Info Sehat

Air Kangen Water, Air Alkali dengan Berbagai Manfaat Kesehatan

December 9, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Air kangen water dipercaya banyak orang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, akan tetapi, banyak juga yang membantah anggapan tersebut. Lalu apa sebenarnya air kangen water itu?

Air kangen water merupakan sebuah merek dagang dari jenis air alkali yang dijual di Indonesia. Situs kesehatan Healthline menyebut air alkali dipercaya mampu menetralisir asam dalam tubuh karena mengandung kadar pH yang lebih tinggi dibandingkan air minum biasa.

Kadar ph air kangen water

Air minum biasa mengandung pH netral sekitar 7, sementara air kangen water memiliki kandungan pH yang lebih tinggi yaitu sekitar 8,5 hingga 9,5. Kadar pH sendiri adalah sebuah angka yang mengukur seberapa asam atau basa suatu zat pada skala 0 hingga 14.

Angka dengan kadar pH 1 akan diukur sebagai sangat asam dan angka dengan pH 14 diukur sebagai kondisi yang sangat basa/Alkali.

Agar mampu menetralkan asam tanpa menurunkan kadar pH, air alkali juga harus memiliki potensi reduksi oksidasi negatif atau ORP. ORP adalah kemampuan air untuk bertindak sebagai pro- atau antioksidan. Semakin negatif nilai ORP, semakin tinggi antioksidannya.

Air kangen water di klaim mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi yaitu ~-470 ORP.

Manfaat air alkali

Berdasarkan beberapa studi, air alkali dengan pH 8,8 dapat membantu menonaktifkan pepsin yang merupakan enzim utama yang menyebabkan refluks asam.

Studi lain menyebutkan air alkali dapat memberikan manfaat pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi.

Studi yang baru – baru ini dilakukan pada 100 orang, didapatkan perbedaan yang signifikan pada viskositas darah lengkap setelah mengkonsumsi air alkali setelah melakukan olah raga berat.

Konsumsi air alkali dapat menurunkan viskositas sebesar 6,3 persen, yang berarti darah lebih efisien di alirkan dalam pembuluh darah dengan air alkali. Hal ini dapat meningkatkan pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.

Berikut keuntungan dari mengkonsumsi air alkali ya, kamu boleh mengkonsumsinya. Tetapi sebaiknya konsultasikan kesehatanmu terlebih dahulu dengan dokter ya sebelum mengkonsumsinya.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline, diakses 30 November 2020. Alkaline Water: Benefits and Risks
  2. National Library of Medicine, diakses 30 November 2020. Potential benefits of pH 8.8 alkaline drinking water as an adjunct in the treatment of reflux disease
  3. BioMedCentral, diakses 30 November 2020. Effect of electrolyzed high-pH alkaline water on blood viscosity in healthy adults
  4. Kangenairkesehatan.com, diakses 3 Desember 2020. Kangen Water ® Dapat Melawan Stres Oksidatif
    register-docotr