Info Sehat

Ragam Cara Agar Gigi yang Sudah Goyang Bisa Lepas Secara Alami

December 15, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Cara agar gigi lepas secara alami perlu diketahui oleh kamu yang takut untuk ke dokter gigi. Ini karena gigi yang goyang dan bermasalah tidak boleh didiamkan begitu saja. 

Kondisi gigi goyang pada orang dewasa bisa disebabkan oleh banyak hal seperti penyakit pada gusi, kebiasaan menggigit benda keras atau karena benturan. Gigi goyang sendiri adalah kondisi di mana gigi akan mudah goyah atau bergerak saat disentuh dengan jari atau lidah.

Cara agar gigi lepas secara alami

Apabila kamu tidak ingin mencabut gigimu yang sudah goyang di dokter gigi, kamu mungkin perlu mencoba beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah dengan kehati-hatian ya, seperti:

Goyangkan gigi hingga lepas

Saat kamu mengalami gigi yang goyang dan takut untuk pergi ke dokter, kamu bisa menggoyangkan gigi tersebut hingga terlepas. Namun perlu diperhatikan bahwa jangan memaksa untuk melepaskannya.

Tujuannya adalah membuat gigi yang sudah goyang menjadi semakin longgar dan mudah untuk terlepas sendiri.

Kunyah makanan bertekstur keras

Apabila gigi kamu sudah sangat goyang dan masih belum lepas, kamu bisa mencoba cara agar gigi lepas secara alami lainnya yaitu mengunyah makanan yang keras. Kamu bisa mencoba mengunyah apel, pir atau wortel.

Kunyah makanan tersebut pada posisi gigi yang goyang. Nantinya, seluruh proses pengunyahan akan membantu melonggarkan gigi yang sudah goyang itu hingga terlepas.

Manfaatkan momen menyikat gigi

Cara agar gigi lepas secara alami berikutnya juga bisa dilakukan saat kamu menyikat gigi. Saat menyikat gigi, lakukan gerakan naik turun pada posisi gigi yang goyang agar terlepas dengan sendirinya.

Gunakan benang gigi

Selain dengan menyikat gigi, kamu juga bisa menggunakan benang gigi yang bisa kamu dapatkan di apotek. Lingkarkan benang gigi pada gigi yang goyang.

Namun sebelum itu, pastikan gigi sudah benar-benar longgar. Setelah benang gigi dilingkarkan, pastikan benang tersebut sudah erat, lalu tarik benang gigi dengan cepat.

Risiko yang harus diperhatikan

Hampir semua literatur tidak menyarankan untuk mencabut gigi secara mandiri atau dilakukan sendiri tanpa bantuan dan saran dari dokter. Mengapa? karena ditakutkan akan menimbulkan risiko yang lebih buruk.

Dilansir Healthline, gigi orang dewasa telah berakar di dalam rahang dan dikelilingi oleh gusi, saraf, serta pembuluh darah. Mencabut gigi sendiri memiliki risiko kerusakan permanen pada gigi bahkan infeksi.

Berikut beberapa risiko yang mungkin akan kamu alami apabila memaksakan untuk mencabut gigi sendiri:

Gigi patah

Mencoba mencabut gigi tanpa bantuan dokter dapat menyebabkan gigi lepas tidak sampai akarnya. Kondisi ini berpotensi merusak gigi di sekitarnya. Hal ini tidak hanya akan merusak senyum kamu, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pada gigi yang lebih parah.

Infeksi

Mencabut gigi sendiri akan menyebabkan kamu mengalami infeksi dan luka terbuka. Biasanya kondisi ini terjadi apabila setelah gigi terlepas, kamu mengeluarkan darah yang sangat banyak dan meninggalkan luka.

Terpaksa mengeluarkan biaya lebih mahal

Apabila kamu tetap mencoba cara agar gigi lepas secara alami namun ternyata kamu mengalami pendarahan dan luka, tentunya kamu harus segera mengunjungi dokter.

Dalam keadaan ini, dokter mungkin akan memberikan rekomendasi penanganan untuk kondisi gigi kamu. Tentu, harganya akan lebih mahal dibandingkan apabila sejak awal kamu memilih untuk mencabut gigi di dokter.

Cara menjaga kesehatan gigi 

Menjaga kesehatan gigi adalah cara terbaik untuk mencegah masalah kesehatan jangka panjang dan komplikasi yang berkaitan dengan gigi, gusi dan mulut.

Lakukan cara berikut ini untuk membuat gigi kamu kuat dan sehat:

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan mouthwash setidaknya dua kali sehari 
  • Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan dari lokasi yang sulit dijangkau sikat gigi
  • Minumlah air yang mengandung fluoride untuk mencegah pembusukan gigi
  • Kunjungi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan gigi atau prosedur kesehatan lainnya
  • Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis yang dapat membuat gigi rentan membusuk
  • Hindari merokok, karena kebiasaan ini bisa menimbulkan penyakit gusi dan gigi rontok

Demikianlah berbagai cara agar gigi lepas secara alami dan bagaimana menjaga agar gigi tidak mudah goyang. Selalu jaga kesehatan gigi dan mulut kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline.com, diakses 2 Desember 2020. How Do I Pull Out My Child’s Baby Tooth, and Can I Also Pull My Own?
  2. urbandalesmiles.com, diakses 2 Desember 2020. 5 Steps to Remove a Loose Tooth Without Pain
  3. millsriverdental.com, diakses 2 Desember 2020. Can You Pull Your Teeth?
    register-docotr