Info Sehat

Kenali Risiko dan Bahaya Susu Kental Manis Jika Dikonsumsi Setiap Hari

October 21, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pada 2018 lalu ramai diberitakan jika susu kental manis ternyata berbeda dari susu biasa. Meski masih mengandung susu, tapi tahukah kamu jika ada bahaya susu kental manis jika mengonsumsinya terus menerus setiap hari?

Sebenarnya, susu kental manis aman dikonsumsi jika hanya dijadikan pelengkap makanan, bukan untuk dikonsumsi setiap hari. Karena di balik kandungannya ada bahaya susu kental manis yang perlu dihindari.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang kandungan dan bahaya susu kental manis, yuk simak penjelasan berikut.

Apa itu susu kental manis?

Susu kental manis adalah produk olahan susu, yang berasal dari susu sapi. Kemudian dikurangi kandungan airnya hingga menjadi kental dan ditambahkan pemanis. Penambahan pemanis ini, menurut Healthline, ternyata bertujuan sebagai pengawet.

Menurut situs Badan POM, susu kental manis atau SKM adalah salah satu dari subkategori dari susu dan hasil olahannya. Subkategori ini berbeda dengan jenis susu cair serta jenis susu bubuk, krim bubuk dan bubuk analog.

Sebelumnya, masyarakat mengira susu kental manis dapat dikonsumsi setiap hari seperti jenis susu pada umumnya. Namun ternyata, menurut Badan POM, susu kental manis dapat digunakan untuk toping atau campuran pada makanan dan minuman.

Karena itu, susu kental manis tidak bisa dijadikan pengganti produk susu pada umumnya, karena tidak dapat dijadikan penambah atau pelengkap gizi. Karena kandungan gizinya berbeda dari produk susu lainnya.

Kandungan gizi susu kental manis

Susu kental manis tetap berbahan dasar susu sapi. Sehingga memiliki kandungan protein, lemak serta berbagai vitamin dan mineral. Namun karena diolah lagi dan diberi tambahan pemanis, kandungan gulanya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan susu pada umumnya.

Dilansir dari Heathline, berikut fakta nutrisi susu kental manis secara umum. Dalam 30 ml susu kental manis, mengandung:

  • Kalori: 90
  • Karbohidrat: 15,2 gram
  • Lemak: 2,4 gram
  • Protein: 2,2 gram
  • Kalsium: 8 persen dari jumlah asupan harian yang dianjurkan
  • Fosfor: 10 persen dari jumlah asupan harian yang dianjurkan
  • Selenium: 7 persen dari jumlah asupan harian yang dianjurkan
  • Riboflavin (B2): 7 persen dari jumlah asupan harian yang dianjurkan
  • Vitamin B12: 4 persen dari jumlah asupan harian yang dianjurkan
  • Kolin: 4 persen dari jumlah asupan harian yang dianjurkan

Sementara di Indonesia, karakteristik susu kental manis memiliki kadar lemak susu tidak kurang dari 8 persen dan kadar protein tidak kurang dari 6,5 persen.

Bahaya susu kental manis

Menurut situs sehatnegeriku.kemkes.go.id, susu kental manis tidak dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Karena produk susu kental manis lebih banyak mengandung gula dan lemak dari pada protein.

Apa yang terjadi jika mengonsumsi susu kental manis setiap hari atau berlebihan? Tentu saja dapat mengganggu kesehatan seseorang. Karena dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Selain ancaman diabetes, ada beberapa bahaya susu kental manis yang mungkin terjadi jika mengonsumsinya berlebihan, seperti risiko obesitas.

Bukan hanya berisiko terkena diabetes, bahaya susu kental manis lainnya adalah meningkatnya risiko obesitas. Ini dapat terjadi karena susu kental manis tinggi akan kalori.

Jika kamu mengalami obesitas, maka kamu juga akan berisiko terkena sejumlah penyakit lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung dan juga kanker.

Penggunaan yang dianjurkan

Karena kandungan dan juga kemungkinan bahaya susu kental manis, Kementerian Kesehatan meminta kepada Badan POM untuk memerhatikan produk susu kental manis. Agar produk ini tidak dikategorikan sebagai produk susu bernutrisi.

Karena itu baik orang dewasa atau anak-anak tidak dianjurkan mengonsumsi susu kental manis setiap hari. Bagi anak-anak, susu kental manis tidak mencukupi kebutuhan gizi harian.

Sementara pada orang dewasa, berlebihan mengonsumsi susu kental manis dapat berisiko terjadinya gangguan kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Susu kental manis direkomendasikan hanya sebagai bahan pelengkap makanan atau minuman lainnya. Bisa dijadikan campuran kopi atau tambahan pada hidangan penutup.

Demikian penjelasan risiko dan bahaya susu kental manis jika dikonsumsi setiap hari atau dikonsumsi secara berlebihan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, diakses 13 Oktober 2020
Sweetened Condensed Milk: Nutrition, Calories and Uses
Kemkes.go.id, diakses 13 Oktober 2020
Susu Kental Manis Bukan untuk Dikonsumsi Setiap Hari
Kemkes.go.id, diakses 13 Oktober 2020
Kemenkes: Kental Manis Bukan Kategori Produk Susu Bernutrisi
BPOM, diakses 13 Oktober 2020
Penjelasan BPOM RI Tentang Susu Kental Manis (SKM)

    register-docotr