Info Sehat

Hemoglobin Rendah Bikin Mudah Lelah dan Pusing, Yuk Terapkan 5 Cara Menaikkannya

August 2, 2020 | Nik Nik Fadlah
feature image

Hemoglobin merupakan protein yang terdapat di dalam sel darah merah. Jika kadar hemoglobin rendah, maka tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Ada beberapa cara menaikkan hemoglobin yang dapat kamu lakukan, apa saja? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Mudah Dilakukan, Begini Lho Cara Ampuh Menaikkan Trombosit

Faktor penyebab rendahnya kadar hemoglobin

Hemoglobin bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sangat penting untuk mempertahankan kadar hemoglobin yang normal dalam darah agar tubuh berfungsi dengan baik.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kadar hemoglobin seseorang rendah, misalnya saja anemia yang diakibatkan kurangya zat besi, kehamilan, gangguan hati, serta infeksi saluran kemih.

Ketika kadar hemoglobin turun, akan menimbulkan beberapa gejala, seperti merasa lemah dan lelah, sakit kepala, sesak napas, pusing, nafsu makan yang buruk, atau bahkan dapat membuat detak jantung berdetak lebih cepat.

Lalu, bagaimana cara menaikkan hemoglobin?

Namun tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menaikkan hemoglobin yang dapat kamu lakukan seperti yang dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Meningkatkan asupan zat besi

Cara menaikkan hemoglobin yang pertama dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan zat besi. Seseorang yang memiliki kadar hemoglobin yang rendah dapat mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung zat besi.

Makanan tersebut termasuk:

  • Daging dan ikan
  • Produk kedelai, termasuk tofu dan edamame
  • Telur
  • Buah-buahan kering, seperti kurma dan ara
  • Brokoli
  • Sayuran berdaun hijau
  • Kacang hijau
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Selai kacang.

2. Cara menaikkan hemoglobin dengan meningkatkan asupan folat

Meningkatkan asupan folat juga merupakan cara menaikkan hemoglobin yang bisa kamu terapkan. Folat sendiri merupakan jenis vitamin B yang berperan penting dalam produksi hemoglobin.

Tubuh menggunakan folat untuk memproduksi heme, yakni komponen hemoglobin yang membantu membawa oksigen.

Jika seseorang tidak memiliki asupan folat yang cukup di dalam tubuh, sel darah merah tidak dapat matang, hal ini dapat menyebabkan anemia defisiensi folat dan kadar hemoglobin yang rendah.

Beberapa makanan yang mengandung folat yang dapat kamu konsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di antaranya adalah:

  • Daging sapi
  • Bayam
  • Nasi
  • Kacang-kacangan
  • Kacang polong bermata hitam
  • Kacang merah
  • Alpukat
  • Selada

3. Maksimalkan penyerapan zat besi

Cara menaikkan hemoglobin selanjutnya yakni memaksimalkan penyerapan zat besi. Mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung zat besi memang penting, tetapi kita juga harus memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Yakni dengan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, serta sayuran hijau.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi suplemen vitamin C juga dapat meningkatkan jumlah zat besi yang diserap. Vitamin A dan beta karoten juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi.

Makanan yang mengandung vitamin A di antaranya adalah:

  • Ikan
  • Hati
  • Labu
  • Ubi jalar
  • Kale dan collard.

Sedangkan, untuk makanan yang tinggi akan kandungan beta karoten sendiri dapat ditemukan pada makanan berikut:

  • Wortel
  • Ubi jalar
  • Labu
  • Melon cantaloupe (melon jingga)
  • Mangga

Suplemen vitamin A juga dapat membantu penyerapan zat besi, namun yang perlu diingat adalah jika vitamin ini dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, maka akan menimbulkan bahaya bagi tubuh.

Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kondisi yang disebut dengan hipervitaminosis A. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti nyeri sendi dan tulang, sakit kepala yang parah, dan peningkatan tekanan di dalam otak.

4. Hindari minuman yang menghambat penerapan zat besi

Selain kamu diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu penyerapan zat besi, cara menaikkan hemoglobin yang keempat adalah dengan menghindari beberapa minuman yang dapat menghambat penyerapan zat yang penting bagi tubuh tersebut.

Hal ini sangat penting, terutama jika kamu memiliki kadar hemoglobin yang rendah. Beberapa minuman yang harus kamu hindari di antaranya adalah, kopi, teh, minuman kola, wine (anggur), serta bir.

Baca Juga: Inilah Dampak Kekurangan Zat Besi pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!

5. Cara menaikkan hemoglobin dengan berolahraga

Latihan dengan intensitas yang sedang hingga tinggi sangat dianjurkan. Karena ketika kamu berolahraga, tubuh memproduksi lebih banyak hemoglobin untuk memenuhi peningkatan kebutuhan oksigen di seluruh tubuh.

Dilansir dari Cure Joy, olahraga yang dapat kamu lakukan untuk menaikkan hemoglobin di antaranya adalah berjalan, jogging atau berlari, menari, bersepeda, serta berenang.

Meskipun demikian, sebaiknya lakukanlah olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. Misalnya saja, jika kamu mengalami anemia sebaiknya lakukanlah olahraga ringan dengan intensitas yang rendah atau sedang serta selalu perhatikan pula asupan cairan.

Itulah beberapa cara menaikkan hemoglobin yang dapat kamu lakukan. Jika kamu sudah melakukan cara di atas namun kadar hemoglobinmu tetap rendah, sebaiknya segeralah berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Cure Joy (2018). Diakses pada 27 Juli 2020. 5 Exercise to Increase Your Hemoglobin Levels

Healthline (2018). Diakses pada 27 Juli 2020. How to Raise Your Hemoglobin Count 

Medical News Today (2018). Diakses pada 27 Juli 2020. How to Increase Hemoglobin: Home Remedies 

NDTV Food (2018). Diakses pada 27 Juli 2020. How to Increase Hemoglobin: 7 Natural Ways to Improve Hemoglobin 

    register-docotr