Info Sehat

8 Cara Mudah Mengatasi Kekurangan Tidur, Simak Tips Berikut Ini!

September 9, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tidur dapat memberikan dampak besar bagi kesehatan fisik dan mental. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7-9 jam. Lalu, bagaimana dengan jam tidurmu? Apakah sudah ideal? Atau justru kamu sering mengalami kekurangan tidur?

Jangan panik, kamu bisa mengatasi kekurangan tidur dengan beberapa cara mudah di bawah ini.

Cara mudah mengatasi kekurangan tidur

Kurang tidur dapat disebabkan oleh banyak hal. Kamu mungkin harus bekerja di malam hari, memiliki kondisi kesehatan atau baru saja memiliki bayi. Kekurangan tidur umumnya membuat stres, kelelahan hingga susah fokus. Untuk itu, atasi masalah kurang tidurmu dengan cara berikut. 

1. Lakukan aktivitas fisik

Cara mudah mengatasi kekurangan tidur yang paling utama adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Hal ini penting untuk membantumu tetap waspada terutama saat merasa tubuh kekurangan tidur.

Kamu eggak harus aktivitas berat kok, kamu bisa memulainya dari berjalan kaki selama lima menit.

2. Minum kopi

Ketika kekurangan tidur, kamu bisa meminum minuman berkafein untuk memulai hari dan meningkatkan energi. Eits, tapi bukan cuma kopi saja ya. Minuman lain seperti teh, minuman berenergi atau minuman bersoda juga punya kandungan kafein di dalamnya kok. 

Nah, jangan lupa juga untuk memantau kebiasaan minum minuman berkafein. Pasalnya, ketika kamu minum kafein terlalu malam, kamu akan terjaga sepanjang malam. Juga, kalau terlalu banyak kamu akan merasakan efek gelisah dan sakit kepala. 

Baca juga: Gemar Ngopi? Ini Lho, Batas Amannya Supaya Tidak Susah Tidur   

3. Istirahat sejenak

Melakukan power nap atau tidur siang  selama dua puluh hingga tiga puluh menit dapat membantu menyegarkan tubuh lho. Kamu juga bisa menjadi lebih fokus dan produkif setelahnya. Namun, pastikan kamu tidak tidur mendekati jam malam ya.

4. Patuhi jam tidur

Semakin lama kamu begadang, semakin juga tubuhmu akan kekurangan tidur. Nah, kalau sudah begitu biasanya produktivitas akan menurun. Untuk itu, pastikan kamu tidur di jam yang sama setiap hari. Kalau kesulitan, kamu bisa gunakan aplikasi yang tersedia dalam telepon seluler.

5. Gunakan cahaya terang

Paparan cahaya terang memiliki efek penting pada ritme sirkadian tubuh.  Ritme sirkadian adalah pola fungsi tubuh, yakni antara tidur atau terjaga, yang disesuaikan dengan siklus siang-malam. 

Paparan cahaya bisa kamu dapatkan lewat sinar matahari atau pencahayaan ruangan. Cahaya terang juga dapat membantu menjadi lebih waspada saat kurang tidur. Hal ini juga telah dibuktikan lewat penelitian.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cahaya efektif dalam menggeser ritme sirkadian yang membuat tubuh tetap terjaga. 

6. Atur pola makan

Sudah menjadi rahasia umum kalau makan pada larut malam memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Untuk itu ketika kamu mengalami kekurangan tidur, kamu perlu juga mengatur pola makan. 

Pilihlah camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah, atau yogurt untuk menurunkan kalori dan energi tubuh. Sedangkan untuk mendapatkan energi, makanlah sayuran hijau yang sehat, bersih.

Selain bagus untuk pasokan energi, sayuran hijau membantu kamu  menjaga berat badan, kesehatan kulit, dan rambut

7. Perbaiki postur tubuh

Ketika kekurangan tidur, cobalah untuk duduk tegak atau berdiri. Postur tubuh yang tepat memiliki kaitan dengan aktivasi sistem dalam tubuh yang bernama saraf simpatik. Sistem saraf simpatik ini akan mengontrol fungsi tubuh otomatis seperti detak jantung dan pelebaran pupil.

Ketika saraf simpatik aktif, tubuh akan lebih mudah untuk meningkatkan kewaspadaan dan menangkal efek kurang tidur.

8. Persiapkan diri untuk tidur yang lebih nyenyak

Ketika kamu dalam kondisi kekurangan tidur, kamu perlu tidur yang lebih berkualitas. Untuk mendapatkannya, buatlah suasana kamar tidur yang  lebih nyaman untuk tidur nanti.

Jangan lupa untuk matikan semua lampu, singkirkan ponsel dan laptop. Pastikan kamu tidur dalam keadaan gelap dan tenang.

Kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Meski mungkin tidak mudah, cobalah untuk penuhi kebutuhan tidurmu setiap malam. Namun, bila kamu sering mengalami gangguan tidur, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr