Info Sehat

4 Cara Membersihkan Ginjal yang Bisa Dilakukan di Rumah

September 3, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ginjal merupakan salah satu organ yang memainkan peran penting di dalam tubuh, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga. Ada beberapa cara membersihkan ginjal yang bisa kamu lakukan, agar organ itu tetap optimal dalam menjalankan fungsinya.

Bukan dengan operasi atau prosedur medis, kamu bisa menjaga kebersihan ginjal dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi. Yuk, simak beberapa cara membersihkan ginjal berikut ini!

Baca juga: Penyakit Ginjal: Ketahui Berbagai Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Serba-serbi tentang organ ginjal dan fungsinya

Ginjal adalah dua organ kecil yang berada di bawah tulang rusuk. Meski ukurannya tak sebesar paru-paru, ginjal mempunyai tugas yang cukup berat. Beberapa di antaranya yaitu menyaring zat berbahaya dan racun, membuang limbah, menciptakan hormon, serta menyeimbangkan kadar elektrolit.

Ada banyak kondisi yang bisa mengganggu kinerja dari ginjal. Salah satunya adalah pembentukan kristal menyerupai batu di area sekitarnya. Dengan menjaga kebersihan ginjal, kristal-kristal tersebut akan sulit terbentuk.

Cara-cara membersihkan ginjal secara alami

Seperti yang telah disebutkan, menjaga kebersihan ginjal tak perlu dengan operasi atau prosedur medis lainnya. Berikut 5 cara membersihkan ginjal yang mudah dilakukan di rumah:

1. Rajin minum air putih

Cara membersihkan ginjal yang paling mudah adalah dengan rajin minum air. Mengutip dari Healthline, sebagai organ yang bertanggung jawab atas proses filtrasi, air sangat dibutuhkan untuk membantu mengeluarkan zat sisa melalui urine.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari hampir 60 persen air. Jika kadarnya kurang, maka urine akan sulit terbentuk. Akibatnya, zat-zat sisa akan sulit untuk dibuang. Lama-kelamaan hal ini bisa memicu pembentukan kristal-kristal kecil atau yang lebih populer dengan sebutan batu ginjal.

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, orang dewasa butuh setidaknya mengkonsumsi air sebanyak 3.7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita per hari. Selain dari air putih, kamu juga memenuhinya lewat buah-buahan kaya air, misalnya semangka.

2. Perbanyak konsumsi buah-buahan

Cara membersihkan ginjal berikutnya adalah dengan memperbanyak asupan buah. Bukan tanpa alasan, buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Anggur misalnya, mengandung senyawa resveratrol yang bisa menurunkan risiko peradangan pada ginjal.

Begitu pula dengan cranberry, dapat menjaga kesehatan ginjal dan organ lainnya yang tersusun dalam sistem kemih.

Selain cranberry dan anggur, kamu juga bisa rajin mengonsumsi lemon, jeruk, serta melon. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, sehingga bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Ada dua alternatif cara untuk mengonsumsinya, yaitu memakan langsung atau diolah menjadi jus. Konsumsi buah setiap hari akan memberikan efek yang menyehatkan.

3. Pilih makanan tinggi kalsium

Selain buah-buahan, kamu bisa mulai mempertimbangkan mengonsumsi makanan tinggi kalsium.

Mengutip dari Healthline, kalsium adalah nutrisi yang bisa mengikat senyawa oksalat untuk mengurangi proses penyerapan dan ekskresi. Dengan begitu, pembentukan kristal atau batu ginjal bisa diminimalkan.

Asupan kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1,2 gram. Kamu bisa mendapatnnya dari beberapa makanan yaitu almond, sereal, serta olahan kedelai seperti tahu dan edamame.

Baca juga: Kaya akan Kalsium, Manfaat Tempe Bisa Tingkatkan Kesehatan Tulang Lho!

4. Minum teh herbal

Cara membersihkan ginjal yang terakhir adalah dengan teh herbal. Beberapa teh herbal memiliki khasiat yang menakjubkan untuk ginjal. Teh ini biasanya tidak memiliki efek samping, karena terbuat dari bahan alami seperti tanaman.

Teh herbal yang sering digunakan untuk membersihkan ginjal umumnya terbuat dari ekstrak daun jelatang dan tanaman sambong. Dua bahan alami ini mudah ditemukan di negara-negara tropis, termasuk Indonesia.

Teh dari bunga hortensia (hydrangea) juga cukup efektif memberi perlindungan terhadap ginjal. Di Indonesia, bunga ini lebih populer dengan sebutan kembang bokor, sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Nah, itulah 4 cara membersihkan ginjal yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan melakukan beberapa tips di atas secara rutin, kebersihan ginjal akan terjaga sehingga organ tersebut semakin optimal dalam menjalankan tugasnya. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 30 Agustus 2020, Doing a Natural Kidney Cleanse at Home.
  2. Medical News Today, diakses 30 Agustus 2020, What to know about kidney cleanses.

    register-docotr