Info Sehat

Wajib Tahu! Berikut 6 Tips dan Cara Bangun Pagi agar Tak Kesiangan

January 1, 2021 | Muhammad Hanif S.
feature image

Bangun pagi merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang. Akibatnya, datang ke kantor menjadi terlambat dan rutinitas menjadi terganggu. Kamu perlu menerapkan beberapa cara bangun pagi agar tak kesiangan lagi.

Lantas, apa saja hal yang bisa dilakukan agar bisa bangun pagi? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: Seks Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak dan Pulas, Benarkah?

Beragam cara bangun pagi yang bisa dilakukan

Ada banyak cara bangun pagi yang dapat kamu terapkan. Mulai dari yang termudah seperti mengatur ritme sirkadian, hingga rajin olahraga dan minum susu sebelum tidur. Berikut beberapa tips agar kamu bisa bangun pagi lebih mudah:

1. Atur ritme sirkadian

Sirkadian adalah ritme alami tubuh dalam urusan tidur yang dipengaruhi oleh kebiasaan. Misalnya, saat kamu terbiasa tidur larut dan bangun di siang hari, tubuh akan menganggapnya sebagai pola yang normal.

Akibatnya, saat kamu memaksa untuk tidur lebih awal, tubuh akan menolaknya. Kamu akan sulit tidur sampai menginjak waktu seperti biasanya. Oleh karena itu, agar bisa bangun pagi, biasakan untuk tidur di awal waktu supaya tubuh bisa mengikuti pola tersebut.

2. Matikan televisi dan gadget

Apakah kamu termasuk orang yang suka membiarkan televisi menyala saat tertidur? Jika ya, ada baiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Matikan televisi setidaknya satu jam sebelum beranjak tidur.

Sinar biru yang terpancar bisa membuat pelepasan melatonin menjadi tidak optimal. Melatonin sendiri adalah hormon pemicu rasa kantuk. Begitu juga dengan penggunaan smartphone atau gadget, usahakan untuk berhenti menatapnya satu jam sebelum tidur.

Kadar melatonin sangat memengaruhi kualitas tidurmu dan tingkat kelelapan. Saat tidurmu nyenyak, kemungkinan untuk bangun pagi akan lebih mudah.

3. Biarkan cahaya matahari masuk

Meski kaca jendela sebaiknya harus tertutup rapat, usahakan tetap membuka tirai atau gorden. Sinar matahari pagi bisa membangunkanmu secara alami.

Cara bangun pagi yang satu ini tidak akan kamu dapatkan jika tirai atau gorden jendela ditutup pada malam hari. Sinar matahari akan terhalang dan tidak bisa masuk ke dalam kamarmu. Akibatnya, suasana di dalam kamar tetap gelap dan kamu masih berada dalam mimpi.

4. Rajin olahraga dan aktif bergerak

Cara bangun pagi lebih mudah berikutnya adalah dengan rajin berolahraga dan aktif bergerak. Setelah sibuk dengan rutinitas harian, tubuh akan menjadi lelah dan mudah mengantuk. Tidur di awal waktu bisa membuatmu lebih mudah untuk bangun pagi.

Beberapa jenis olahraga seperti kardio dan aerobik juga bisa meningkatkan kualitas tidurmu, sehingga mempermudah untuk bangun lebih pagi.

Tak hanya itu, menurut National Sleep Foundation, rajin olahraga juga ampuh mengatasi berbagai gangguan tidur, salah satunya adalah insomnia.

5. Minum susu sebelum tidur

Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, produk susu dan olahannya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Ini karena susu mengandung triptofan yang bisa menenangkan.

Triptofan adalah asam amino yang memainkan peran penting dalam produksi neurotransmiter yang dikenal sebagai serotonin. Serotonin bisa membuat tubuh menjadi rileks dan memacu produksi melatonin secara alami.

Seperti yang telah disebutkan, saat kamu tidak mengalami gangguan tidur, potensi untuk bangun pagi akan lebih mudah.

6. Gunakan alarm

Cara bangun pagi yang sering dipakai oleh banyak orang adalah dengan menyetel alarm. Meski, sebenarnya cara ini bisa membuatmu pusing setelah beranjak.

Menggunakan alarm pun perlu trik khusus agar kamu tak kembali menarik selimut setelah mendengarkan bunyinya. Apakah kamu adalah orang yang sering menekan snooze ketika alarm berbunyi? Jika ya, jauhkan alarm dari jangkauanmu sebelum tidur.

Saat alarm ada di tempat yang jauh, kamu akan dipaksa beranjak untuk menghentikan bunyinya. Jika perlu, letakkan alarm di ujung kamar agar kamu kesulitan untuk mematikannya.

Meletakkan alarm tepat di samping bantal hanya akan membuatmu tergoda untuk tidur lagi setelah menekan snooze.

Nah, itulah enam cara bangun pagi yang dapat kamu terapkan mulai sekarang. Lakukan beberapa tips di atas secara rutin agar tubuh bisa terbiasa untuk bangun pagi, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 14 Desember 2020, How to Train Yourself to Wake Up on Time in the Morning.
  2. WebMD, diakses 14 Desember 2020, Wake-Up Tips: How to Make the Morning Easier.
  3. Verywell Health, diakses 14 Desember 2020, How to Wake up Rested in the Morning.
  4. Everyday Health, diakses 14 Desember 2020, 11 Tricks for Waking Up Earlier in the Morning.
  5. National Sleep Foundation, diakses 14 Desember 2020, Exercise and Insomnia.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 14 Desember 2020, Association between difficulty initiating sleep in older adults and the combination of leisure-time physical activity and consumption of milk and milk products: a cross-sectional study.

    register-docotr