Info Sehat

Manfaat Yang Dimiliki Air Kelapa

November 20, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tak hanya memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, air kelapa juga memiliki banyak manfaat, lho. Mulai darimenjaga tubuh tetap terhidrasi hingga mendukung kesehatan jantung.

Namun, di balik manfaat yang melimpah, bisakah air kelapa meredakan sakit maag?

Untuk mengetahui jawabannya, kamu dapat menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Tidak Sekadar Penghilang Dahaga, Ini Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Sekilas tentang penyakit maag

Melansir Mayo Clinic, maag atau dispepsia adalah istilah umum yang menggambarkan ketidaknyamanan di perut bagian atas. Maag sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor ini termasuk:

Gaya hidup:

  • Makan secara berlebihan atau makan terlalu cepat
  • Mengonsumsi makanan berlemak, berminyak, atau bahkan pedas
  • Mengonsumsi terlalu banyak kafein, alkohol, cokelat, atau minuman bersoda
  • Merokok
  • Stres

Kondisi medis tertentu:

  • GERD
  • Penyakit tukak lambung
  • Infeksi, terutama akibat bakteri H. pylori
  • Irritable bowel syndrome (IBS)
  • Penyakit celiac
  • Batu empedu

Gejala maag

Ketika maag menyerang, gejala yang ditimbulkan dapat tidak nyaman dan tak jarang dapat menganggu aktivitas. Berikut adalah gejala maag yang perlu kamu ketahui.

  • Rasa kenyang lebih awal saat makan: Kamu belum makan banyak, tetapi kamu sudah merasa kenyang dan bahkan tidak bisa menyelesaikan makan
  • Rasa kenyang yang tidak nyaman setelah makan: Rasa kenyang berlangsung lebih lama dibandingkan dengan seharusnya
  • Rasa tidak nyaman di bagian perut bagian atas: Rasa nyeri ringan hingga parah di area antara bagian bawah tulang dada dan pusar dapat terjadi
  • Sensasi terbakar di perut bagian atas: Rasa panas yang tidak nyaman atau sensasi terbakar di area antara bagian bawah tulang dada dan pusar
  • Rasa kembung: Sensasi tidak nyaman akibat penumpukan gas juga bisa terjadi
  • Mual: Selain gejala yang sudah disebutkan di atas, gejala lainnya adalah rasa mual seperti ingin muntah

Baca juga: 4 Cara Alami Mengobati Maag yang Perlu Kamu Tahu

Apakah minum air kelapa bisa redakan sakit maag?

Melansir India Today, air kelapa dapat membantu untuk menangani maag serta mengurangi terjadinya refluks asam. Hal ini berkat konsentrasi serat yang tinggi di dalam air kelapa.

Air kelapa adalah sumber elektrolit bermanfaat yang baik bagi tubuh. Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa dapat meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh yang sangat penting untuk mengendalikan refluks asam.

Dikutip dari Web MD, studi melaporkan bahwa air kelapa dapat mengurangi rasa mual, rasa kenyang, serta sakit perut, dan mudah untuk dikonsumsi selama rehidrasi atau mengembalikan cairan tubuh.

Mengapa air kelapa bisa membantu?

Perlu kamu ketahui bahwa tingkah pH asam tubuh dapat berubah menjadi basa ketika kamu mengonsumsi air kelapa. Ini membantu menghasilkan lendir di perut yang memberikan perlindungan dari efek berbahaya dari produksi asam yang berlebihan.

Selain itu, air kelapa juga bisa membantu mendinginkan lapisan perut, untuk mengurangi sensasi terbakar.  

Tips konsumsi air kelapa untuk penderita maag

Untuk mengurangi keasaman, minumlah segelas air kelapa setengah jam setelah makan. Konsumsi harian air kelapa muda selama 2-3 bulan. Namun kebiasaan ini juga harus dibarengi dengan diet bergizi agar terhindar dari keasaman serta gangguan pencernaan lainnya.

Tak hanya dapat membuat perut lebih nyaman, konsumsi air kelapa secara teratur juga bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta dapat menjaga tekanan darah tetap terkendali dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Ingatlah untuk tidak mengonsumsi air kelapa secara berlebihan

Air kelapa memang dapat menyegarkan dan dapat dijadikan sebagai pelepas dahaga, namun hindari mengonsumsi air kelapa secara berlebihan karena ini dapat berisiko bagi tubuh.

Air kelapa memiliki sifat diuretik. Hal ini berarti terlalu banyak mengonsumsinya dapat mengharuskanmu untuk pergi ke toilet selama beberapa kali untuk buang air kecil.

Tak hanya itu, mengonsumsi air kelapa secara berlebihan juga bisa meningkatkan kalori. Meskipun air kelapa tidak mengandung gula sebanyak minuman olahraga dan produk jus buah, tetapi air kelapa juga mengandung kalori.

Sedikitnya, 11 ons air kelapa mengandung hingga 60 kalori. Oleh karenanya, sangat tidak disarankan jika mengonsumsi air kelapa secara berlebihan.

Untuk mengetahui jumlah konsumsi air kelapa yang aman bagi penderita maag, akan lebih baik jika kamu berkonsultasi pada dokter, ya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai air kelapa untuk meredakan maag. Meskipun air kelapa memiliki banyak manfaat, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Bagi penderita maag, akan lebih baik jika sebelum mengonsumsi air kelapa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya.

Punya pertanyaan lebih lanjur seputar nutrisi? Silakan chat kami melalui melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 19 November 2020. 8 Science-Based Health Benefits of Coconut Water 

Healthline (2019). Diakses pada 19 November 2020. What to Drink for Acid Reflux 

India Today (2018). Diakses pada 19 November 2020. 5 reasons you should drink fresh coconut water every day in this crazy heat 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 19 November 2020. Indigestion 

Medical News Today (2020). Diakses pada 19 November 2020. What to know about indigestion or dyspepsia 

NDTV Food (2017). Diakses pada 19 November 2020. What is the Best Time to Drink Coconut Water? 

Style Craze (2019). Diakses pada 19 November 2020. 10 Disadvantages Of Coconut Water You Should Be Aware Of 

Thehealthsite.com (2015). Diakses pada 19 November 2020. Acidity troubling you? Drink some coconut water 

Webmd (2010). Diakses pada 19 November 2020. The Truth About Coconut Water 

 

    register-docotr