Info Sehat

Sudahkah Kamu Menjaga Kesehatan Ginjal? Lakukan dengan 8 Cara Berikut

May 2, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sudahkah kamu menjaga ginjalmu dengan cara menjaga kesehatan ginjal yang baik?

Menjaga kesehatan ginjal sangat diperlukan. Karena dengan menjaga ginjal, berarti kamu menjaga organ yang berperan penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi menyaring racun di dalam tubuh dan bertugas untuk mengeluarkan racun tersebut dari tubuh.

Baca Juga: Apakah Bercak pada Paru Penderita TBC Bisa Menghilang?

Berikut 8 cara menjaga kesehatan ginjal yang perlu kamu lakukan

Jika belum mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya mulai dari sekarang lebih banyak mencari tahu tentang kesehatan ginjal. Bisa dimulai dari tips menjaga kesehatan ginjal.

Tetap fit dan aktif

Dengan berolahraga secara teratur, tidak cuma menjaga bentuk badan ideal, tapi juga menurunkan resiko penyakit ginjal kronis.

Tetap aktif dan menjaga tubuh tetap fit juga dapat mengurangi tekanan darah. Dengan aktif bergerak juga meningkatkan kesehatan jantung. Dua hal ini wajib masuk ke dalam cara menjaga kesehatan ginjal.

Tak perlu menjalani olahraga berat atau olahraga tertentu, cukup lakukan kegiatan yang membuat tubuh tetap bergerak dan lakukan secara rutin.

Jaga pola makan atau lakukan diet sehat

Orang dengan obesitas atau dengan berat badan berlebih akan meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Itu sebabnya jagalah pola makan atau lakukan diet sehat. Selain dapat mengembalikan berat badan ideal, diet juga dapat mengurangi tekanan darah. Juga dapat mencegah diabetes atau penyakit jantung.

Dalam hal ini, kamu juga bisa mempraktekkan diet garam. Setidaknya konsumsi garam sekitar 5 sampai 6 gram per hari. Ini sudah termasuk garam yang terdapat dalam makananmu.

Karena mengonsumsi garam yang berlebih dapat mengganggu fungsi ginjal.

Kontrol gula darah juga jadi cara menjaga kesehatan ginjal

Penderita diabetes atau dengan kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi berisiko mengalami kerusakan ginjal.

Ginjal akan dipaksa bekerja keras untuk menyaring darah, saat glukosa berlebih tak bisa masuk ke dalam sel tubuh.

Jika ginjal terus menerus dipaksa kerja keras dalam jangka panjang, dapat menyebabkan kerusakan yang mengancam jiwa.

Cek tekanan darah secara berkala

Sekitar setengah dari orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak menyadari kondisi tersebut. Karena itu penting memeriksakannya secara berkala, terutama bagi yang sudah mendekati usia paruh baya atau bahkan lebih tua lagi.

Tekanan darah tinggi dapat membahayakan ginjal. Selain itu, tekanan darah juga berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes yang memberikan dampak signifikan bagi fungsi tubuh.

Tekanan darah yang ideal adalah 120/80. Gaya hidup dan pola makan sehat dapat membantu seseorang menjaga tekanan darahnya agar tetap ideal.

Banyak minum air

Air membantu membersihkan racun dari ginjal. Dengan begitu dapat menurunkan risiko penyakit ginjal.

Usahakan untuk minum 1.5 hingga 2 liter air per hari. Namun faktor seperti iklim tempat tinggal, olah raga, jenis kelamin dan kondisi kesehatan seseorang memungkinkan seseorang membutuhkan konsumsi air lebih banyak.

Tidak merokok menjadi cara menjaga kesehatan ginjal

Merokok dapat memberikan dampak buruk pada aliran darah, termasuk darah ke ginjal. Sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal dan kanker. Setelah berhenti pun, seseorang butuh waktu bertahun-tahun untuk menurunkan risiko terena penyakit ginjal atau kanker.

Perhatikan saat mengonsumsi obat-obatan

Obat-obatan umum seperti anti-inflamasi non-steroid atau obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Jika sebelumnya sudah pernah mengalami masalah ginjal, lebih baik diskusikan kepada dokter saat diberikan resep obat-obatan seperti disebut di atas.

Bagi yang tak memiliki riwayat sakit ginjal pun sebaiknya kembali tanyakan kepada dokter seputar penggunaan obat jenis ini.

Apakah kamu berisiko tinggi terkena penyakit ginjal?

Sudah saatnya kamu lebih aktif dan lebih peduli dengan kesehatan tubuhmu. Salah satunya dengan cara, melakukan tes fungsi ginjal.

Tes ini sebaiknya dilakukan oleh mereka yang berisiko tinggi. Siapa saja yang berisiko tinggi?

  1. Penderita diabetes
  2. Penderita hipertensi
  3. Orang yang mengalami obesitas
  4. Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ginjal

Melakukan tes secara berkala dapat membantu mengetahui tingkat kesehatan ginjal, serta mengetahui jika terjadi perubahan kondisi.

Jika dari hasil tes diketahui adanya masalah, dokter bisa langsung menanganinya. Semakin cepat terdeteksi, makan bisa mencegah kerusakan yang lebih parah.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Worldkidneyday.org diakses 29 April 2020 What can you do for your kidneys?
  2. Healthline.com diakses 29 April 2020 8 Ways to Keep Your Kidneys Healthy
    register-docotr