Info Sehat

Jangan Lagi Dibiasakan, Ini 7 Bahaya Menahan Bersin yang Bisa Menimpamu!

December 28, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Banyak orang tidak sadar akan bahaya menahan bersin. Padahal salah satunya, robeknya gendang telinga, termasuk fatal karena bisa mengakibatkan kehilangan pendengaran.

Bersin adalah mekanisme alami yang dilakukan tubuh ketika ada suatu benda asing di dalam hidung. Tapi terkadang saat tengah berada di tempat umum dan keramaian, secara tidak sadar orang menahan bersin.

Baca Juga: Si Kecil Sering Bersin di Pagi Hari, Apakah Pertanda Alergi?

Bahaya menahan bersin

Beberapa benda asing yang bisa menimbulkan bersin adalah bakteri, kotoran, debu, jamur, serbuk sari atau asap. Hidung kamu mungkin akan terasa sedikit geli dan tidak nyaman setelah kamu bersin.

Menahan bersin adalah hal yang seharusnya tidak kamu lakukan. Karena bersin mencegahmu dari sakit atau cedera karena benda-benda yang masuk lewat hidung. Situs kesehatan Healthline bahkan menyebut kalau bersin adalah cara ‘menyetel ulang’ pengaturan di hidung.

Aktivitas ini sangat bertenaga. Bayangkan saja, kecepatan bersin bisa mencapai 161 Km/jam. Sementara kalau kamu menahan bersin, tekanan di dalam saluran pernapasan akan meningkat 5-24 kali lebih tinggi daripada yang disebabkan oleh bersin itu sendiri.

Dengan demikian, bahaya menahan bersin yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

1. Robeknya gendang telinga

Ketika kamu menahan tekanan tinggi yang terbentuk di saluran pernapasan sebelum bersin, maka secara tidak langsung kamu mengirim udara ke telinga. Udara bertekanan ini masuk ke saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dan gendang telinga.

Hal ini bisa menyebabkan salah satu atau kedua gendang telinga menjadi robek dan kamu kehilangan pendengaran. Dalam banyak kasus, robeknya gendang telinga ini sembuh dengan sendirinya dalam beberapa pekan, namun ada juga yang memerlukan operasi.

2. Infeksi telinga bagian tengah

Infeksi menjadi salah satu bahaya dari menahan bersin. Hal ini dipicu oleh masuknya bakteri ke telinga. Padahal, bakteri ini harusnya dikeluarkan melalui bersin.

Bakteri tersebut masuk ke telinga bagian tengah dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini seringkali terasa menyakitkan. 

Biasanya infeksi telinga bagian tengah akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, tapi dalam beberapa kasus dibutuhkan antibiotik untuk mengatasi hal ini.

3. Rusaknya pembuluh darah

Dr. Alison Catlett Woodall dari University of Arkansas for Medical Science menyebut rusaknya pembuluh darah sebagai salah satu bahaya menahan bersin. Kondisi ini memang langka, tapi mengancam pembuluh darah di mata, hidung atau gendang telinga.

Ketika kamu menahan bersin, tekanan udara yang tertahan itu bisa menyebabkan pembuluh darah di lubang hidung menjadi pecah. Kondisi ini biasanya terlihat dengan jelas ketika mata atau hidung kamu menjadi merah.

4. Bahaya menahan bersih bisa menyebabkan cedera di diafragma

Bahaya yang satu ini memang tidak jarang terjadi, tapi bukan tidak mungkin diafragma kamu bisa cedera karena menahan bersin.  Kasus ini tertulis di sebuah laporan observasi yang diterbitkan dalam Journal of Emergencies, Trauma, and Shock.

Dalam laporan tersebut disebutkan udara yang bertekanan yang terperangkap di diafragma menyebabkan paru-paru menjadi tidak berfungsi dengan normal.

Kondisi itu termasuk cedera yang membahayakan nyawa dan membutuhkan perawatan medis secepatnya. 

5. Pembengkakan pembuluh darah

Pembengkakan pembuluh darah (aneurisme) di otak merupakan salah satu kasus yang pernah dilaporkan terjadi akibat menahan bersin.

Dalam laporan tersebut disebutkan kalau kondisi ini termasuk cedera yang membahayakan hidup dan dapat menyebabkan perdarahan di tengkorak yang mengelilingi otak.

Baca Juga: Penting! Patuhi Etika Batuk dan Bersin Agar Tidak Menulari Orang Lain

6. Tenggorokan rusak

Kasus ini tertulis dalam sebuah laporan yang diterbitkan BMJ Journals. Disebutkan bahwa pria berusia 34 tahun yang mengalami hal ini merasa sangat kesakitan dan sulit berbicara atau menelan.

Kondisi ini diawali dengan sensasi mengganjal di leher yang kemudian malah menjadi bengkak. Semua terjadi karena dia menahan bersin sambil menutup mulut dan hidung dalam waktu yang bersamaan.

Bahaya menahan bersin ini termasuk cedera yang serius dan membutuhkan penanganan medis secepatnya.

7. Bahaya menahan bersin bisa mengakibatkan patah tulang rusuk

Bahaya menahan bersin yang satu ini biasanya terjadi pada orang tua. Hal ini terjadi karena tekanan udara yang tinggi tertahan dan dipaksa masuk ke paru-paru.

Demikianlah berbagai bahaya menahan bersin yang mesti kamu ketahui. Karena itu, jangan segan atau malu bersin, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 15 Desember 2020. The Potential Dangers of Holding in a Sneeze
  2. UAMS Health, diakses 15 Desember 2020. Can Holding in a Sneeze Cause Hearing Damage?
  3. National Library of Medicine, diakses 15 Desember 2020. The perils of sneezing: Bilateral spontaneous pneumothorax
  4. BMJ, diakses 15 Desember 2020. Don’t hold your nose and close your mouth when you sneeze, doctors warn
  5. BMJ Journals, diakses 15 Desember 2020. Snap, crackle and pop: when sneezing leads to cracking in the neck
    register-docotr