Info Sehat

9 Ciri-ciri Penyakit Ginjal yang Wajib Diwaspadai, Pernah Mengalaminya?

July 6, 2020 | Husni Efendi
feature image

Penyakit ginjal atau gagal ginjal merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Yang perlu diperhatikan, ciri-ciri penyakit ginjal bagi beberapa orang mungkin bisa berbeda.

Ginjal merupakan organ tubuh yang penting karena berfungsi untuk menyaring kotoran dan racun dalam darah. Kemudian, kotoran dan racun akan dibuang bersamaan dengan urine.

Sudah tahukah kamu apa saja ciri-ciri dari penyakit ginjal ini?

Ciri-ciri penyakit ginjal yang perlu diketahui

Penyakit ginjal dapat dideteksi jika kamu mengetahui beberapa gejalanya, terdapat beberapa ciri-ciri penyakit ginjal yang patut diwaspadai. Beberapa ciri-cirinya: 

1. Mudah lelah dan susah fokus

Ciri-ciri penyakit ginjal bisa ditandai kamu menjadi mudah lelah dan susah fokus. Ini juga bisa jadi tanda ketika ada penumpukan racun dan darah kotor dalam tubuh, efeknya menjadikan mudah merasa sakit, lemah, dan sulit fokus.

Ciri-ciri penyakit ginjal yang ini bisa membuat aktivitas kamu menjadi terganggu.

Normalnya, ginjal berfungsi memproduksi zat erythropoietin, yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah. Fungsinya sel darah merah ini akan membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh.

Jika ginjal kekurangan zat erythropoietin, kadar oksigen pun ikut menurun dan menyebabkan tubuh lemas. Itu sebabnya badan akan mudah lelah, sekaligus bisa menjadi gejala awal sakit ginjal.

2. Sulit tidur dan istirahat

Salah satu fungsi utama ginjal adalah menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Saat ginjal tak bisa bekerja dengan normal, dipastikan racun akan tetap berada dalam darah.

Hal ini bisa mengakibatkan menjadikan pengidapnya jadi sulit tidur, karena alih-alih racun dikeluarkan melalui urine, racun tetap menumpuk di dalam darah.

3. Kulit kering dan gatal

Ciri-ciri penyakit ginjal selanjutnya juga bisa ditandai dengan kulit yang menjadi kering dan merasa gatal.

Ginjal yang bekerja dengan baik dapat menghilangkan kotoran dan zat beracun dari tubuh, hingga membantu menjaga jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Jika kemudian fungsi ginjal tersebut bermasalah, efek kulit kering dan gatal pun bisa terjadi karena organ ini tidak dapat menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi di dalam darah.

Jangan anggap remeh jika kamu mengalami hal ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

4. Frekuensi buang air kecil meningkat

Jika kamu merasa sering ingin buang air kecil, terutama saat malam hari hal ini juga perlu diwaspadai. Karena saat fungsi ginjal tidak bekerja dengan baik, frekuensi ingin buang air kecil menjadi meningkat.

Selain volume, warna urine juga bisa berubah menjadi lebih keruh. Yang perlu diwaspadai juga adalah saat buang air kecil ada bercak darah yang tercampur atau merasakan nyeri saat buang air kecil.

5. Mengalami pembengkakan di sekitar mata

Ciri-ciri penyakit ginjal selanjutnya adalah sering mengalami pembengkakan di area sekitar mata. Hal ini terjadi ketika ginjal tak bisa melakukan kerjanya dengan normal.  

Ini juga bisa pertanda karena protein albumin yang bocor ke luar jaringan.

6. Pembengkakan kaki

Seperti disebutkan di atas, ginjal adalah organ yang bekerja menyaring cairan dan racun dalam tubuh. Jika hal itu tidak tersaring dengan baik, beberapa bagian tubuh seperti lengan dan kaki bisa membengkak.

Hal itu disebabkan karena protein yang lolos dari penyaringan ginjal dan terbuang lewat urine, mengakibatkan penumpukan cairan hingga menyebabkan pembengkakan.

Tanda dari pembengkakan kaki juga dapat menjadi pertanda dari gejala sakit ginjal.

7. Sering mual dan muntah

Zat sisa beracun yang berkumpul dalam darah juga bisa menyebabkan rasa mual hingga membuat kamu menjadi ingin muntah. Hal ini karena adanya gangguan pada sistem pencernaan.

Mual dan muntah hingga kehilangan nafsu makan juga bisa menjadi salah satu gejala dari gangguan ginjal. Hal ini bisa menurunkan nafsu makan, dan akhirnya membuat berat badan jadi turun secara drastis.

8. Kram otot

Ciri yang menandakan gangguan ginjal selanjutnya adalah otot sering mengalami kram. Hal ini terjadi karena ada ketidakseimbangan elektrolit.

Akibatnya, tubuh mengalami penurunan kadar kalsium dan fosfor yang tidak terkendali hingga menimbulkan gejala sakit ginjal berupa kram otot.

9. Sesak napas

Sering mengalami sesak napas juga dapat menjadi penanda ada yang tidak beres dengan ginjalmu. Hal ini terjadi karena cairan ekstra dalam tubuh bisa menumpuk di paru-paru, akibat ginjal yang rusak.

Nah, mendeteksi beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti yang sudah disebutkan tadi, bisa menjadi cara untuk segera mengambil langkah penanganan.

Jika dibiarkan ginjal mengalami masalah berlarut-larut, dikhawatirkan kondisinya akan semakin parah hingga kamu perlu melakukan cuci darah secara rutin.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

– Kidney.org, 10 Signs You May Have Kidney Disease, diakses 1 Juli 2020

https://www.kidney.org/news/ekidney/august14/10_Signs_You_May_Have_Kidney_Disease

 

– Betterhealth.vic.gov.au, Kidney failure, diakses 1 Juli 2020

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/kidney-failure

 

– WebMD.com, Kidney (Renal) Failure, diakses 1 Juli 2020

https://www.medicinenet.com/kidney_failure/article.htm

 

– Lifeoptions.org, Kidney Disease Symptoms, diakses 1 Juli 2020

https://lifeoptions.org/learn-about-kidney-disease/kidney-disease-symptoms/

 

– Mayoclinic.org, Chronic kidney disease, diakses 1 Juli 2020

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-kidney-disease/symptoms-causes/syc-20354521

    register-docotr