Info Sehat

Telinga Teraba Panas? Bisa Jadi Ini 7 Faktor Penyebabnya dari Sisi Medis!

August 6, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ada beberapa arti telinga panas, mulai dari masalah medis yang serius ataupun bukan. Terlepas dari apapun masalahnya, kondisi ini tentu akan membuat kamu tidak nyaman.

Telinga panas sendiri biasa terjadi pada siapa saja. Pada saat kondisi ini terjadi, telinga dapat berubah menjadi merah dan sensasi panas pun bisa hadir.

Penyebab dan arti telinga panas dari sisi medis

Kondisi ini tidak terjadi begitu saja, ada penyebab dan arti dari telinga panas. Masing-masing arti memiliki penanganannya sendiri-sendiri, yaitu:

Terbakar matahari

Jika telinga tiba-tiba terasa panas saat beraktivitas di luar ruangan, segera cek berapa suhu saat itu. Bisa saja arti dari telinga panas yang kamu alami dikarenakan sengatan matahari.

Seperti bagian tubuh yang lain, telinga pun bisa terbakar matahari. Jika telinga terasa panas, lalu berubah menjadi merah, gatal, mengeras atau terkelupas setelah kamu terpapar matahari, maka bisa jadi itu adalah penyebabnya.

Hilangnya efek terbakar matahari ini tergantung dari seberapa parah telinga kamu terbakar. Jika masih dalam kondisi ringan, biasanya kulit butuh waktu 3-5 hari untuk kembali normal, sementara kalau terbakar parah, kamu butuh waktu sekitar 2 minggu untuk sembuh.

Reaksi emosional

Terkadang telinga berubah warna menjadi merah dan terasa panas sebagai reaksi emosional yang kamu alami. Beberapa emosi yang bisa menyebabkan ini antara lain marah, malu atau resah.

Ketika emosi itu sudah mereda, maka telinga kamu akan kembali seperti semula.

Perubahan suhu

Reaksi tubuh untuk menyesuaikan dengan suhu sekitar bisa jadi arti dari telinga panas yang kamu alami. Hal ini karena pada saat itu sedang terjadi penurunan aliran darah ke permukaan tubuh.

Kondisi ini dinamakan vasoconstriction atau vasokonstriksi, yang biasanya terjadi pada saat kamu berada di suhu yang sangat dingin. Kondisi ini tidak hanya terjadi di telinga saja, karena pipi dan hidung juga bisa mengalaminya.

Biasanya vasokonstriksi terjadi saat kamu melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti bermain ski dan snowboard. 

Infeksi telinga

Baik anak-anak maupun orang dewasa, semua usia rentan terhadap infeksi telinga dengan gejala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, adanya infeksi di telinga bisa menjadi arti dari telinga yang panas.

Orang dewasa umumnya hanya akan mengalami nyeri di telinga hingga pendengaran yang berkurang. Sementara anak-anak bisa mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, nafsu makan berkurang sampai kehilangan keseimbangan.

Infeksi telinga ini bisa terjadi di telinga tengah yang terletak di belakang gendang telinga. Infeksi telinga biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri dan dapat menyebabkan inflamasi dan cairan menumpuk sehingga membuat telinga terasa sakit dan panas.

Perubahan hormon

Adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh bisa menjadi arti dari telinga panas yang kamu rasakan. Salah satu perubahan hormon itu adalah menopause, yang terjadi jika perempuan tidak menstruasi hingga 12 bulan lamanya dan tidak bisa hamil secara alami.

Obat-obatan dan terapi yang kamu jalani pun bisa menyebabkan perubahan hormon, seperti yang dialami oleh para pengidap kanker saat menjalani kemoterapi.

Sindrom telinga merah

Red ear syndrome (RES) atau sindrom telinga merah adalah kondisi yang bisa menjadi arti dari telinga merah. Kondisi ini bisa terjadi karena aktivitas yang biasa kamu jalani seperti stres, pergerakan leher, sentuhan bahkan hanya dengan mencuci dan menyikat rambut saja.

Kondisi ini bisa terjadi pada kedua telinga, dan biasanya akan disertai dengan migrain. RES bisa terjadi selama beberapa menit hingga jam dan dapat berulang beberapa kali dalam satu hari atau muncul kembali setelah beberapa hari.

RES sulit untuk ditangani, dan dia bisa menghadirkan rasa tidak nyaman yang ringan hingga nyeri yang sangat menyakitkan.

Erythermalgia

Kondisi yang satu ini juga termasuk langka terjadi. Erythermalgia merupakan kondisi yang menimbulkan rona kemerahan dan sensasi seperti terbakar di salah satu atau kedua tangan dan kaki. 

Pada kasus yang langka, penyakit ini juga bisa terjadi di wajah dan telinga. Erythermalgia biasanya disebabkan oleh olahraga ringan atau suhu yang hangat.

Rasa nyeri yang timbul biasanya terasa berat hingga mengganggu aktivitas harian kamu. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses 03 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/hot-ears
  2. Healthline.com (2019) diakses 03 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/how-long-does-sunburn-last
  3. Healthline.com (2020) diakses 03 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/menopause
  4. Healthline.com (2019) diakses 03 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/ear-infections
    register-docotr