,4 derajat celsius. Suhu ini cukup untuk membunuh tungau dan setelah keringkan dengan mesin pengering
  • Pastikan rumah tetap dalam kondisi bersih dan kering
  • Gunakan AC atau pengatur kelembapan di dalam rumah untuk pertahankan kelembapan antara 30 persen hingga 50 persen
  • Pel rumah sesering mungkin
  • Gunakan masker saat sedang bersih-bersih rumah supaya partikel debu dan alergen lain tidak terhirup

Obat-obatan untuk alergi debu

Jika cara mengatasi alergi debu dengan menghindari alergen tidak cukup, ada beberapa obat yang bisa dibeli di apotek untuk membantu meringankan gejala yang timbul. Antara lain:

Obat apotek 

Kamu bisa membeli obat antihistamin di apotek atau toko obat. Golongan obat ini antara lain Allegra, Claritin, Zyrtec dan Benadryl.

Obat-obatan ini bekerja dengan cara menghambat histamin yang dilepaskan tubuh sebagai bagian mekanisme pertahanan ketika alergi. Dalam hal ini histamin dilepaskan ketika kamu terpapar oleh debu dan partikel lain yang tercampur di dalamnya yang memicu alergi.

Selain itu, cara mengatasi alergi debu lainnya adalah dengan menggunakan dekongestan yang bisa kamu beli di apotek dan toko obat. Kelompok obat ini adalah Sudafed atau Arfin.

Jika alergi debu terus-terusan menyebabkan hidung berair, lendir di kerongkongan, sinus dan sakit kepala, maka kamu bisa menggunakan dekongestan untuk mengatasinya. Obat ini dapat dapat mengeringkan jaringan di saluran hidung sehingga kamu jadi lebih leluasa bernapas.

Obat yang diresepkan

Dokter bisa meresepkan obat yang bisa kamu konsumsi sebagai cara mengatasi alergi debu. Kemungkinan obat-obatan ini antara lain oral leukotriene receptor antagonists dan kortikosteroid hirup.

Kortikosteroid hirup yang bisa diberikan antara lain Flonase atau Nasonex. Kedua obat ini dapat mengurangi inflamasi dengan efek samping yang lebih kecil ketimbang obat yang dikonsumsi secara oral.

Allergy shots

Cara mengatasi alergi ini bisa juga disebut dengan allergen immunotherapy. Terdiri dari rangkaian pengobatan yang bertujuan untuk melegakan alergi parah, termasuk debu, dalam jangka panjang.

Biasanya hal ini dilakukan dengan cara menyuntikan sedikit saja kadar alergen kamu ke tubuh sehingga lama kelamaan tubuh akan membentuk imun terhadap alergen ini. Allergy shot diberikan setiap minggu dalam waktu beberapa bulan atau bahkan tahunan.

Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi alergi yang berat dan tidak bisa diatasi dengan pengobatan biasa. Sebelum menerima allergy shots, kamu akan melewati serangkaian tes alergi untuk menentukan dosis dan lama pengobatan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Acaai.org (2018) diakses 31 Juli 2020. https://acaai.org/allergies/types/dust-allergy
  2. Carolinaasthma.com (2020) diakses 31 Juli 2020. https://www.carolinaasthma.com/dust-allergies/
  3. Allergyfree.co.in diakses 31 Juli 2020. https://www.allergyfree.co.in/know-your-allergy/indoor-allergies/dust
  4. Healthline.com (2019) diakses 31 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/dust-mites-bites#treatment
  5. Healthline.com (2020) diakses 31 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/allergies/dust-mites#treatment
  6. Healthline.com (2018) diakses 31 Juli 2020.https://www.healthline.com/health/allergies/decongestants#1
  7. Healthline.com (2017) diakses 31 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/allergies/allergy-shots
    register-docotr