Info Sehat

Apa Bahaya Vape bagi Kesehatan? Selain Bikin Kecanduan, Ini Hal yang Perlu Kamu Waspadai!

June 17, 2020 | Felicia Elfriestha
feature image

Kini vape menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Ternyata vape memiliki kandungan yang berbahaya untuk tubuh lho. Berikut bahaya vape yang harus kamu waspadai!

Bahaya vape

Biasanya banyak orang yang memilih vape sebagai peralihan dari rokok. Tak sedikit perokok elektrik seperti vape beranggapan bahwa vape jauh lebih aman dan tidak membahayakan dibanding rokok pada umumnya. 

Berikut bahaya vape yang perlu kamu waspadai, antara lain:

Membahayakan paru-paru

Meski tidak menggunakan kandungan tembakau, bukan berarti bahaya vape lebih ringan daripada rokok tembakau. Apalagi vape digunakan dengan cara dihisap, tentunya ini dapat memengaruhi kesehatan paru-paru kamu secara langsung. 

Karena zat kimia yang terkandung di dalam vape bisa menimbulkan reaksi peradangan dan kerusakan jaringan paru. 

Tidak hanya itu saja, diasetil yang terkandung di vape juga dapat menyebabkan munculnya penyakit bronkiolitis obliterans, atau lebih dikenal sebagai paru-paru popcorn (popcorn lung).

Membahayakan jantung

Vape juga memiliki kandungan yang sama dengan rokok biasanya yaitu tembakau. Walaupun tidak sebanyak rokok tembakau, zat nikotin yang terkandung dalam vape juga dapat menimbulkan gangguan pada pembuluh darah arteri. 

Hal ini dapat memengaruhi kerja jantung, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menyebabkan kecanduan

Adanya kandungan nikotin yang terkandung di dalam vape dapat menimbulkan efek ketergantungan. Tidak hanya itu saja, vape juga mengandung zat kimia berbahaya yang bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Merusak gigi dan gusi 

Penggunaan vape juga dapat menimbulkan beberapa gangguan pada gigi dan mulut, seperti infeksi gusi, gigi berlubang, mulut kering, bau mulut, kehilangan gigi, hingga kerusakan gigi. 

Tak hanya itu, kandungan nikotin pada vape juga dapat menimbulkan efek samping yang ditandai dengan adanya noda pada gigi atau perubahan warna gigi.

Memicu sel kanker

Kandungan nikotin cair beserta zat pelarut propilen glikol, gliserin, dan dieter glikol pada vape akan menghasilkan zat nitrosamine. Zat inilah yang dapat memicu terjadinya kanker.

Mulut menjadi lebih kering

Kandungan propilen glikol pada vape dapat menyebabkan mulut kering. Hal ini juga akan terkait dengan bau mulut, sariawan, serta kerusakan gigi. Untuk mengatasi mulut kering, minum air putih yang banyak dapat melarutkan kandungan vape.

Kandungan berbahaya pada vape

Meski banyak orang yang beranggapan bahwa vape tidak lebih berbahaya dibandingkan rokok biasa, ternyata vape juga membahayakan tubuh kamu lho. Berikut kandungan berbahaya vape yang berbahaya, antara lain:

Nikotin

Nikotin merupakan zat kimia yang bisa ditemukan dalam berbagai produk tembakau. Zat ini dapat menyebabkan iritasi, sensasi terbakar di mulut dan tenggorokan, mual, hingga meningkatkan metabolisme tubuh.

Propilen glikol

Propilen glikol merupakan senyawa kimia yang diizinkan dipakai sebagai bahan tambahan pangan (BTP). Hanya saja penggunaannya harus sesuai dengan aturan asupan harian yang dapat diterima atau acceptable daily intake (ADI).

Namun, jika dikonsumsi di luar batas wajar, senyawa kimia ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

Tobacco specific nitrosamine

Tobacco-specific nitrosamines merupakan kelompok senyawa karsinogen (penyebab kanker) yang ada di produk tembakau. Senyawa ini dihasilkan oleh nikotin dan alkaloid dari tembakau.

Perisa buatan

Bahan kimia ini dapat merusak silia, yang merupakan garis pertahanan pertama di paru-paru dengan mengubah ekspresi gen yang terkait dengan produksi dan fungsi silia.

Diethylene glycol

Diethylene glycol atau DEG merupakan senyawa tidak berwarna, tidak berbau, yang memiliki rasa manis. Biasanya senyawa ini dipakai pada cairan antibeku, oli rem, rokok, hingga obat-obatan.

Jika dikonsumsi sembarangan DEG dapat menyebabkan keracunan yang bisa berujung pada gagal ginjal.

Jadi, mulai sekarang kamu harus waspada dengan penggunaan vape ini. Jangan sampai kamu merasakan risiko yang dapat membahayakan tubuh kamu. Sebelum menggunakannya, sebaiknya kamu harus memikirkan risiko yang akan terjadi setelahnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr